Gunung-Tangkuban-Parahu

Wisata Gunung Tangkuban Parahu Bandung

Jika Anda dan keluarga sedang berlibur ke Bandung tidak ada salahnya mampir untuk mengunjungi salah satu tempat wisata yang menjadi kebanggaan  Kota bandung yaitu gunung Tangkuban parahu yang merupakan tempat wisata alam yang berada di Bandung Utara.

Gunung Tangkuban Parahu

Gunung Tangkuban Parahu

Tangkuban parahu adalah salah satu gunung berapi yang berada di wilayah utara kota Bandung, Jawa Barat yang dikenal masih aktif hingga saat ini, Gunung ini memiliki ketinggian 2.084 meter diatas permukaan laut. Gunung ini tampak begitu istimewa karena apabila terlihat dari jauh seperti perahu terbalik.

Untuk mencapai Tangkuban Perahu, sangat mudah. Bisa pake mobil, sepeda motor atau angkutan umum. Wilayah wisata tangkuban perahu posisinya ada diutara kota Bandung, tepatnya di Cikole Lembang.

Untuk pergi ke Gunung Tangkuban Parahu dari Bandung kita akan menempuh perjalanan sekitar 7 km ke arah Lembang. Seterunya mengambil jalur ke utara atau arah Subang sekitar 7 km lagi, Cikole merupakan titik puncak pass antara perbatasan Bandung – Subang ada arah ke kekiri menuju Tangkuban Perahu.

Di kawasan gunung Tangkuban Perahu terdapat tiga kawah yang menarik untuk dikunjungi. Kawah tersebut adalah Kawah Domas, Kawah Ratu dan Kawah Upas. Kawah yang paling besar diantara ketiganya dan paling banyak dikunjungi adalah Kawah Ratu. Dengan beberapa jam berjalan kaki, Anda bahkan dapat mengitari Kawah Ratu yang begitu luas sambil menikmati keindahan panorama Gunung Tangkuban Perahu.

Kawah Ratu

Kawah-Ratu

Kawah-Ratu

Kawah yang paling banyak dikunjungi adalah Kawah Ratu dan akan  langsung terlihat dari atas dengan pembatas pagar kayu untuk mencegah pengunjung terjatuh. Melihat dalamnya kawah, dinding-dinding kawah dan asap yang masih keluar dari kawah ini menciptakan pemandangan yang menggetarkan hati. Tanah di sekitar Kawah Ratu umumnya berwarna putih dengan beberapa batu belerang berwarna kuning.

Kawah Upas

kawah-upas

kawah-upas

Kawah Upas terletak di sebelah Kawah Ratu. Tetapi, untuk dapat melihat kawah ini harus melalui medan yang berbahaya, Anda harus melewati jalan yang berpasir untuk mencapai kawah ini. Maka, sangat jarang pengunjung yang datang melihat kawah ini. Bentuk Kawah Upas berbeda dengan Kawah Ratu. Kawah Upas lebih dangkal dan mendatar.

Kawah Domas

Kawah-Domas

Kawah-Domas

Kawah Domas letaknya tidak jauh dari kawah ratu terletak lebih bawah daripada Kawah Ratu. Jika Anda datang melalui jalan baru, Anda akan menemukan pintu gerbang menuju Kawah Domas terlebih dahulu sebelum menuju Kawah Ratu. Jika pada Kawah Ratu Anda hanya akan melihat kawah dari kejauhan, pada Kawah Domas, Anda dapat lebih dekat dengan kawah. Bahkan, Anda dapat mencoba merebus telur dengan memasukkannya ke dalam kawah. Jika Anda ingin melihat Kawah Domas melewati jam 16.00 WIB, Anda diharuskan menggunakan jasa pemandu wisata.

Manarasa

Pepohonan-manarasa

Pepohonan-manarasa

Disini terdapat banyak pohon yang disebut oleh warga sekitar dengan nama Manarasa. Daun tanaman ini akan berwarna kemerah-merahan jika daun sudah tua. Daun yang sudah berwarna merah dapat dimakan dengan rasa mirip seperti daun jambu dengan sedikit rasa asam. Daun ini dapat mengobati diare dan dipercaya akan membuat awet muda. Mungkin daun ini dipercaya oleh masyarakat sekitar selalu dimakan oleh Dayang Sumbi yang awet muda dalam legenda terjadinya Gunung Tangkuban Perahu.

Kawasan-Tangkuban-parahu

Kawasan-Tangkuban-parahu

Di Sekitar Kawah banyak sekali pedagang dan kios-kios yang siap menjual cinderamata, makanan atau minuman. Berbagai cinderamata mulai dari baju, selendang, topi, gelang/cincin, batu alam, tanaman bonsai, alat musik (angklung) hingga senjata tajam khas daerah Jawa Barat turut dijual di lokasi ini. Kedai makanan dan minuman juga tampak berderet siap melayani pembeli. Tempat wisata yang cukup menarik bukan.