Situ Patenggang

Berwisata Ke Situ Patenggang Ciwidey

Jika Anda dan keluarga sedang berlibur ke daerah Ciwidey tidak ada salahnya mengunjungi salah satu objek wisata yang ada disana yaitu Danau Patenggang atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama Situ Patenggang. Situ Pantenggang atau situ Patengan merupakan danau yang dijadikan objek wisata di daerah Bandung Selatan. Situ Patenggang sangat ini identik dengan cerita Batu Cinta dan Pulau Asmaranya.

Situ Patenggang

Situ Patenggang

Situ Patenggang Ciwidey merupakan salah satu situ yang terletak di sebelah selatan kota bandung tepatnya di perkebunan Rancabali desa Rancabali kecamatan Rancabali kabupaten Bandung yang ditempuh dengan jarak 47 Kilometer dari kota Bandung dengan waktu tempuh sekitar dua jam sampai tiga jam. Selain itu Situ Patenggang menempati areal seluas 150 hektar.

Situ Patenggang Ciwidey tepatnya berada pada ketinggian sekitar 1600 m dari permukaan laut, Situ Patenggang memiliki panorama yang memikat. Hamparan hijau kebun teh laksana karpet alam, ditambah lagi dengan udara yang dingin dan bersih serta matahari yang hangat, memberi kesan damai dan ketenangan sendiri bagi pengunjungnya. Dari pinggir jalan menuju lokasi yang tenang, nampak sebuah danau berada dibalik perkebunan teh diantara sela-sela pepohonan yang menjulang tinggi.

Saat memasuki gerbang Situ Patenggang, kita akan disuguhi dengan pemandangan perkebunan teh yang hijau yang dapat menyejukan mata. Begitu indah dipandang mata dan sangat sejuk saat kita menghirup udara disekelilingnya. Selain itu kita akan disajikan dengan hamparan air yang sangat banyak dengan keindahan alam yang menawan. Kesegaran dan kesejukan menambah kenyamanan kita di area wisata Situ Patenggang.

Perahu yang tersedia ini cukup banyak jumlahnya, dan dalam kondisi yang bagus atau terawat dan anda bisa meyewanya. Selain itu fasilitas sarana transportasi air lainnya yang disewakan di tempat ini berupa penyewaan perahu dayung, perahu boat dan sepeda air dengan harga yang masih bisa dinegosiasikan dengan pemiliknya. Terdapat pula fasilitas gazebo maupun tempat-tempat duduk tanpa atap yang terbuat dari semen untuk keperluan menikmati panorama sekitar dari tepi danau.

Yang juga menjadi favorit di tempat ini adalah lokasi Batu Cinta. Sebuah lokasi yang berada di tengah danau dengan sebuah batu besar yang menjadi panandanya. Batu inilah yang disebut dengan Batu Cinta.

Jika tidak membawa kendaraan, bisa juga menggunakan fasilitas angkutan umum dari terminal Ciwidey dengan tariff Rp. 5.000,- perorang termasuk tiket masuk (tiket masuk perkepala Rp. 1.000,-). Disepanjang jalan menuju Situ Patenggang terpampang hamparan hutan dan kebun tehnya. Perkebunan strawbery juga banyak ditemui selama perjalanan. Anda bisa membelinya sebagai oleh-oleh.