bahaya gadget untuk kesehatan anak muda

Anak muda kekinian sulit sekali dipisahkan dari gadgetnya. Tak dapat dipungkiri pula apabila anak muda juga lah yang lebih banyak mengutak-atik fitur gadgetnya daripada orang tua yang mengenakan seperlunya. Kemampuan anak muda mengaplikasikan fitur-fitur gadget memang memudahkan hidup mereka. Meski demikian waspadalah bahaya gadget bagi kesehatan anak muda.

bahaya gadget untuk kesehatan anak muda

bahaya gadget untuk kesehatan anak muda

Tidak bisa lepas dari gadget dapat membuat anak muda lebih banyak terpapar masalah-masalah kesehatan. Bahaya gadget bagi kesehatan anak muda salah satunya ialah kaku pada otot depan dan belakang kepala karena sering menunduk sehingga dapat membuat pusing, dimana syaraf bekerja terlalu keras. Bahkan terdapat kemungkinan pula apabila pembuluh di otak bisa bengkak.

Selain itu bahaya gadget bagi kesehatan anak muda yang terpampang nyata ialah gangguan pada daya akomodasi mata karena harus terlalu fokus menghadapi pendaran sinar layar. Selain itu mata juga jadi lebih jarang berkedip sehingga bisa menyebabkan iritasi dan infeksi. Gadget juga memiliki sinar radiasi yang kuat yang dapat mempengaruhi sel-sel tubuh rusak hingga kerja otak terganggu, serta menurunkan hemoglobin yang menyebabkan anemia apabila gadget diletakkan terlalu dekat ketika tidur. Bahaya lain gadget apabila diletakkan di saku celana ialah mampu mempengaruhi reproduksi dimana pada laki-laki ia akan mengganggu kualitas pembentukan sperma.

Terlalu sering berkutat dengan gadget juga membuat anak muda malas beraktivitas di masa tumbuh kembang aktifnya. Hal ini dapat memperbesar resiko obesitas, diabetes, dan penyakit organ dalam serius lainnya. Terakhir, secara kesehatan psikologis pun gadget dapat menimbulkan bahaya dimana anak muda cenderung apatis dengan keadaan sekitarnya karena sibuk dengan gadgetnya. Tak jarang anak muda mengalami phantom vibration syndrome atau perasaan handphone sedang bergetar.

Demikian merupakan beberapa bahaya gadget bagi kesehatan anak muda. Untuk selalu mengikuti modernitas memang tidak ada salahnya. Meski demikian jangan sampai anak muda terlalu diperbudak dengan gadgetnya. Luangkan beberapa waktu untuk tidak menyentuh gadget dan lakukan aktivitas lain yang positif, seperti bersosialisasi dan lebih banyak bergerak untuk menghindarkan bahaya gadget bagi kesehatan fisik maupun mental.