Makanan tinggi Kolesterol

Tips Mengendalikan Kolesterol Dalam Tubuh

Dalam tubuh manusia terdapat lemak yang menumpuk yang  terdiri dari lemak kolesterol jahat yang disebut dengan LDL (Low Density Lipoprotein) dimana lemak ini dapat menempel pada pembuluh darah. Sedangkan kolesterol baik yang dikenal dengan HDL (High Density Lipoprotein) merupakan lemak yang dapat melarutkan kandungan LDL dalam tubuh. Kolesterol normal dalam tubuh adalah 160-200 mg, maka penumpukan kandungan LDL harus dicegah agar tetap dalam keadaan normal. Biasanya kolestrol dalam tubuh ini terjadi dikarenakan oleh pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Misalnya terlalu sering makan makanan junk food, jarang olah raga dan mengkonsumsi makanan instant yang kandungan kimianya banyak. Penyebab-penyebab umum tersebut memang sangat mempengaruhi. Kolesterol yang berlebihan bisa berimbas pada penyakit komplit lainnya. Dengan menjalar ke seluruh tubuh dan kumudian akan menjadi penyakit yang jauh lebih berbahaya.

Makanan tinggi Kolesterol

Makanan tinggi Kolesterol

Berikut beberapa tips agar Anda dapat mengontrol kolesterol dalam tubuh :

Diet

Konsumsilah makanan yang tidak terlalu banyak mengandung kandungan lemak. Kurangi konsumsi susu sapid an daging-daging seperti kambing, sapi dan ayam. Dan hindarkanlah mengkonsumsi gorengan yang digoreng dengan minyak berulang-ulang karena nilai kolestrol jahatnya akan meningkat setiap digunakan.

Konsumsi makanan berserat

Mengkonsumsi cukup serat kemungkinan besar akan memberikan kemudahan dalam buang air besar sehingga lemak-lemak juga bisa ikut larut dan terbuang bersama kotoran. Makanan yang mengandung serat tinggi ini biasanya terdapat pada buah-buahan, gandum, dan sayur mayur.

Konsumsi antioksidan

Antioksidan biasanya paling banyak terdapat di dalam buah-buahan seperti jeruk, strawbery, pepaya, wortel, atau labu. Mengkonsumsi bawang putih dengan rutin juga akan menurunkan kolestrol.

Hindari alkohol dan merokok

Sudah jelas kandungan yang sangat berbahaya ada pada alcohol dan rokok jadi sebaiknya jauhkan benda ini dari kehidupan anda.

Olahraga

Dengan melakukan olahraga terutama jogging baik pagi atau sore minimal 30 menit setiap hari bisa menyeimbangkan kadar kolestrol di dalam tubuh.

Selain beberapa tips tersebut, ada juga beberapa jenis makanan yang aman dikonsumsi karena kadar kolesterol yang rendah, yaitu: putih telur ayam, susu sapi non-fat, daging ayam atau daging bebek pilihan tanpa kulit, ikan air tawar, daging sapi pilihan tanpa lemak, daging kelinci, daging kambing tanpa lemak.

Sementara jenis makanan yang berbahaya untuk dikonsumsi karena kandungan kolesterol yang tinggi, antara lain: santan, susu sapi, susu sapi cream, coklat, margarin atau mentega, jeroan sapi, kerang putih atau tiram dan jeroan kambing.

Demikian tips singkat untuk mengendalikan koleterol, semoga info diatas bisa bermanfaat bagi anda.