manfaat-teh-hijau

Sebagai salah satu minuman populer di kalangan masyarakat memiliki berbagai manfaat. Di samping sebagai pelepas dahaga, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa teh memiliki banyak khasiat dalam dunia kesehatan. Teh hijaulah yang paling dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Hal ini kandungan teh hijau yang memiliki zat katekin yang paling tinggi dibandingkan jenis teh lainnya.

manfaat teh hijau

teh hijauTeh

Di antara banyaknya senyawa kimia yang terdapat di dalam daun teh, katekin merupakan senyawa paling penting. Sebab, selain berfungsi sebagai pemberi rasa, warna, dan aroma pada teh, katekin juga berfungsi sebagai antioksidan serta pencegah berbagai jenis penyakit.

Kandungan Teh Hijau

Bahan-bahan kimia dalam daun teh dapat dibagi menjadi empat kelompok besar, yaitu substansi fenol, substansi bukan fenol, substansi penyebab aroma, dan enzim. Keempat kelompok tersebut yang menimbulkan berbagai macam sifat yang dapat kita temukan pada teh.
Teh hijau dibuat melalui metode inaktivasi enzim polifenoloksidasenya di dalam daun teh segar. Metode ini dapat dilakukan melaui pemanasan (udara panas) dan penguapan (steam/uap air). Kedua proses tersebut berguna untuk mencegah terjadinya oksidasi enzimatis katekin.

Di tengah-tengah perkembangan industri yang meningkat pesat saat ini,ancaman terserang berbagai penyakit pun semakin besar, mulai dari penyakit yang tergolong ringan seperti influenza, hingga penyakit serius seperti kanker. Oleh karena itu, dibutuhkan senyawa yang mampu mencegah penyakit-penyakit tersebut. Salah satu senyawa yang memberikan harapan besar bagi dunia kesehatan ialah senyawa katekin (polifenol) yang terdapat pada teh, khususnya teh hijau.


Manfaat Teh Hijau

Manfaat Teh Hijau

Manfaat Teh Hijau

Beberapa manfaat teh hijau untuk kesehatan adalah: untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap baik, mencegah kanker dan tekanan darah tinggi, menurunkan resiko stroke dan berbagai penyakit hati (lever), menjaga stamina dan menghilangkan keletihan …