Resep Roti Teflon Isi Cream empuk dan Pasti Enak – Dapur Sekilas Info

Resep Roti Teflon – Halo sahabat semua, kali ini dapur sekilas info hadir dengan resep enak lainnya, yaitu resep roti cream bun atau roti teflon isi cream yang enak dan lembut. Roti teflon adalah roti yang dibuat tanpa perlu menggunakan oven, jadi cukup dipanggang saja diatas teflon maka rotipun jadi dan siap untuk disajikan.

Resep Roti Teflon
Resep Roti Teflon – No Oven Cream Bun

Roti teflon ini disebut juga dengan istilah (no oven) cream buns. Roti cream buns ini dapat ditemukan dibanyak negara di seluruh belahan dunia. Umumnya roti jenis ini diisi dengan krim, seperti krim mentega atau krim kocok.

Bun adalah roti berukuran kecil, bisa manis bisa juga tawar, umumnya berkuran sekepalan tangan dengan bentuk bulat, lonjong, atau bisa juga berbentuk roti gulung.

Untuk resep roti teflon ini sudah kita coba dan praktekan di dapur sekilas info, dan rasanya memang sangat enak, empuk, terlebih rasa cream manisnya yang lumer dimulut. Jadi sekarang sobat silahkan ambil pena untuk mencatat bahan-bahannya, lalu simak videonya untuk melihat langkah-langkah cara membuat roti teflon ini yang sudah kita videokan sedetil-detilnya.

Cara Membuat Resep Roti Teflon Isi Cream

JANGAN LUPA SUBSCRIBE CHANNEL YOUTUBE KAMI YAH
Tombol Subscribenya dibawah ini

Terima kasih yang sudah subscribe…


♣ Bahan Adonan Roti teflon cream bun:

  • 150 gr Tepung Terigu Protein Tinggi
  • 40 gr Tepung Terigu Protein Sedang
  • 20 gr Mentega
  • 1 btr Telur
  • 30 gr Gula
  • 2,5 gr Garam
  • 3 gr Ragi Instan
  • 40 ml/cc Susu Cair Tawar Hangat
  •  Bread improver sedikit saja (optional )

♣ Bahan Isian Roti:

  • 250 ml susu cair tawar
  • 15 gr Mentega
  • 3 bh Kuning Telur
  • 30 gr Gula Pasir
  • 10 gr Tepung Terigu

Gimana, sudah dicatat semua bahan-bahannya. Tidak sulit kok mencari semua bahan yang tertera tersebut, rata-rata di toko kue pasti ada semua bahan tersebut. Nah untuk langkah-langkah pembuatannya, sahabat bisa melihatnya melalui video yang sudah kita sertakan.

Metoda tutorial melalui video jauh lebih efektif dan mudah untuk dipahami dan diingat daripada dijelaskan melalui urian kalimat. Jadi semoga sahabat semua bisa mengikutinya dengan baik.

Roti teflon ini sangat enak disajikan saat masih hangat ataupun setelah dingin bersama dengan teh hangat. Rasa cream manis yang lembutnya pasti akan membuat Anda ketagihan. Resep roti teflon ini wajib sahabat coba jika memiliki waktu yang senggang.

Akhir kata, semoga suka dengan resepnya, dan jangan lupa lihat juga resep-resep enak lainnya dari dapur sekilas info. Seperti resep combro, resep bola-bola ubi, cilok, dan aneka resep lokal lainnya. Salam.

Resep Cilok – Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang – Enak & Mantap

Bagaimana sih cara membuat cilok bumbu kacang yang enak? Yang ciloknya gak alot tekturnya, dan bumbu kacangnya yang gurih dan cocok dengan rasa ciloknya. Nah jika sobat sedang mencari tutorialnya, maka kali ini akan kita share kedua resepnya untuk sahabat semua.

Resep Cilok Bumbu Kacang
Resep Cilok Bumbu Kacang

Jadi di artikel kali ini, ada 2 resep yang akan dapur sekilas info hadirkan sekaligus. Pertama, yaitu resep cara membuat cilok, dan yang kedua adalah resep cara membuat bumbu kacang untuk cilok yang pasti enak, dan pasti cocok untuk bumbu ciloknya.

Nah perlu sahabat ketahui, umumnya supaya lebih enak dan gurih maka cilok biasanya diberi isian potongan gajih sapi, atau bisa juga abon sebagai gantinya. Tapi eiitsss tunggu sebentar….itu zaman dulu, cilok Zaman Now isinya malah sudah sangat bervariasi. Seperti cilok isi potongan keju, isi ayam pedas, sosis, telur, dan kornet.

Namun untuk membuat itu semua, maka tentu kita harus bisa dulu basic dari membuat cilok dan bumbu kacang yang enaknya dulu, baru deh setelah itu kita variasikan isinya. Jadi berikut ini, langsung saja kita hadirkan resep cara membuat cilok dan bumbu kacangnya untuk sahabat semua.

Cara Membuat Cilok – Video Step by Step


JANGAN LUPA SUBSCRIBE CHANNEL YOU TUBE KAMI YAH
Tombol Subscribenya dibawah ini


Semua langkah-langkah cara bikin ciloknya sudah kita videokan dengan detil supaya sobat semua bisa mengikutinya dengan mudah. Media video jauh lebih baik dari pada menjelaskannya secara tertulis panjang lebar yang malah bisa membuat pusing membacanya.

Bahan Bahan Untuk Membuat Cilok

Berikut ini bahan-bahan yang harus kita siapkan untuk membuat Cilok. Untuk takaran resep yang kita share ini, kita bisa membuat cilok sekitar ± 20-25 buah cilok, tergantung ukuran.

Bahan Cilok:

  • 50-60gr Tepung Tapioka atau bisa juga tepung Sagu
  • 100 gr Tepung Terigu
  • 1 siung bawang putih
  • 1 batang daun bawang (diambil daunnya saja)
  • 150-160 ml air untuk membuat kuah kaldu
  • 1 Sachet bumbu penyedap rasa ( ± 7-8 gr)
  • Merica/Lada bubuk secukupnya

Catatan saat membuat cilok

  • membuat cilok yang empuk dan matang bagian dalamnya, maka air yang dituang kedalam adonan tepungnya haruslah air yang mendidih. Dalam arti itu adalah air yang sangat panas, atau baru diangkat dari kompor, jadi tidak cukup dengan air hangat saja.
  • Alasannya adalah, kalau kita menggunakan air yang kurang panas maka nanti cilok yang dihasilkan bagian dalamnya gak akan matang, masih terlihat putih seperti adonan meski sudah lama di kukus dan direbus.
  • Saat air dituang ke adonan, maka adonan harus sambil diaduk aduk, silahkan mengaduknya pakai alat apa saja, lalu diuleni sampai menjadi adonan siap pakai.

Resep Bumbu Kacang Cilok

Bumbu kacang itu banyak jenisnya, dan berbeda juga rasanya. Ada bumbu kacang untuk pecel, untuk sate, sedangkan bumbu kacang untuk cilok, siomay, dan batagor, rasanya hampir mirip dan sama.

bumbu kacang untuk cilok
bumbu kacang untuk cilok

Bumbu kacang untuk pecel dibuat dengan mengulek kacang hingga cukup halus, lalu diulek bersama dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Nah sedangkan bumbu kacang untuk cilok, siomay, batagor, dan sate, mesti harus di masak lagi sampai keluar minyaknya.

Video cara membuat bumbu kacang untuk cilok

Proses pembuatan bumbu kacang untuk cilok ini sudah kita videokan juga supaya lebih jelas step stepnya.

Bahan bumbu kacang cilok

Nah bahan bahan untuk membuat bumbu kacang untuk cilok adalah sebagai berikut:

  • 100 gr kacang tanah
  • 1 buah cabe merah
  • 3 buah cabe rawit merah ( sesuai selera, 3 rawit kurang pedas menurut kita)
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • ± 1 sdt garam (bisa disesuaikan dengan kesukaan masing-masing)
  • ± 1 sdm gula putih (bisa disesuaikan dengan kesukaan masing-masing)
  • Air asem secukupnya
  • Air putih ± 200 cc/ml (bisa disesuaikan dengan tingkat kekentalan yang di’inginkan)

Catatan:

  • Jumlah bahan bisa berubah, tinggal sesuaikan saja dengan seberapa banyak Anda akan membuat bumbu kacang untuk cilok tersebut.
  • Bumbu kacang ini enak juga untuk siomay dan batagor

Nah gimana, lengkap kan. Resep cara membuat cilok dan resep bumbu kacang untuk ciloknya sudah kita share untuk sahabat semua. Semoga suka dengan resepnya.

Jangan lupa juga lihat juga resep-resep jajanan enak lainnya yang sudah kita share sebelumnya yah, seperti ada resep Combro Bandung, kue bola-bola ubi, mie tek-tek indomie, dan lain lain. Pokoknya Sahabat pasti suka, salam.

Resep Bola Bola Ubi – Enak & Mudah Cara Membuatnya | Dapur Sekilas Info

Dikesempatan kali ini dapur sekilas info hadir dengan resep baru, yaitu resep bola bola ubi yang pastinya enak dan mudah cara pembuatannya. Belum lagi bahan-bahan kue bola ubi ini sangat mudah untuk kita temukan, bahkan diwarung-warung disekitar rumah kita sekalipun.

Resep Bola Bola Ubi
Resep Bola Bola Ubi

Kue bola ubi adalah makanan atau jajanan tradisional yang berasal dari olahan ubi jalar, bisa ubi kuning atau ubi ungu. Bahan ubi yang sudah dihaluskan kemudian dicampur dengan bahan lainnya seperti terigu, gula, garam, kemudian dibentuk bulat, kira-kira sebesar bola pingpong kemudian digoreng.

Untuk penyajiannya bola-bola ubi ini bisa disajikan secara langsung tanpa tambahan apapun alias original, atau bisa juga ditaburi dengan gula tepung atau gula halus. Atau bisa juga saat pembuatannya itu sendiri diisi dengan keju, atau diberi topping yang beraneka rasa seperti Cheese, Meises, Oreo dan Greentea.

Bahan Resep Bola Bola Ubi

Bahan utama resep bola bola ubi : Ubi kukus
Bahan utama resep bola bola ubi : Ubi kukus

Nah untuk sobat yang mau mencoba membuatnya sendiri, maka segera keluarkan pena dan buku catatannya, kemudian tulis bahan-bahan untuk resep bola bola ubi berikut ini. Oh iya, dibawahnya sobat bisa juga melihat video proses pembuatan bola-bola ubi yang sudah kita praktekan sendiri.

Bahan kue bola ubi

  • 500 gr – Ubi manis rebus (ubi kuning atau ubi ungu)
  • 100 gr – Tepung tapioka
  • 30 gr – Teping Maizena
  • 1 sdt – Baking powder
  • 100 gr – Gula pasir
  • ½ – 1 sdt – Garam, (secukupnya)
  • Minyak kelapa untuk menggoreng secukupnya

Untuk Isian bola-bola ubi (optional)

  • Keju parut + cream kental manis
  • Coklat
  • Green Tea
  • Atau apapun sesuai selera

Video Proses Cara Membuat Bola Bola Ubi


JANGAN LUPA SUBSCRIBE CHANNEL YOU TUBE KAMI YAH
Tombol Subscribenya dibawah ini


Nah gimana sudah dicatatkan apa saja bahan bola ubinya, dan pasti gak akan kesulitan mencarinya disekitar tempat tinggal kita. Dan untuk tahapan proses pembuatannya sudah kita jelaskan melalui video supaya lebih jelas langkah-langkahnya, jadi jangan lupa di tonton juga videonya yah.

Bola bola ubi isi coklat
Bola bola ubi isi coklat

Oh iya, kalau kita kratif kita juga bisa loh menjadikan resep bola bola ubi ini menjadi peluang usaha. Caranya kita inovasi saja dengan cara membuat bola ubi aneka isian rasa, dan juga toping untuk memperbanyak rasa dari kue bola ubi buatan kita. Usaha kuliner itu erat kaitannya dengan inovasi dan juga kreatif, siapa mau mencoba maka dialah yang berpeluang besar untuk berhasil.

Cara Membuat Mie Tek Tek Kuah – Resep Indomie Mie tek tek

Apakah Anda adalah salah satu orang yang suka banget dengan mie tek-tek, dan kepingin nyoba bikin sendiri tapi gak tau resepnya. Nah kalau iya kebetulan sekali neh, karena kali ini Dapur Sekilas Info akan berbagi cara membuat mie tek tek yang pasti enak dan mudah. Yaitu mie tek-tek Indomie, yang merupakan resep dari ayah admin sendiri.

Cara membuat mie tek tek indomie
Cara membuat mie tek tek indomie

Mie tek-tek sebenarnya adalah makanan olahan mie yang biasa dijual digerobak atau dipikul, dan biasanya dijajakan keliling kampung sambil memukul wajan “tek tek tek” sebagai ciri khasnya. Tapi sekarang, mie tek-tek banyak juga yang dijual di warung-warung tenda, dan biasanya dijajakan berbarengan dengan nasi goreng ataupun kwetiau.

Nah untuk resep mie tek-tek Indomie resep ayah saya, menurut admin sendiri rasanya jauh lebih enak dibandingkan yang beli, hahahaha. Selain itu, cara membuat mie tek tek inipun gampang banget, dan tak terlalu susah untuk dicoba oleh sahabat semua.

Video Cara Membuat Mie Tek Tek Indomie

JANGAN LUPA SUBSCRIBE CHANNEL YOU TUBE KAMI YAH
Tombol Subscribenya dibawah ini


Bahan Mie Tek Tek Kuah Dari Indomie / Indomie Ala Mie Tek Tek (untuk 3 porsi)

Untuk mencoba resep mie tek-tek ini maka sahabat perlu menyiapkan beberapa bahan sebagai berikut:

  • 2 bungkus indomie rasa ayam bawang
  • 2 butir telur
  • 3 butir bakso
  • 2 buah cabe rawit merah
  • 2 batang daun bawang / bawang daun
  • 1 buah tomat
  • 1 buh biji kemiri ( muncang)
  • 2 siung bawang merah sedang
  • 2 siung bawang putih kecil
  • Sayur sosin & kol ( banyaknya sesuai selera aja)
  • Kecap manis secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis

Selain bahan diatas sebenarnya sobat bisa menambahkan juga seperti sedikit suiran daging ayam, atau beberapa buah udang. Tapi ini optional aja bisa pakai bisa juga tidak, disesuaikan dengan selara ajah.

Untuk tahapan proses cara membuat mie tek tek sendiri sobat bisa menyimaknya langsung via video yang kita sertakan disini. Karena dengan melihat video maka tentu akan lebih jelas tahapan-tahapannya, dari pada kita tuliskan panjang lebar disini yang malah bikin malas untuk membacanya.

Resep Pizza Rumahan – Enak dan Gak Kalah Ama Yang Asli

Dapur sekilas info kali ini hadir dengan resep baru yaitu resep pizza rumahan. Semuanya pasti tau donk apa itu pizza. Ya betul, Piza atau pizza adalah makanan dari Italia berupa roti pipih berbentuk bundar yang dipanggang didalam oven.

Resep Pizza Rumahan
Resep Pizza Rumahan by Dapur Sekilas Info

Pizza biasanya dilumuri dengan saus tomat dibagian atasnya, lalu diberi potongan paprika, bawang bombay, sosis, daging cincang, dan juga taburan keju. Apalagi kalau yang digunakan adalah keju mozarela yang meleleh dan ngaret kalo digigit, heemmmmm yummy.

Pizza Rumahan
Pizza Rumahan

Nah untuk sahabat semua yang ingin mencobanya, kebetulan kali ini dapur sekilas info mau berbagi resep pizza neh. Resep pizza rumahan yang rasanya gak kalah kok dengan pizza yang ada di toko-toko. Jadi untuk membuatnya, sahabat cukup siapkan bahan-bahannya yang ada dibawah ini.

Bahan-Bahan Resep Pizza Rumahan

Untuk untuk membuat pizza maka bahan-bahan yang harus kita siapkan adalah sebagai berikut:

Resep Roti Pizza Rumahan
Resep Roti Pizza Rumahan

⇔ Bahan membuat roti pizza. ( untuk 1 buah roti pizza ukuran +/- 25cm)

  • 200 gr tepung terigu
  • 3 gr ragi instan ( kita menggunakan merk fermipan)
  • 5 gr garam ( bisa disesuaikan sesuai selera)
  • 10 gr gula putih
  • 2 sdm susu bubuk
  • 2 sdm minyak kelapa ( bisa juga minyak zaitun)
  • 1 sdm mentega
  • 160 ml air hangat

Note: Proses pembuatan roti pizzanya bisa dilihat di video dibawah, menit ke 04.00 – 10.00. Untuk melihat langsung bagian tersebut, sobat bisa klik: https://youtu.be/TEpsyLQBySI?t=4m

Bahan Topping Pizza

  • Saus bolognese (kita menggunakan saus untuk pasta)
  • Keju mozarella
  • Keju cheddar
  • Sosis ( kita menggunakan sosis sapi)
  • Paprika
  • Daun origano kering
  • Olahan daging cincang (♠ resepnya dibawah ini)

♠ Daging cincang / kornet untuk toping

  • 250 gr daging cincang / kornet
  • 1 buah bawang bombay
  • 1 sdm mentega (untuk menumis)
  • ½ sdm garam
  • 2 sdm gula putih (sesuai selera)
  • 2 sdm kecap manis
  • merica secukupnya

Semua bahannya tentu bisa disesuaikan, begitu juga dengan topingnya. Kita bisa menggantinya sesuai dengan selera kita.

Video Proses Cara Membuat Resep Pizza Rumahan


JANGAN LUPA SUBSCRIBE CHANNEL YOU TUBE KAMI YAH
Tombol Subscribenya dibawah ini

Note: Dalam video kita membuat 2 buah roti pizza, jadi adonannya kira-kira tinggal dikalikan 2 aja


Untuk step-step cara dan proses pembuatan resep pizza rumahanya sudah kita jelaskan melalui video. Semuanya sudah detail kita videokan, jadi sahabat semua bisa lebih mudah untuk mengikutinya daripada dijabarkan melalui tulisan.

Semoga suka dengan resepnya dan nantikan juga resep pizza rumahan lainnya, meski pizza rumahan tapi rasanya gak kalahkan dengan pizza-pizza buatan restoran.