Situ Cisanti – Menikmati Keindahan Hulu Sungai Citarum

Situ Cisanti, adalah nama sebuah danau kecil yang terletak di kaki gunung Wayang, yang jaraknya kurang lebih 50-60 km dari pusat kota Bandung. Lokasi tepatnya berada di Kampung Pejaten, Desa Tarumajaya, Kec. Kertasari, Kab. Bandung, Prov, Jawa Barat. Situ Cisanti diketahui merupakan hulu sekaligus sumber mata air dari sungai terpanjang dan terbesar yang ada di Jawa Barat, yaitu Sungai Citarum.

Bagian depan Situ Cisanti | Foto-foto Situ Cisanti
Bagian depan Situ Cisanti | Foto-foto Situ Cisanti
Anak tangga menuju Situ Cisanti | Foto-foto Stu Cisanti
Anak tangga menuju Situ Cisanti | Foto-foto Stu Cisanti
Santai sejenak menimati keindahan situ Cisanti | Foto-foto Situ Cisanti
Santai sejenak menimati keindahan situ Cisanti | Foto-foto Situ Cisanti

 

Keindahan Situ Cisanti yang masih asri | Foto-foto Situ Cisanti
Keindahan Situ Cisanti yang masih asri | Foto-foto Situ Cisanti
Keindahan Situ Cisanti Gung Wayang dari salah satu sudut situ | Foto-foto Situ Cisanti
Keindahan Situ Cisanti Gung Wayang dari salah satu sudut situ | Foto-foto Situ Cisanti

Saat ini, kawasan Situ Cisanti masuk kedalam area Perum Perhutani, sehingga pengelolaan’nya pun dilakukan oleh Perum Perhutani. Dan memang kalau dilihat ke sekeliling dari situ ini yang tampak adalah pohon-pohon rimbun yang tinggi menjulang. Namun meski begitu, dengan berlatar belakang bukit dan gunung yang ada dibelakangnya malah bisa menambah keindahan view yang ada disini. Apalagi ketika bukit atau gunungnya sedikit diselimuti kabut, maka pemandangan yang ada di Situ Cisanti ini akan jauh lebih cantik.

Situ Cisanti Adalah Tempat Berkumpulnya 7 Mata Air

Pintu masuk mata air pangsiraman | Foto-foto Situ Cisanti
Pintu masuk mata air pangsiraman | Foto-foto Situ Cisanti

Selain menyimpan keindahan alamnya yang masih alami, tahukah Anda kalau ternyata Cisanti ini merupakan tempat bersatunya air dari 7 sumber mata air yang berbeda, sebelum akhirnya airnya mengalir ke hilir. Nah berikut ini adalah nama-nama mata air yang mengalir ke Danau Situ Cisanti:

  1. Mata air Pangsiraman
  2. Mata air Cikahuripan
  3. Mata air Cisanti
  4. Mata air Cihaniwung,
  5. Mata air Cisadane
  6. Mata air Cikolebere
  7. Mata air Cikawedukan

Menurut rumor yang berkembang, konon tiap-tiap dari mata air mempunyai cerita dan mitos’nya masing-masing, sehingga pada-hari-hari tertentu sering didatangi pengunjung yang membawa keinginan dan harapannya masing-masing. Keinginan dan harapan apakah itu, Wallahu a’lam, hanya mereka’lah yang tahu. Yang jelas Admin mengingatkan bahwa segala kebaikan itu hanya milik Allah SWT, jadi memintalah kepadanya.

Mata air situ cisanti - pangsiraman
Mata air situ cisanti – pangsiraman

Jika suatu hari Anda berkunjung ke tempat wisata Situ Cisanti ini, mudah-mudahan Anda beruntung sehingga berkesempatan mengunjungi salah satu dari 7 mata air yang tadi telah disebutkan, yaitu namanya “Mata Air Cikahuripan”. Kenapa ada istilah beruntung, karena sekarang mata airnya dipagari dan dikunci, jadi tidak bisa sembarang orang untuk bisa masuk.

Jadi kalau lagi beruntung maka pagarnya tidak dikunci atau terbuka, maka Anda bisa masuk dan melihat mata airnya. Disini ada yang namanya kuncen alias juru kunci dari mata air ini. Soalnya, menurut info yang beredar, tempat ini juga sering dijadikan tempat melakukan ritual tertentu, ritual apakah itu ? Anda bisa menanyakannya langsung kepada Kuncen atau Juru Kunci nya.

Waktu terakhir admin berkunjung ke Situ Cisanti desember 2015 kemarin, sayang kita sedang tidak beruntung karena situs mata air ini terkunci. Jadi kita hanya bisa men’shot nya dari luar pagar saja. Tapi mudah-mudahan, next kita bisa berkesempatan untuk meng’abadikan mata air tersebut untuk Anda.

Lokasi Situ Cisanti

Jalur Situ Cisanti via Pangalengan
Jalur Situ Cisanti via Pangalengan

Seperti yang tadi sudah kita sebutkan diawal, Cisanti ini adalah sebuah situ yang letaknya berada di kaki gunung Wayang. Nah karena berada dikaki sebuah gunung maka situ cisanti berada di tempat yang sangat tinggi, yaitu kira-kira berada di 1500 m diatas permukaan laut, dan jaraknya kurang lebih 50-60 km dari pusat kota Bandung. Lokasi tepatnya berada di Kampung Pejaten, Desa Tarumajaya, Kec. Kertasari, Kab. Bandung, Prov, Jawa Barat.

Situ Cisanti adalah danau kecil yang luas’nya kurang lebih hanya 9 hektar saja, dengan kedalaman waduk sekitar 3-4 meter, dan kedalaman rata-rata airnya adalah 2.5 m. Suhu udara di cisanti cukup dingin dan sejuk, terlebih situ ini dikelilingi oleh hutan pinus dan beberapa spesies pohon yang konon telah berusia ratusan tahun.

Desa Tarumajaya tempat dimana hulu citarum ini berada merupakan desa pegunungan yang dikelilingi oleh kawasan hutan dan juga perkebunan teh. Namun meski begitu, tak sedikit pula area pertanian atau perkebunan sayur yang berjajar disepanjang rute menuju wisata hulu cisatum ini. Dan terbukti, diketahui bahwa Desa Tarumajaya merupakan salah satu desa penghasil kentang dan wortel terbesar di Bandung.

Rute Menuju Situ Cisanti

Untuk Menuju Situ Cisanti ada 2 rute yang bisa sahabat lalui jika kita anggap start pointnya dari Bandung, yaitu yang pertama melalui jalur Ciparay dan bisa juga melalui jalur pangalengan. Nah untuk informasi mengenai kedua jalur tersebut sudah kita bahas terpisah.

Sobat bisa membacanya disini: Rute Menuju Situ Cisanti

Gimana, tertarik ingin melihat situ yang merupakan hulu dari sungai terbesar yang ada di Jawa Barat ini. Jadi kalau-jalan-jalan ke Bandung Selatan, jangan lupa mampir ke Situ Cisanti.

(Visited 22 times, 1 visits today)

6 thoughts on “Situ Cisanti – Menikmati Keindahan Hulu Sungai Citarum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *