Situ Cisanti Ciparay – Informasi Rute Situ Cisanti Via Ciparay

Situ Cisanti Ciparay – Mungkin artikel ini temanya hampir mirip dengan artikel yang sebelumnya, yaitu yang berjudul “Situ Cisanti Pangalengan“. Jadi, bagi sobat yang mencari info di google dengan mengetikan “Situ Cisanti Ciparay” maka pasti beranggapan Situ Cisanti itu lokasinya berada di Ciparay. Tapi Sobat, sebenarnya Cisanti itu adanya di Kertasari, tepatnya berada di Kampung Pejaten, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kab. Bandung.

Keindahan Situ Cisanti
Keindahan Situ Cisanti

Untuk yang belum tahu karena belum pernah ke Situ Cisanti, atau sudah pernah berkunjung tapi tidak tahu lokasi tepatnya ada dimana maka wajar saja kalau sebagian sobat traveler mengira kalau Situ Cisanti berada di Pangalengan, dan sebagian lagi mengira berada di Ciparay.

Hal ini mungkin terjadi karena adanya 2 rute yang berbeda untuk menuju CIsanti, yaitu via Ciparay dan satu lagi Via Pangalengan.

Jadi, mereka yang pernah ke Situ Cisanti via Pangalengan maka akan mengira Situ Cisanti adanya di Pangalengan, tapi bagi yang pernah ke Situ Cisanti menggunakan jalur Ciparay maka mungkin juga akan beranggapan kalau Situ Cisanti itu lokasinya ada di daerah Ciparay.

Situ Cisanti Berada Di Kecamatan Kertasari

Kertasari merupakan pemekaran dari kec. Pacet, dan secara letak geografis Kecamatan Kertasari berbatasan langsung dengan beberapa wilayah seperti:

  • Sebelah Utara : Berbatasan dengan Kecamatan Pacet
  • Sebelah Timur : Berbatasan dengan Kabupaten Garut
  • Sebelah Selatan : Berbatasan dengan Kabupaten Garut
  • Sebelah Barat : Berbatasan dengan Kecamatan Pangalengan

Nah dilihat dari letak geografisnya, itulah kenapa Kecamatan Kertasari bisa diakses lewat Pangalengan dan Juga via Ciparay (Ciparay – Lembur Awi – Pacet – Cibeureum – Tarumajaya (Situ Cisanti).

Untuk lebih lengkapnya sobat bisa membaca rute Situ Cisanti Via Ciparay disini: Situ Cisanti Via Ciparay

Wilayah Kertasari terkenal akan komoditas hasil perkebunan, pertanian, dan juga peternakannya. Untuk hasil perkebunan misalnya seperti teh dan juga kopi, untuk pertanian seperti wortel, kubis, kentang, dan beberapa jenis sayuran lainnya. Sedangkan untuk peternakannya, wilayah Kertasari juga sangat potensial dalam sektor peternakan sapi perahnya.

Ini terbukti dengan besarnya pasokan susu sapi yang masuk ke KPBS Pangalengan yang berasal dari para peternak yang berada di Kecamatan Kertasari. Dan satu lagi, di Kec. Kertasari juga berdiri sebuah perusahaan pengolahan susu murni yang sangat terkenal di Indonesia, yaitu MT. ULTRA JAYA.

Nah gimana, sudah ada sedikit pencerahankan. Semoga artikel singkat “Situ Cisanti” ini bermanfaat untuk sobat semua. Kalau ada tambahan informasi yang dirasa penting pasti akan kita update atikelnya, atau akan kita tulis dalam atikel yang lainnya.

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *