Cinderella_-_Anne_Anderson-2

Siapa yang tidak tahu dengan kisah Dongeng Cinderella yang terkenal hingga ke’seantero dunia ini. Sebuah dongeng yang mengisahkan seorang gadis cantik yang harus hidup dengan seorang Ibu tiri dan kedua saudara tirinya yang jahat.

Cinderella, “Cinderella”. She lost her slipper as she ran from the castle
Image credit: Cinderella byAnne Anderson (1874-1930)

Malangnya, Cinderella harus hidup penuh dengan penderitaan karena dijadikan pembantu oeh ibu tiri dan kedua saudara tirinya. Cinderella diharuskan mengerjakan semua pekerjaan rumah seperti memasak, mencuci baju, dan mengurus semua keperluan ibu tiri dan kedua saudara tirinya tersebut.

Sejarah Dongeng Cinderella

Dongeng Cinderella merupakan dongeng tradisional yang sudah diterjemahkan dalam berbagai bahasa dan juga juga muncul dalam berbagai versi di banyak negara. Tercatat versi awal dari dongeng Cinderella ini muncul pada tahun 860 masehi, berbentuk sebuah buku pada masa kejayaan dinasti Tang, di Tiongkok.

Tidak banyak orang yang tahu akan sejarah dari versi awal dongeng Cinderella tersebut, karena banyak muncul dalam berbagai versi. Namun versi dongeng Cinderella yang terkenal adalah versi yang dibuat oleh seorang penulis asal Perancis bernama Charles Perrault, berjudul Cendrillon pada tahun 1697. Versi Charles Perrault ini diambil dari sebuah cerita rakyat karya Giambattista Basile, yang berjudul La gatta Cenerentola.

Kini, rumah produksi film dan kartun Walt Disney’s akan kembali mengangkat cerita ini dalam versi terbarunya, dipercaya rumah produksi Walt Disney’s ini bisa membawa dongeng Cinderella ini menjadi lebih menarik, terlebih ditambah keahlian bertahun-tahun dalam efek animasi yang akan ditambahkan dalam film Cinderella terbaru ini.

Dari sekian banyak versi dongeng Cinderella, versi Cinderella yang menceritakan seorang gadis cantik yang harus hidup bersama ibu tiri dan kedua saudara tiri inilah yang paling terkenal hampir diseluruh dunia.