Jepang Meluncurkan Satelit Mata-mata ke Angkasa
Tokyo – Badan Antariksa Jepang (Japan Aerospace Exploration Agency/JAXA) telah meluncurkan satelit mata-mata jenis H-2A ke luar angkasa. Satelit ini dimaksudkan untuk memantau bencana alam yang terjadi di wilayah Jepang.
Namun, peluncuran satelit mata-mata ini juga dilakukan di tengah-tengah kekhawatiran program nuklir Korea Utara (Korut). Demikian seperti dilansir oleh kantor berita AFP, Senin (12/12/2011).
Peluncuran dilakukan pada tanggal 12 desember 2011 pada pukul 10.21 waktu setempat di Tanegashima Space Center, Jepang sebelah barat daya. Roket H-2A yang diluncurkan ini memiliki radar pengumpul informasi yang berguna untuk menjaring informasi dan memantau melalui luar angkasa.
Namun demi alasan keamanan, pemerintah Jepang menolak untuk menjelaskan fungsi satelit tersebut secara detail.
Diketahui bahwa pemerintah Jepang telah membangun sebuah sistem pengumpul data-data intelijen menyusul peluncuran misi Korea Utara ke wilayah Samudera Pasifik yang melintasi kepulauan Jepang pada 1998 lalu. Namun meski ditekan dunia internasional, Korea Utara justru meluncurkan misil Taepodong-2 pada April 2009 ke sebuah lokasi dengan jarak 6.700 km.
Yang jelas, pengawasan wilayah dalam negeri Jepang terus meningkat pasca gempa dan tsunami yang melanda di negeri Sakura itu pada 11 Maret lalu yang mengakibatkan banyaknya korban jiwa dan kerusakan infrastuktur.

hotel

hotel


Sumber berita : www.cbc.ca
Kembali ke HOMEPAGE
Baca Berita Lainnya di Sekilas teknologi