fosil-dinosaurus

Sarang DINOSAURUS diPerkirakan Berumur 190 Juta Tahun

Sarang Dinosaurus Tertua di Afrika

Sarang Dinosaurus Tertua di Afrika

Penemuan fosil sarang dinosaurus di Afrika Selatan menunjukkan kumpulan telur yang sebagian besar mengandung embrio. Sarang miliki dinosaurus pemakan tumbuhan tersebut diperkirakan berumur 190 juta tahun.

Para Peneliti Fosil Purba

Para Peneliti Fosil Purba

Selain fosil-fosil telur, para ilmuwan juga menemukan jejak kaki dinosaurus kecil yang baru dilahirkan. Temuan jejak kaki ini memeberi petunjuk bahwa hewan raksasa pra-sejarah tersebut tinggal cukup lama di dalam sarang sampai ukuran tubuhnya dua kali lipat lebih besar.

Sebuah studi baru yang dipimpin oleh ahli paleontologi T U Mississauga Robert Reisz, dengan rekan-penulis David Evans dari Royal Ontario Museum dan sekelompok peneliti internasional, menjelaskan cengkeraman telur, banyak dengan embrio, serta jejak kaki dinosaurus kecil, yang tertua di diketahui bukti bahwa anakan yang tersisa di lokasi sarang cukup lama untuk setidaknya dua kali lipat ukurannya.



Highlands National Park tersebut adalah milik Massospondylus, yaitu dinosaurus berukuran 20 kaki (6.096 meter) yang hidup di masa 190 juta tahun lalu dan merupakan nenek moyang dinosaurus leher panjang sauropod.

Sekira 10 sarang ditemukan pada batuan di ketinggian berbeda, dan masing-masing sarang itu paling banyak berisi 34 butir telur. Ini mengindikasikan bahwa dinosaurus tersebut kembali ke tempat yang sama untuk meletakkan telurnya.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) ini, dipimpin oleh David Evans, kurator paleontologi vertebrata di Royal Ontario Museum, Kanada.

Telur Dinosaurus yang berusia jutaan tahun

Telur Dinosaurus yang berusia jutaan tahun

“Meskipun catatan fosil dinosaurus sangat luas, sebenarnya kita memiliki informasi fosil yang sangat sedikit tentang biologi reproduksi mereka, terutama untuk dinosaurus awal,” kata David Evans, kurator asosiasi, Paleontologi Vertebrata di Royal Ontario Museum. “Rangkaian menakjubkan dari 190 juta tahun sarang burung memberi kita melihat rinci reproduksi dinosaurus pertama di awal sejarah evolusioner mereka, dan dokumen kuno strategi sarang yang hanya dikenal lama kemudian dalam catatan dinosaurus.”


Pameran yang saat ini dipamerkan di Royal Ontario Museum (ROM) hingga Mei 2012, yaitu telur dan bayi Dinosaurus merupakan Fosil luar biasa dari Afrika Selatan, fitur fosil telur dinosaurus tertua yang pernah ditemukan dengan embrio, serta penemuan mengesankan lainnya.