Rute Situ Cisanti – Tips Rute Menuju Situ Cisanti

Rute Situ Cisanti – Bagi sobat semua yang hendak datang melihat situ cisanti yang merupakan hulu dari sungai terbesar dan terpanjang di Jawa Barat, yaitu sungai Citarum. Maka ada dua rute yang biasanya dijadikan pilihan untuk dapat sampai ke tempat ini. Yang pertama melalui jalur Ciparay melalui Lembur Awi, dan yang kedua melalui jalur Pangalengan, yang ke arah pemandian air panas Ci Bolang.

Rute Situ Cisanti

Kedua rute menuju Situ Cisanti ini mempunyai plus minus nya masing-masing. Kalau lewat jalur ciparay maka akan jauh lebih cepat karena lebih dekat. Sedangkan lewat jalur pangalengan sedikit lebih jauh karena sedikit memutar, namun Anda akan disuguhi pemandangan perkebunan teh yang sangat indah. Jadi tak akan terasa jauhnya deh, dijamin. Admin aja yang orang Bandung, betah berlama-lama di Pangalengan, hehehe.

” Keindahan panorama Bandung Selatan selalu dapat menarik wisatawan dari luar kota Bandung untuk berkunjung ke sini. Tujuan mereka kemana lagi kalau bukan ke tempat-tempat wisata yang ada di sekitaran daerah Ciwidey maupun Pangalengan. Hawa yang sejuk, serta pemandangan hijau, adalah daya tarik utama sehingga kawasan ini selalu dapat menarik banyak wisatawan setiap tahunnya “

Review Rute Situ Cisanti

Seperti yang tadi sudah disinggung diawal, sobat bisa berkunjung ke Situ Cisanti melalui rute Ciparay ataupun Pangalengan. Nah sekarang kita review seperti apa treknya, berdasarkan pengalaman admin sendiri dan juga pengalaman dari sobat lainnya yang sudah pernah datang ke Situ Cisanti.

Rute Situ Cisanti Via CiparayRute Situ Cisanti Via Pangalengan

Waktu tempuh perkiraan adalah 2-3 jam, tergantung kecepatan dan kondisi jalan. Rute yang biasa dilalui adalah Bandung – Ciparay – Lembur Awi – Jl. Raya Pacet – Jl. Raya Cibereum – Tarumajaya (Situ Cisanti).

Waktu tempuh perkiraan adalah 3-4 jam, tergantung kecepatan dan kondisi jalan.

Rute Menuju Situ Cisanti Via Ciparay

Untuk sobat yang mau melalui jalur Ciparay, maka sobat bisa meluncur dari Bandung melalui Jl. Mohammad Toha → Dayeuh Kolot. Lalu setelah melewati jembatan Citarum akan ada jalan bercabang yang dipisahkan oleh sebuah POM Bensin. Jalur ke kanan adalah jalan menuju Banjaran, sedangkan yang ke kiri adalah jalur menuju Ciparay, jadi ambillah jalur kiri dan terus lurus sampai menemukan bunderan dengan Tugu Perjuangan. Lalu Ambil kiri dan masuk Jl. Laswi yang akan membawa Anda ke alun-alun Ciparay.

Kalau sobat datang dari Bandung dari arah Buah Batu, maka sobat bisa meluncur melalui Jl. Buah Batu → Bojong Soang, lalu Anda akan masuk Jl. Siliwangi hingga akhirnya masuk Jl. Laswi hingga ke alun-alun Ciparay.

Pas di alun-alun Ciparay, tepatnya pas Masjid agung Ciparay beloklah ke arah kanan, maka Anda sudah masuk ke Lembur Awi yang nantinya akan melewati daerah Pacet, kemudian Cibereum, dan akhirnya akan masuk hutan pinus yang menandakan Anda sudah akan sampai ke pintu gerbang Situ Cisanti. Ciparay → Lembur Awi → Jl. Raya Pacet → Jl. Raya Cibereum → Situ Cisanti.

View di jalur ini akan di dominasi oleh area pesawahan dan perkebunan. Saat kita kesini Desember 2015 kemaren, kita melewati jalan beton dipinggir bukit yang semuanya tertutup oleh lumpur yang terbawa air hujan, sehingga sangat licin dan mesti extra hati-hati. Sepertinya lumpur tanah merah ini datang dari atas karena area bukitnya sudah berubah menjadi perkebunan. Alhasil tanah dengan mudah tergerus dan terbawa air hingga msuk ke jalan. Tapi secara keseluruhan jalannya cukup bagus, jadi mobil atau motor bisa melewatinya tanpa ada masalah. (Kecuali jika ada hal-hal diluar dugaan seperti bencana alam)

Oh iya, aplikasi google Map yang tertanam di semua perangkat Android sobat-sobat semua bisa dijadikan panduan karena akan sangat membantu sebagai penunjuk arah. Soalnya keakuratannya sudah sangat baik, terlebih ada view mode ‘Earth’ nya sehingga akan tampak lebih realistis.

Rute Menuju Situ Cisanti Via Pangalengan

Bagi sobat yang mau menggunakan rute Situ Cisanti melalui jalur Pangalengan, maka sobat harus mengambil arah yang menuju Banjaran. Untuk rutenya sobat bisa melihat nya dibawah.

Kalau yang dari Bandung, bisa masuk dari jalan :

• Mohammad Toha → Dayeuh Kolot → Banjaran
  • Buah batu → Bojong Soang → Dayeuh Kolot → Banjaran

Di Banjaran Anda akan melewati terminal dan juga pasar Banjaran. Kemudian akan menemukan jalan bercabang dan melihat petunjuk arah yang menunjukan arah Pangalengan adalah yang kekiri, maka ambilah arah yang ke kiri, yang berarti Anda sudah masuk Jl. raya Pangalengan.

Dari sini perjalanan Anda akan mulai menanjak dan berkelok-kelok melewati Cimaung menuju pangalengan. Mulai masuk Wilayah Pangalengan Anda akan menemukan bundaran pertigaan. Yang kekanan adalah ke Situ Cileunca, Perkebunan Teh Cupu, Talegong. Sedangkan yang ke kiri adalah ke arah Pemandian Air Panas Cibolang dan juga perkebunan teh PTPN VIII. Maka Ambilah yang kearah kiri ke arah Cibolang atau perkebunan PTPN VIII. Kalo Anda bingung mungkin bisa tanya-tanya sedikit kepada warga sekitar.

Jalur ini nantinya akan membawa Anda melewati tempat wisata pemandian air panas Cibolang, kemudian melewati perkebunan teh malabar, jangan lupa mampir juga ke Makam Bosscha, karena tokoh inilah perkebunan teh Pangalengan ini malabar ini bisa ada, kemudian atas jasanya akhirnya Teropong Bintang Bosscha di Lembang bisa berdiri.

Setelah melewati perkebunan teh Malabar maka Anda juga akan melewati  Perkebunan teh Santosa → Melewati Pabrik Pengolahan Teh Kertasari yang didepannya ada monumen Traktor dan mobil Stum jadul (bisa jadi tempat foto menarik) → Masuk kawasan hutan pinus yang berarti Anda sudah sampai, hati hati kelewat. Kalo dari jalur ini gerbang Situ Cisantinya ada disebelah kiri jalan.

Gimana, sudah ada sedikit gambaran’kan. Jadi setidaknya Anda bisa menimbang-nimbang jalur mana yang akan diambil. Mungkin berangkatnya via Ciparay lalu pulangnya bisa lewat Pangalengan sambil menikmati keindahan hamparan kebun teh. Akhir kata, semoga info singkat mengenai Rute Situ Cisanti ini bisa bermanfaat utuk sobat semua.

(Visited 15 times, 1 visits today)