Pengobatan-Sariawan

Mengobati Sariawan Dengan Cara Alami

Sariawan adalah suatu luka terbuka yang terjadi didalam mulut yang bisa menimbulkan rasa nyeri dan perih terutama apabila saat mulut digerakan atau sedang makan.  Sariawan biasanya muncul dalam satu kelompok yang terdiri dari 2 sampai 3 luka terbuka dan akan menghilang dengan sendirinya  dalam waktu 10 hari tanpa meninggalkan jaringan parut. namun ada juga sariawan yang besar dan membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk bisa sembuh. Sariawan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti stres, luka di mulut, alergi makanan, siklus haid, terlalu banyak minum antibiotik atau minuman yang asam.

Pengobatan-Sariawan

Pengobatan-Sariawan

Gejala utama yang dirasakan  saat menderita sariawan adalah adanya rasa nyeri yang bisa berlangsung selama 4 sampai 10 hari, dan rasa nyeri ini akan bertambah parah bila lidah menyentuh sariawan atau jika makan makanan yang pedas atau panas. Orang yang mengalami sariawan bisanya mengalami bibir pecah-pecan, tenggorokan kering dan juga bau mulut. Untuk mengobati sariawan sudah banyak obat-obatan yang di jual di Apotek namun ada juga cara mengobati sariawan menggunakan cara alami.

Cara Alami Mengobati Penyakit Sariawan

Air Kelapa

Ambil air kelapa, jika ada air kelapa hijau. Gunakan untuk kumur dan bisa juga ditelan.

Air Garam

Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam tiga kali sehari dapat menyembuhkan luka sariawan dengan cepat. Kandungan garam dapat menarik cairan pada luka sariawan sehingga dapat mempercepat penyembuhan.

Minum yogurt

Yogurt membantu keseimbangan bakteri di mulut dan tubuh. Hal ini akan mempercepat penyembuhan dan membantu mencegah sariawan. Untuk merasakan hasilnya, pastikan yogurt mengandung acidophilus hidup.

Bawang dan Pepaya

Menerapkan langsung obat ke luka sariawan juga dapat mempercepat proses penyembuhan. Gunakan bawang mentah, pepaya atau kantong teh langsung pada luka sariawan.

Baking Soda

Campur baking soda dengan air yang dijadikan obat kumur atau pasta untuk melapisi luka sariawan. Baking soda akan membantu menghilangkan bakteri di dalam mulut dan mengurangi rasa sakit.

Minum Vitamin

Studi menunjukkan sariawan lebih sering terjadi pada orang yang kurang vitamin B. Vitamin C, zat besi dan asam folat juga berperan dalam mencegah dan penyembuhan sariawan.

Tomat

Makan tomat mentah merupakan obat untuk mengatasi sariawan. Atau bisa juga, kumur menggunakan jus tomat.

Semoga info diatas bisa bermaanfaat untuk mengatasi masalah sariawan Anda.