Mengobati-sakit-gigi

Cara Menghilangkan dan Mengobati Sakit Gigi 

Sakit gigi dapat timbul secara terus-menerus atau hanya terasa  ngilu dan sakit ketika minum atau makan sesuatu yang membuat gigi anda menjadi sensitif, seperti sangat dingin, panas, satau sangat manis.

Penyebabnya dikarenakan bisa saja ada sisa makanan di gigi yang diubah oleh bakteri di dalam mulut menjadi asam yang membentuk plak. Plak yang mengandung bakteri tersebut dapat mengikis gigi sehingga lapisan gigi menjadi menipis dan menjadi peka. Email gigi yang terkikis lama-lama menyebabkan gigi menjadi berlubang dan terjadi peradangan yang mengenai saraf gigi itulah yang menyebabkan sakit gigi.

Mengobati-sakit-gigi

Mengobati-sakit-gigi

Adapun Pencegahan dan perawatan supa tidak sakit gigi, yaitu:

  1. Menyikat gigi secara teratur setelah makan dan sebelum tidur.
  2. Bersihkanlah sela-sela gigi dengan benang gigi.
  3. Hindari permen karet serta makanan dan minuman yang manis.
  4. Kumur dengan air hangat yang diberi garam dan segeralah tambal jika ada gigi yang berlubang.
  5. Cabutlah gigi jiga menyebabkan sakit secara terus menerus.
  6. Periksalah ke dokter secara teratur setiap 6 bulan sekali.

Cara Alami dan Tradisonal Untuk Mengobati Sakit Gigi:

Es batu

Es batu dapat membantu meringankan sakit gigi, caranya ambil sepotong kecil es batu dan letakkan diantara jari telunjuk dan ibu jari. Pijat perlahan di bagian tersebut, rasakan perlahan rasa sakit itu mulai akan hilang.

Bawang putih

Potong halus si bawang putih (1 siung bawang putih), kemudian taburkan sedikit garam. Kunyah di daerah yang sakit dan tak lama kemudian rasa sakit di gigi Anda akan menghilang perlahan. Anda juga boleh menggunakannya sebagai terapi untuk memperkuat struktur tulang gigi Anda.

Jeruk Nipis

Peras sari jeruk nipis, pulaskan pada bagian gigi yang sakit sesendok demi sesendok setiap 10 menit sampai sari jeruk tersebut habis. Selain kaya akan vitamin C, sari jeruk tersebut juga berfungsi sebagai pereda sakit gigi Anda.

Minyak Cengkeh

Cengkeh adalah salah satu komposisi penyusun rokok. Namun berbeda dengan fungsi cengkeh pada rokok, sari minyak cengkeh sangat manjur untuk menyelamatkan gigi Anda dari serangan rasa ngilu. Caranya mudah, oleskan minyak cengkeh pada gigi Anda dengan bantuan kapas.

Garam

Dibalik rasa asin garam, kandungan yodium yang tinggi juga meringankan ngilu gigi. Caranya mudah, taburkan garam dalam segelas air mineral hangat. Aduk kemudian gunakan sebagai sarana mouthwash. berkumurlah setidaknya sampai Anda merasa cukup nyaman dan tak terlalu tersiksa oleh rasa sakit gigi. Tidak dianjurkan langsung memakan garam, karena selain pasti asin banget, juga malah kurang menyebar di sela-sela gigi.

Itulah beberapa cara untuk mengobati sakit gigi yang disebabkan oleh gigi yang berlubang, apabila sakit gigi terjadi secara terus menerus sebaiknya anda memeriksakan ke dokter, dan semoga info yang disampaikan diatas bisa bermanfaat untuk anda.