Bau-Mulut

Mengatasi Bau Mulut (Halitosis)

Bau mulut atau disebut juga dengan halitosis merupakan suatu penyakit yang tidak berbahaya. Namun, jika tidak segera ditangani, akan berdampak pada kehidupan sosial Anda. Untuk mengetahui sebab-sebab akibat gangguan halitosis kita bisa mengenali gejalanya dengan melakukan hal-hal berikut ini.

  • Katupkan bibir rapat-rapat, apabila tercium bau tidak sedap dari bagian hidung maka bau mulut berasal dari gangguan sistem organ dalam tubuh.
  • Pencet hidung dan katupkanlah bibir rapat-rapat sesaat, jika saat mulut dibuka tercium aroma tidak enak maka bau mulut berasal dari dalam rongga mulut Anda.
  • Bau mulut bisa berasal dari gusi atau gigi yang berlubang, misalnya infeksi pada sela-sela gigi atau pun sedang mengalami sariawan. Tapi dapat juga berasal dari tenggorokan misalnya tonsil (amandel) yang sedang terkena infeksi, atau dapat juga berasal dari rongga hidung atau saluran pencernaan Anda.

    Bau-Mulut

    Bau-Mulut

Namun Anda bisa mengatasi bau mulut dengan cara sebagai berikut :

  • Sikatlah gigi Anda secara teratur, karena selain membersihkan sisa makanan yang menempel dan menimbulkan aroma yang tidak sedap. Menyikat gigi juga sangat efektif untuk mencegah terjadinya karang gigi yang merupakan sumber nafas tidak sedap.
  • Gunakan obat kumur, meskimun obat kumur hanya bersifat sementara namun obat kumur mampu menghilangkan bau mulut sekaligus membuat nafas lebih segar. Hindarilah penggunaan obat kumur yang terlalu banyak mengandung alkohol karena dapat menyebabkan bagian dalam mulut menjadi kering.
  • Kunyahlah permen karet untuk membantu mengangkat sisa makanan yang menempel dalam mulut. pilihlah permen karet yang tidak mengandung gula, tetapi mengandung xylitol atau xylifresh yang dapat melindungi gigi keropos.
  • Mengunyah buah dan sayuran yang masih segar dapat membantu mengatasi bau mulut karena mengandung serat yang dapat membantu menghilangkan kotoran dan plak yang berada di antara gigi sebagai medium tumbuhnya bakteri.

Semoga informasi mengenai mengatasi Bau mulut di atas bisa bermanfaat untuk anda.