Roti Gandum

Memilih Roti Tawar Yang Paling Sehat

Bagi sebagian orang sarapan nasi di waktu pagi hari memang agak merepotkan dan kurang praktis, oleh sebab itu banyak orang lebih memilih roti sebagai menu sarapan mereka dipagi hari pengganti nasi, selain rasanya yang enak roti juga sangat praktis dan mudah diolah.

Roti Gandum

Roti Gandum

Akan tetapi apakah roti yang kita makan sudah bisa menunjang gizi kita seharian dan juga apakan roti yang kita makan sehat untuk dikomsumsi, karena banyak sekali varian roti yang ada seperti roti gandum, roti tawar putih, atau whole grain. Kandungan gizi pada roti pun berbeda-beda tergantung dari bahan baku utamanya.

Berikut ini adalah beberapa roti tawar yang sehat untuk dikomsumsi, diantaranya:

Whole Grain Sour Dough

Jenis roti ini adalah roti yang dianggap paling sehat, karena roti jenis ini bisa dicerna oleh tubuh selama 18 jam dan juga memiliki IG yang rendah. Meskipun roti ini dibuat dengan menggunakan gandum utuh yang kasar para ahli gizi mengungkapkan bahwa roti jenis ini mempunyai nutrisi dan juga mempunyai serat paling tinggi. Roti ini memiliki rasa yang agak asam dan tidak mengandung gula. Roti ini banyak terdapat di Jerman dan di Indonesia sendiri jarang ditemui.

Whole Grain Rye

Roti gandum ini terbuat dari gandum hitam dan memiliki tekstur yang lebih berat dibandingkan dengan roti lainnya karena di dalam roti ini terkandung gluten yang rendah akan tetapi roti jenis ini memiliki kandungan serat dan juga vitamin yang cukup tinggi.

Whole Grain Biji-Bijian

Roti yang satu ini merupakan jenis roti yang banyak ditemui di Indonesia, roti jensi ini memiliki tekstur yang kasar dibandingkan dengan roti tawar putih biasa dan umumnya lebih serat dimakan. Roti ini berbeda dengan roti gandum biasa karena adanya tambahan biji-bijian seperti rami, kedelai, atau biji bunga matahari. Roti gandum utuh ini memiliki kandungan serat 4 kali lebih tinggi dari roti tawar putih karena roti ini memiliki IG yang rendah dan seratnya dapat lebih lama dicerna oleh tubuh selain itu roti ini bisa membuat kenyang lebih lama karena proses pelepasan energinya jadi lebih lama.

Gandum

Roti yang satu ini merupakan roti yang dibuat dari proses percampuran dedak gandum dan juga tepung terigu putih sehingga menghasilkan tekstur yang sedikit lembut, Roti sehat yang satu ini memiliki gizi yang lebih rendah dibandingkan dengan roti gandum utuh, Roti gandum lebih mudah dicerna dan memiliki IG yang tinggi dibandingkan gandum utuh, roti ini juga memiliki serat yang tinggi, vitamin dan juga mineralyang lebih tinggi dari tepung terigu, dan juga mengandung yodium dan asam folat.

Roti Tawar Putih

Roti yang satu ini terbuat dari gandum yang sudah dibuang kulitnya sehingga warnanya menjadi putih dan memiliki tekstur yang lembut, namun seratnya lebih sedikit dibandingkan dengan roti gandum. Roti yang satu ini kaya akan protein dan juga karbohidrat yang baik untuk tubuh, akan tetapi roti ini memiliki serat yang sedikit sehingga kekenyangan tidak bertahan lama.