Manfaat Kol Untuk Kesehatan

Manfaat Kol Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal kol, sayuran yang dapat dikomsumsi baik mentah dan dimasak ini merupakan jenis sayuran yang bisa tersedia sepanjang tahun, kol yang umum dijumpai biasanya kol hijau dan merah. Kol biasanya digunakan untuk campuran salad, lotek, gado-gado, dan masakan lainnya.

Manfaat Kol Untuk Kesehatan

Manfaat Kol Untuk Kesehatan

Selain digunakan dalam berbagai hidangan, Kol juga memberikan banyak manfaat kesehatan. Bahkan, kubis kaya fitonutrien dan berbagai vitamin seperti vitamin A, C & K. Ini semua merupakan antioksidan alami, yang membantu mencegah kanker dan penyakit jantung menginduksi radikal bebas.

Ternyata kol yang berwarna merah atau ungu ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, keunguannya disebabkan oleh kandungan pH di dalam tanah saat kol ini ditanam. Kandungan pH ini yang mempengaruhi pigmen bernama anthocyanins (flavins). Tanah dengan tingkat keasaman yang tinggi akan membuat daun kol berwarna kemerahan.

Kol ini dikenal dengan nama blue kraut atau red kraut. Warna merah keunguannya disebabkan oleh kandungan pH di dalam tanah saat kol ini ditanam. Kandungan pH ini yang mempengaruhi pigmen bernama anthocyanins (flavins). Tanah dengan tingkat keasaman yang tinggi akan membuat daun kol berwarna kemerahan.

Kol merah ini punya sejumlah manfaat untuk kesehatan, diantaranya:

Mencegah osteoporosis

Sayuran bertekstur renyah, termasuk kol merah, mengandung kalsium. Kalsium adalah nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sejak muda, biasakan untuk mengkonsumsi makanan tinggi kalsium, untuk mencegah osteoporosis ketika berusia lanjut.

Cegah penuaan dini

Kol merah menyimpan vitamin C tinggi, yang berfungsi sebagai antioksidan antioksidan. Karena itu rutin makan kol merah baik bagi kesehatan kulit. Dengan antioksidan, tanda-tanda penuaan dini juga bisa dicegah. Vitamin E yang terdapat dalam kol merah juga membantu tingkatkan imunitas tubuh.

Baik untuk mata

Vitamin A juga jadi salah satu kandungan kol merah, yang mampu menjaga kesehatan mata. Selain itu kol merah mengandung pelembab alami yang mencegah kulit dari kekeringan dan kusam.

Cegah kanker

Peneliti menemukan bahwa kol merah mengandung anthocyanin yang punya banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan tersebut mampu mencegah penyakit kanker. Kol merah juga sumber dari indole, yang berfungsimenurunkan resiko kanker payudara.

Info Menarik lainnya