Manfaat daun sirih

Manfaat dan Khasiat Daun Sirih

Daun sirih merupakan tanaman asli dari Indonesia yang tumbuh merambat atau menumpang pada batang pohon lain. Daun sirih merupakan tanaman yang sangat bermanfaat yang mengandung zat antiseptik pada seluruh bagiannya. Daunnya banyak digunakan untuk mengobati mimisan, mata merah, debit, membuat suara nyaring, dan banyak .

Zat Antiseptik Tinggi, Antiseptik zat yang membunuh kuman. Kandungan fenol dalam sifat antiseptik lima kali lebih efektif dibandingkan dengan fenol biasa.

Dengan sifat antiseptik, sirih sering digunakan untuk menyembuhkan luka kaki karena mengandung styptic untuk pendarahan dan terus vulnerary, yang menyembuhkan luka pada kulit. Juga bisa dikunyah untuk memperbaiki kualitas suara pada penyanyi.

Daun sirih mengandung arecoline berguna untuk merangsang saraf pusat dan daya pikir, meningkatkan gerakan peristaltik, meredakan dengkuran. Dalam daun mengandung eugenol yang terkandung mampu mencegah ejakulasi dini, membasmi jamur Candida albicans, dan bersifat analgesik (meredakan nyeri). Ada juga isi tanin dalam daun yang bermanfaat untuk mengurangi sekresi cairan pada vagina, melindungi fungsi hati, dan mencegah diare.

Efek daun sirih juga mempengaruhi kesuburan pria. Diduga, pemberian ekstrak daun sirih yang mengandung alkohol yang memiliki efek antifertilitas penurunan penyebab jumlah sperma.

Daun sirih untuk mengobati penyakit asma, bronkitis, rematik, lepra, dan sakit gigi, bahkan untuk disfungsi ereksi. Sangat banyak manfaat kesehatan dari dedaunan sirih, karena daun sirih mengandung berbagai zat. Ada banyak zat yang baik untuk kesehatan dan yang terkandung dalam dedaunan sirih, terutama yang telah diproses dan diambil minyaknya. Minyak atsiri diperoleh dari daun sirih mengandung betIephenol, seskuiterpen, pati, diatase, gula dan kavikol (memiliki kekuatan untuk membunuh kuman), anti-oksidasi dan fungisida, anti jamur.

Info Menarik lainnya