Manfaat-Kol-t
Manfaat kol merah

Manfaat kol merah

Kubis/kol ungu atau lebih dikenal dengan nama kubis/kol merah adalah varian lain dari jenis kol, tumbuhan ini memiliki nama latin Brassica oleracea L. Kol ungu/merah memiliki rasio yang relatif tinggi dalam hal nutrisi dan vitamin untuk kalori dan lemak, yang membuatnya menjadi pilihan ideal bagi para pelaku diet. Sehingga kol merah sering disajikan dalam bentuk salad atau acar.

Perlu Anda ketahui, saat Anda memasak kubis atau kol merah ini sebenarnya Anda telah kehilangan banyak mineral dan vitamin yang berharga. Meski demikian, para ahli berpendapat bahwa antioksidan dalam kol ungu/merah lebih mudah diserap oleh tubuh saat kol telah dalam keadaan dimasak. Untuk manfaat terbaik, sebagian orang  sering mencampuran kol merah mentah dengan kol merah yang telah dimasak.

Ketika Anda memasak kol ungu/merah sebaiknya Anda menghindari air yang terlalu mendidih, karena air yang terlalu panas akan menghilangkan nutrisi dari sayuran. Pigmentasi dalam kol merah menunjukkan pasokan kaya anthocyanin, yang dapat membantu menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, degenerasi makula dan banyak penyakit lainnya.

Beberapa Manfaat Mengkonsumsi Kol Ungu/Merah

1. Mengkonsumsi Kol ungu/merah pilihan terbaik untuk para pelaku diet

Secangkir mentah, irisan kol merah memiliki 22 kalori dan 1 g protein, tanpa lemak, 5 g karbohidrat, 1,5 g serat dan 2,5 g gula alami. Dan hampir 90% kandungan dari kol merah adalah air. Menurut Harvard School of Public Health, makanan dengan kandungan air yang tinggi memiliki tingkat kepadatan energi yang rendah, sehingga membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan dan pemeliharaan berat badan.

2. Kol ungu/merah adalah sumber vitamin dan antioksidan

Kol ungu/merah merupakan jenis sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral. Secangkir kol merah yang dimasak akan memenuhi 85 persen dari kebutuhan harian vitamin C Anda dan sekitar 20 persen dari kebutuhan harian vitamin A Anda. Mereka adalah vitamin antioksidan, zat kimia alami yang kuat yang dapat membantu mengurangi risiko kanker, diabetes, keropos tulang, stroke, serangan jantung dan batu ginjal.

Antioksidan menetralisir radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel sehingga membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit serius. Dalam sebuah studi tahun 2007 yang diterbitkan dalam jurnal “Pelengkap dan Pengobatan Alternatif” peneliti menemukan bahwa kol merah adalah salah satu pengobatan yang efektif untuk diabetes pada tikus, meski demikian dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah efek yang sama akan berlaku untuk manusia.

3. Kol merah sumber Vitamin A dan K

Satu cangkir kol ungu/meah memberikan 33 persen dari vitamin K dan 16 persen dari vitamin A yang Anda butuhkan setiap hari. Vitamin A berperan dalam mempertahankan visi yang baik dan kulit yang sehat. Menurut Kantor Dietary Supplements, vitamin A juga dapat membantu mengurangi risiko Anda terkena kanker. Sedangkan Vitamin K sangat penting untuk membantu proses pembekuan darah yang tepat, dan itu membantu dalam proses pembentukan protein tulang, otot dan juga ginjal.

 

Info Menarik lainnya