manfaat-Buah-Manggis

 Manfaat Buah dan Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Setiap orang pasti mengenal Buah Manggis. Ya, salah satu buah yang bisa tahan lama yang mempunyai rasa manis dan segar, selain itu manggis merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi  jika di bandingkan dengan buah-buahan lainnya, Manggis tidak akan busuk, namun manggis ini akan mengering dan akhirnya menjadi kayu yang cukup keras. Namun dibalik semua itu banyak sekali khasiat buah manggis yang bisa kita manfaatkan terutama bagi kesehatan tubuh kita.

manfaat-Buah-Manggis

manfaat-Buah-Manggis

Manfaat Buah Manggis yang terutama adalah terletak pada kulitnya. Mungkin masih banyak orang yang merasa aneh jika harus mengkonsumsi kulit buah manggis tersebut, karena rasanya yang tidak enak. Namun, Anda jangan kaget, kulit buah manggis banyak mengandung senyawa xanthone yang berguna untuk Pencegahan Kanker. Xanthone mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia.

Berikut adalah beberapa Manfaat Buah Manggis dan Kulitnya , yaitu:

MENYEMBUHKAN DAN MENCEGAH KANKER

Selain sebagai anti oksidan, khasiat xanthone juga sebagai anti kanker. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, selain itu ekstrak kulit manggis juga bersifat apoptosis penghancur sel kanker.

MENGURANGI TEKANAN DARAH TINGGI

Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga terjadi karena adanya gangguan pada pembuluh darah, dan ini beresiko terhadap penyakit jantung dan stroke. Buah manggis bisa mengatasi hal tersebut, terutama untuk menormalkan berat badan.

MENCEGAH PENUAN DINI

Menurut para ahli zat antioksidan alami yang terkandung dalam buah manggis juga bisa menghambat proses penuaan pada tubuh. Zat ini akan selalu memperbaiki jaringan sel tubuh, sehingga Anda awet muda.

MENGURANGI BERAT BADAN

Masalah kegemukan sering terjadi karena membran sel dalam tubuh kita mudah membesar dan mengeras. Dan ini bisa diatasi oleh zat xanthones yang terdapat dalam buah manggis. Zat tersebut melunakkan kembali sel-sel, dan dengan cepat mengubah zat makanan menjadi energi. Kondisi ini membuat kita menjadi lebih sehat dan pada saat yang bersamaan bisa mengatasi kegemukan.

MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG

Penyakit jantung dan arteriosclerosis disebabkan karena pembuluh darah yang ada di sekitar jantung kehilangan elastisitasnya. Dan buah manggis bisa memulihkan kembali elastisitas pembuluh darah melalui antimikorbial dan antioksidan yang dimiliki buah tersebut. Setelah pembuluh di sekitar jantung sehat dan kuat, maka risiko terhadap serangan penyakit jantung berkurang.

MENGOBATI DAN MENCEGAH DIABETES

Salah satu penyakit kronis yang banyak diderita manusia adalah diabetes. Dan untuk membantu proses penyembuhan disarankan mengkonsumsi buah manggis yang mengandung zat-zat yang menormalkan tekanan darah, memulihkan energi, dan zat yang mengurangi kelebihan gula dalam darah.

MENURUNKAN KOLESTEROL

Kolesterol jahat atau LDL (low density lippoprotein) yang menempel di dinding dan menyempitkan pembuluh darah. Dan kondisi ini bisa dikurangi dengan zat xanthones yang terdapat pada buah manggis.

MENJAGA SALURAN KENCING

Secara alamiah sesuai dengan bertambahnya usia, kemampuan otot-otot pinggul pada wanita akan menurun. Dan kondisi ini berpengaruh pada saluran kencing. Demikian juga dengan pria yang akan mengalami pembesaran prostat sesuai dengan bertambahanya usia. Hal ini sering menimbulkan infeksi karena bakteri-bakteri yang tidak berguna tidak bisa dikeluarkan secara menyeluruh melalui saluran kencing. Zat xanthones yang ada pada buah manggis termasuk zat yang mengaktifkan antibakteri.

MENGATASI BATU GINJAL

Penyakit batu ginjal biasanya dialami oleh lelaki. Untuk mencegah penyakit batu ginjal disarankan mengkonsumsi 3 ons atau lebih buah manggis setaip hari. Mengkonsumsi manggis akan membuat kita lebih sering kencing sehingga dapat mencegah munculnya batu ginjal.

MELAWAN RADIKAL BEBAS

Buah manggis mengandung catechins yang terbukti sangat berhasiat dan lebih berguna dibandingkan vitamin C atau vitamin E dalam melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita. Dokter Frederc Templeman yang menulis buku “A Doctor Challenge, A Mangosteen Solution” menyarankan bahwa mengkonsumsi buah manggis setiap hari sebagai makanan suplemen, akan mendapatkan zat antioksidan lebih banyak dibandingkan suplemen manapun yang ditawarkan dalam obat-obatan.

MEMELIHARA PENCERNAAN

Semakin berumur manusia, maka secara alamiah semakin berkurang zat asam di dalam perut. Kondisi ini meningkatkan bakteri di dalam perut sehingga menimbulkan penyakit diare, kemampuan usus menyerap makanan semakin berkurang, dan kelebihan gas. Gejalan-gejala seperti ini bisa diatasi oleh zat xanthones yang terdapat pada buah manggis. Xanthones berkhasiat mengatasi kelebihan bakteri, dan menyeimbangkan kembali kerja perut.

MENYEMBUHKAN ASMA

Asama tergolong penyakit mematikan akibat kerusakan sistem pernapasan. Buah manggis menjadi obat alternatif yang ideal untuk menyembuhkannya karena memiliki kemampuan melawan infeksi dan mengandung zat-zat yang mengurangi alergis.

Dan masih banyak lagi manfaat dari buah mangis dan kulit manggis ini, semoga info diatas bisa bermanfaat bagi pembaca semua.