Ramen

Makanan Jepang Yang Paling Populer

Makanan Jepang memang dikenal sebagai makanan yang sehat dan bergizi tinggi oleh sebab itu kini makanan Jepang sangat populer di seluruh dunia, tidak hanya orang Jepang saja orang barat pun menggemari menu khas negri sakura ini. Makanan-makanan Jepang ini ternyata tidak hanya nikmat dilidah tapi juga memiliki nutrisi yang baik untuk badan dan otak.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Jepang yang paling populer di Dunia, diantaranya:

Ramen

Ramen

Ramen

Ramen adalah istilah mie versi jepang yang terbuat dari gandum mie Cina. Toko ramen yang baik menyajikan mie ramen buatan sendiri. Segingga cita rasa mie ramen di setiap toko akan berbeda. Pada umumnya ramen akan disajikan dengan chasiu, menma, dan juga irisan daun bawang diatasnya.

Sushi

Sushi

Sushi

Sushi yang menjadi makanan otentik negara Jepang biasanya memiliki harga yang mahal. Namun ada beberapa restoran yang menyajikan sushi dengan harga yang murah serta memiliki citra yang lezat. Biasanya Sushi terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk seperti makanan laut, daging, sayuran.

Takoyaki

Takoyaki

Takoyaki

Takoyaki adalah makanan cemilan jepang yang biasa dibuat secara tradisional oleh keluarga-keluarga jepang secara rumahan. Pertama kali dibuat oleh Endo Tomekichi di tokonya yang bernama Aizu di Osaka. Bentuknya bulat seperti baso, karena itu disebut juga baso panggang jepang (tako = octopus , yaki = panggang) karena cara pembuatannya tidak digoreng dalam minyak yang banyak, tetapi dipanggang dalam suatu cetakan setengah bulatan kemudian dibalik-balik sehingga berbentuk bulatan penuh. Takoyaki ini enak disantap panas-panas secara langsung atau sebagai lauk dengan nasi. Bila dalam keadaan dingin, takoyaki akan lebih padat dan kenyal seperti baso.

Okonomiyaki

Okonomiyaki

Okonomiyaki

Okonomiyaki adalah makanan Jepang dengan bahan tepung terigu yang diencerkan dengan air atau dashi, ditambah kol, telur ayam, makanan laut atau daging babi dan digoreng di atas penggorengan datar yang disebut teppan. Dalam bahasa Jepang, okonomi berarti “suka-suka” (yang disuka, yang diinginkan) dan yaki berarti “panggang” (istilah “goreng” hanya digunakan di Jepang bila makanan digoreng dengan minyak yang sangat banyak). Sesuai dengan namanya, lapisan atas (topping) okonomiyaki bisa disesuaikan dengan selera orang yang mau memakan.

Dorayaki

Dorayaki

Dorayaki

Dorayaki adalah kue yang berasal dari Jepang. Dorayaki termasuk ke dalam golongan kue tradisional Jepang (wagashi) yang bentuknya bundar sedikit tembam, terdiri dari dua lembar kue yang direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur yang lembut dan mirip dengan kue Jepang yang disebut Kastela karena adonan yang mengandung madu.