Unik

Nintoku-ryo Tumulus

Makam Kaisar Jepang Berbentuk Lubang Kunci

Nintoku-ryo Tumulus juga dikenal sebagai Mozunomimihara-no-Naka-no-misasagi, dan warga setempat sering menyebutnya “Nintoku-san” dan “Goryo-san. Daerah Mozu, disinilah Anda akan menemukan banyak gundukan pemakaman kuno yang secara historis dan akademis sangatlah berharga untuk negara Jepang. Di antara banyaknya perkuburan kuno, Tumulus Nintoku-ryo (pekuburan Kaisar Nintoku) adalah sebuah makam berbentuk lubang kunci yang terbesar di negeri ini.


Bagian depan Makam Nintoku-Ryo

Bagian depan Makam Nintoku-Ryo

Tampak Atas Makam Nintoku-Ryo

Tampak dari Atas Makam Nintoku-Ryo

Struktur makamnya berbentuk lubang kunci sehingga menjadi sangat unik di Jepang dan karakteristik dari bentuknya yang terlihat seperti kombinasi dari lingkaran dan persegi jika dilihat dari atas.
Panjang sekitar 486 meter dan tingginya 35 meter , Tumulus Nintoku-ryo dibangun dalam tiga lapisan serta memiliki luas total sekitar 46,5 hektar. Mungkin, ini gundukan pemakaman dibangun pada abad ke-5 dan konstruksinya diperkiarakan memakan waktu sekitar 20 tahun.
Dengan wilayah makam yang terbesar di dunia, maka makam Nintoku-Ryo ini adalah satu dari tiga makam terbesar di dunia bersama dengan piramida dari Firaun Khufu di Mesir dan makam Kaisar Qin pertama di Cina.
Tidak ada seorangpun yang di ijinkan untuk masuk dan menyebrangi parit bagian dalam yang merupakan parit yang membatasi area luar dan bagian dalam makam sejak bencana angin topan pada tahun 1872, dimana topan ini merusak bagian depan makam Nintoku-ryo Tumulus, dimana jalan ini mengarah ketempat penemuan Peti mati batu besar serta beberapa benda seperti peralatan makan yang terbuat dari gelas, pedang emas serta peralatan lainnnya yang terbuat dari tembaga dan baja. Gambar/patung yang menyerupai bentuk manusia, burung, kuda dan anjing juga ditemukan ketika penggalian peti mati Nagamochi, namun gundukan dibagian belakang hingga kini belum digali hingga sekarang, sehingga menjadikan pertanyaan diantara pengamat dijepang, apakah yang terkubur didalamnya benar benar jasad Kaisar Nintoku atau bukan.
Kuburan Nintoku-Ryo dikelilingi oleh total 12 belas makam bawahan dalam ukuran berbeda, namun rata rata bentuknya hampir mirip yaitu seperti lubang kunci, letaknya berada diseberang jalan dan masih disekitar Daisen Park tempat makam makam ini berada. Sekarang beberapa makam hanya terlihat seperti benjolan atau gundukan tanah sehingga para pengunjung kadang tidak mengetahui bahwa tanah tersebut adalah salah satu dari makam makam tersebut. (re-write by Dewi/sekilas-info.com)



Sumber berita : www.japan-i.jp
Kembali ke HOMEPAGE
Baca Berita Lainnya di Sekilas UNIK