Lokasi Situ Cisanti di Kabupaten Bandung

Lokasi Situ Cisanti – Hulu sungai citarum, itulah julukan untuk situ atau danau yang satu ini. Lokasinya jauh dari keramaian dan berada dikaki sebuah gunung. Ya, Situ Cisanti adalah nama dari situ tersebut, dan Wayang adalah nama dari gunung dimana situ ini berada. Situ Cisanti berada jauh di selatan kota Bandung, kurang lebih sekitar 50 km jauhnya dari pusat kota.

Lokasi Situ Cisanti di Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari
Lokasi Situ Cisanti di Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari

Meski lokasi Situ Cisanti terbilang cukup jauh, tapi wana wisata ini cukup sering dikunjungi oleh para wisatawan yang penasaran bagaimana rupa akan situ yang merupakan hulu dari sungai citarum tersebut. Tak sedikit yang merasa kagum dan heran, ternyata sungai Citarum yang terkenal kotor dengan tingkat polusinya yang tinggi, ternyata berasal dari danau kecil yang dikelilingi oleh jajaran pohon pinus yang indah.

Lokasi Situ Cisanti Berada Di Desa Tarumajaya

Lokasi Situ Cisanti Berada di sebuah Desa yang tidak hanya terkenal akan produksi susu sapinya, juga terkenal akan hasil pertanian sayurnya yang melimpah, seperti kentang, kubis, bawang daun, dan juga wortel. Desa tersebut bernama Desa Tarumajaya.

Desa Tarumajaya masuk kedalam kecamatan Kertasari, yang mana kecamatan ini merupakan pemekaran dari kecamatan Pacet, yang berada disebelah timur Kab. Bandung. Perlu 2 sampai 3 jam jika melalui jalur Ciparay untuk bisa sampai ke lokasi dimana Situ Cisanti ini berada. Dimana, nantinya Anda akan melintasi kampung Lembur Awi, pacet, cibereum, hingga akhirnya sampai di Situ Cisanti.

Namun setidaknya perlu 3 sampai 4 jam jika Anda datang ke Situ Cisanti jika melalui jalur Pangalengan. Karena memang, jalan yang akan Anda lalui ini rute’nya sebenarnya agak memutar, sehingga membutuhkan waktu yang sedikit agak lama. Tapi jangan khawatir, meski terbilang lebih jauh dan lebih lama, rute situ cisanti via pangalengan akan memanjakan pandangan Anda dengan hamparan kebun tehnya yang sangat Indah.

Malah, jika Anda berangkat pagi-pagi sekali, maka Andapun bisa sekalian mampir dulu ke Situ Cileunca. Situ ini berada dijalur Pangalengan – Cisewu – Rancabuaya, yaitu jalur alternatif Bandung – Garut via Pangalengan. Kalo tidak salah, Situ Cileunca ini diapit oleh 2 perkebunan teh, yaitu perkebunan teh cukul dan juga malabar.

Jadi kalau dari bunderan pertigaan Pangalengan, Anda harus mengambil yang ke arah kanan, kearah perkebunan teh cukul jika mau ke Situ Cileunca. Sedangkan kalau mau ke Situ Cisanti, maka Anda ambil jalur yang ke kiri kearah perkebunan teh PTPN VIII.

Untuk info rute menuju Situ Cisanti, Anda bisa menyimak dengan lebih detil lagi di sini: Rute Situ Cisanti.

(Visited 5 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *