Kucing adalah Hewan Terpopuler Di Dunia


kucing Lucu

kucing Lucu

Kucing selain lucu juga merupakan pemburu yang hebat

Kucing, siapa yang tidak mengenal hewan ini, hewan ini adalah salah satu hewan peliharaan yang paling populer di dunia. Kucing telah menyatu dengan kehidupan manusia sejak zaman dahulu kala, paling tidak sejak 3.500 tahun yang lalu, ketika orang Mesir kuno menggunakan hewan ini untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari hasil panen, bahkan orang mesir kuno menjadikan kucing sebagai salah satu binatang yang sangat spesial, ini bisa terlihat dari patung patung kucing serta lukisan lukisan di dinding makam mesir kuno.
Kucing peliharaan atau kucing rumahan adalah merupakan salah satu pemangsa yang hebat di dunia. Kucing ini dapat membunuh atau memakan tikus-tikus yang berkeliaran di dalam rumah. Kucing dianggap sebagai “karnivora yang sempurna” dengan susunan gigi dan saluran pencernaan yang khusus. Hewan ini mempunyai Gigi yang sangat tajam yang sangat baik untuk memotong dan merobek makanan serta gigi geraham yang berfungsi untuk mengunyah.

Daya tahan kucing di daerah sub tropis kurang

anak kucing imut

anak kucing lucu

Meski memiliki reputasi sebagai hewan yang suka menyendiri, kucing biasanya dapat membentuk sebuah koloni liar namun tidak menyerang dalam kelompok seperti halnya binatang predator  seperti macan, singa, serigala dan beberapa hewan pemangsa lainnya. Setiap kucing memiliki daerah kekuasaannya sendiri (jantan yang aktif secara seksual memiliki area kekuasaan terbesar, sedang jantan steril memiliki daerah paling kecil), dan selalu terdapat daerah “netral” dimana para kucing bisa saling mengawasi satu sama lain atau bertemu tanpa harus adanya konflik teritorial atau agresi.

Melihat dari tingkah laku kucing yang ada saat ini, kucing liar yang dulunya merupakan nenek moyang kucing peliharaan diperkiraan telah berevolusi pada iklim gurun. Kucing senang dengan suasana hangat dan kerap kali tidur di bawah hangatnya sinar matahari. Kotorannya biasanya kering dan kucing lebih suka menguburnya di tempat yang berpasir. Karena mempunyai kekerabatan yang dekat dengan hewan gurun, maka daya tahan kucing terhadap cuaca panas dan dingin di daerah iklim  subtropis agak kurang.

Masa kehamilan kucing kurang lebih sekitar 63 hari. Anak kucing terlahir dalam keadaan buta dan tuli. Mata mereka baru dapat terbuka pada usia 8-10 hari. Anak kucing akan diasuh oleh induknya hingga usia 6-7 minggu dan kematangan seksualnya kira kira pada umur 10-15 bulan. Kucing dapat mengandung 4 janin dalam sekali hamil karena rahimnya memiliki bentuk yang khusus dengan 4 bagian yang berbeda.
Kucing data-rata memiliki berat  antara 2,5 hingga 7 kilogram dan jarang melebihi 10 kg. Bila terlalu banyak diberi makan maka kucing dapat mencapai berat badan 23 kg. Tapi pada kondisi ini amatlah tidak baik bagi kucing dan harus sangat dihindari. Dalam penangkaran, hewan ini dapat hidup selama 15 hingga 20 tahun, kucing paling tua tercatat berusia 36 tahun.

Dibawah ini adalah beberapa ciri-ciri kucing yang membedakannya dengan hewan lainnya:

kucing anggora

kucing anggora

1. Suara Kucing

Ciri-ciri kucing yang satu ini yang adalah ciri khas yang tentu saja membedakannya dengan binatang lainnya, dan tentu saja ciri itu adalah suaranya. Tapi tahukah kita semua bahwa suara kucing itu seperti apa? Pasti jawaban anda adalah Meong. BETUL SEKALI! tapi itu untuk orang indonesia dengan bahasa indonesia. Mari  kita lihat untuk bahasa lainnya:
“Miaow” untuk inggris dan perancis
“Meow” untuk kucing di amerika (bahasa inggris dialeg amerika)
“Miau” untuk kucing dalam bahasa jerman
“Nya” untuk kucing jepang
“Dan” masih ada ratusan lagi
Selain itu ciri kucing yang khas lainnya adalah dengkurannya yang panjang, yang mana dengkuran dan mengeong bisa dilakukannya pada saat yang bersamaan.

2. Kelopak mata kucing.

Ciri kucing lain yang paling jelas terlihat adalah memiliki membran niktitans yang merupakan kelopak mata ketiga dari kucing. Kelopak ini memiliki suatu lapisan yang tipis dimana berguna untuk menutupi mata. Kelopak ini dapat terlihat pada saat mata kucing terbuka dan kadang-kadang saat kucing gembira ataupun sedang mengantuk. Membran ini baru tertutup sebagian (setengah terlihat setengah tidak) pada saat kucing tidak sehat.

anak kucing lucu

anak kucing lucu

3. Daun Telinga Kucing

Tidak seperti anjing, ciri ciri khusus kucing adalah memiliki daun telinga yang berdiri tegak. Tapi ada salah satu jenis kucing yang mengalami mutasi genetika dimana daun telinganya yang terlipat. Jenis kucing langka ini sendiri bernama Scottish Fold, Ketika kucing ini sedang marah atau takut maka telinganya akan tertekuk ke belakang (Seperti terlipat) sambil mengeluarkan suara meggeram atau berdesis. Bahkan ketika suara mencurigakan, daun telinganya dapat mengarah ke depan dan kesamping.

4. Kebiasaan Tidur

Apakah kita semua tahu kenapa kucing sering sekali tidur? Karena kucing menyimpan energi dari makanan yang mereka makan dengan cara tidur. Dibandingkan dengan hewan lainnya maka  kucing termasuk hewan yang mempunyai durasi tidur yang lumayan cukup panjang, mereka tidur antara 12-16 jam setiap harinya. Dan ini merupakan salah satu ciri kucing yang kadang membuat kita senang sekaligus sebal.

5. Sifat Kucing

Disaat anda melihat kucing jalanan yang tidak memiliki majikan. Kebanyakan mereka tampak terlihat bersih bukan? Itu dikarenakan kucing adalah salah satu jenis hewan yang suka merawat diri. Cara kucing membersihkan tubuhnya adalah dengan menjilati bulunya sendiri. Air liur kucing (Saliva) merupakan alat pembersih yang sangat baik, walaupun mungkin bisa mengakibatkan alergi untuk untuk sebagian orang. Itulah kenapa ada sekelompok orang yang tidak tahan berdekatan dengan hewan lucu ini.

Di Indonesia sendiri kucing yang paling diminati atau sedang Trend adalah kucing sejenis ANGGORA, dengan bulunya yang sangat tebal dan hidungnya yang pesek menjadikan jenis kucing ini menjadi idola dikalangan masyarakat, dan tentunya membuat iri kucing rumahan yang biasa ada di rumah kita , namun entahlah apakah kucing juga mempunyai rasa iri seperti manusia dimana posisi mereka tergeser dengan adanya kucing Impor ini,  Reviewnya dapat anda baca pada artikel  lain yang ada di situs ini. (re-write : Dewi/Eko/Sekilas-Info.com)