Khasiat-buah-semangka

Khasiat Dan Manfaat Semangka Untuk Kesehatan

Semangka, semua orang pasti kenal dengan buah yang satu ini. Buah berair yang segar ini banyak diminati orang karena rasanya yang manis dan kandungan airnya yang banyak dan menyegarkan. Di Indonesia sendiri serimg di jumpai buah semangka yang berwarna merah dan berwarna kuning namun keduanya mempunyai kandungan Likopen yaitu sejenis antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, selain itu buah semangka baik dikomsumsi bagi orang yang menderita kolesterol.

Khasiat-buah-semangka

Khasiat-buah-semangka

Manfaat semangka sangat baik untuk kesehatan karena banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan, berikut ini beberapa khasiat dan manfaat buah semangka untuk kesehatan :

  • Buah semangka mengandung banyak vitamin dan air, kedua senyawa inilah yang berperan dalam mencegah munculnya sariawan. Karena pada dasarnya, sariawan ditimbulkan karena adanya bakteri yang berkembang di mulut dan bakteri akan berkembang baik jika mulut anda kering sehingga kandungan air dari buah semangka dapat mengurangi adanya bakteri.
  • Kandungan gula yang sedikit, tidak ada lemak, serta kandungan air yang banyak membuat semangka cocok untuk yang sedang diet. Semangka juga bersifat dapat membuat kenyang, sehingga dapat menunda lapar.
  • kandungan asam amino sitrulin pada semangka dapat meningkatkan produksi nitroksida yang bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas pria.
  • Dalam buah semangka mengandung kalium yang berperan dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu kandungan karetenoid pada buah semangka dapat mencegah pengerasan dinding arteri maupun pembuluh vena, sehingga dapat mengurangi tekanan darah.
  • Kandungan Likopen yang cukup tinggi pada semangka berguna sebagai anti oksidan dan dapat mencegah dan mengurangi resiko kanker prostat.
  • Kandungan biji semangka memiliki banyak kandungan bermanfaat seperti protein, sitrulin, vitamin B12, dan enzineurease. Kandungan kukurbositrin pada biji semangka dapat memacu kerja ginjal dan menjaga tekanan darah tetap normal.
  • Kandungan sitrulin dan arginin pada semangka bermanfaat membentuk urea di hati dari ammonia dan CO2, bermanfaat untuk peluruh kencing, menyehatkan ginjal dan melembabkan usus.
  • Zat betakaroten merupakan antiokasidan yang terdapat dalam buah semangka dapat membantu menyehatkan sel-sel tubuh. Selain itu vitamin C dan zat senyawa likopen dapat meningkatkan proses regenerasi kulit sehingga kulit wajah tampak lebih bercahaya.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat semangka untuk kesehatan. dibalik rasanya yang manis dan segar ternyata buah semangka bisa dijadikan obat alami yang dapat anda konsumsi tanpa batas kecuali untuk anda yang menderita tekanan darah rendah.