Manfaat Brokoli

Khasiat Brokoli Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal brokoli sayuran yang berwarna hijau dan mempunyai bentuk yang mirip dengan kembang kol  ini merapakan salah satu sayuran yang sangat sehat, akan tetapi anak-anak kadang tidak menyukai sayuran yang satu ini. Padahal kandungan yang terdapat pada brokoli ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Brokoli

Manfaat Brokoli

Kandungan yang terdapat pada brokoli yaitu vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. Sayuran ini juga mengandung senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane).

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari brokoli adalah sebagai berikut :

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Brokoli adalah sumber vitamin C, nutrisi penting yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Mengontrol tekanan darah

Brokoli dapat membantu menjaga sistem saraf yang sehat dan menyeimbangkan efek natrium pada tekanan darah. Selain itu, kandungan potasiumnya mampu membantu menstabilkan tekanan darah dan menjaga sistem saraf dan fungsi otak yang sehat.

Melawan kanker

Brokoli mengandung dua senyawa fitokemikal yang disebut indoles dan isothiocyanate. fitokemikal berfungsi meningkatkan aktivitas enzim yang berperan untuk menghancurkan agen karsinogenik. Brokoli mempunyai agen anti-kanker seperti glucoraphanin, beta-karoten, diindolylmethane, selenium dan nutrisi lain seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalium, seng dan asam amino tertentu dalam mencegah pertumbuhan sel kanker di payudara, rahim, kelenjar prostat, usus, ginjal, hati dan paru-paru.

Melawan Radikal Bebas

Di dalam sayur brokoli mengandung vitamin C yang sangat tinggi sekali,vitamin C sendiri sangat diperlukan oleh tubuh dalam melawan radikal bebas setiap harinya. Vitamin C yang terkandung di dalam brokoli merupakan antioksidan yang sangat kuat sekali dalam melawan radikal bebas, selain itu vitamin C juga dapat membantu dalam mengurangi ketidaknyamanan tubuh dari flu yang datang menyerang tubuh manusia.

Detoksifikasi

Brokoli turut berperan dalam membebaskan tubuh dari radikal bebas dan racun seperti asam urat. Hal ini pada gilirannya, melindungi tubuh dari toksin-seperti bisul, gatal, rematik, batu ginjal, ruam, asam urat dan eksim.

Mengatasi sembelit

Brokoli cukup efektif mengatasi kesulitan buang air besar karena kaya akan serat. Selain mengikat racun di usus, serat juga membantu penyerapan nutrisi dari makanan.

Sehatkan jantung

Kandungan serat dalam brokoli ditambah adanya asam lemak Omega-3, beta-karoten serta vitamin lainnya mempunyai andil dalam menurunkan kadar kolesterol jahat disamping juga mengatur tekanan darah. Hal ini tentunya sangat baik untuk memaksimalkan kerja fungsi jantung.

Menjaga sistem saraf

Brokoli mengandung kalium yang tinggi, yang membantu menjaga sistem saraf yang sehat dan fungsi otak yang optimal, serta mendorong perkembangan otot.

Cegah osteoporosis

Brokoli mempunyai kandungan kalsium dan vitamin K yang tinggi. Keduanya sangat penting bagi kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Meningkatkan kesehatan kulit

Brokoli adalah gudang vitamin. Vitamin C, beta-karoten dan vitamin B kompleks hadir di Brokoli, yang sangat diperlukan untuk membuat kulit lebih bercahaya. Bahkan vitamin E yang teradapat pada brokoli turut mempercepat perkembangan regenerasi jaringan kulit yang telah mati.

Mencegah Alzheimer

Brokoli mengandung banyak mineral dan vitamin, dan merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa mengatasi penyakit Alzheimer. Brokoli berkhasiat untuk menguatkan ingatan, sehingga brokoli digunakan untuk mencegah dan merawat penderita alzheimer (pikun). Mengonsumsi brokoli dalam jangka panjang bisa mengurangi penurunan kadar acetylcholine di sistem saraf pusat.