Pulau Biawak

Keeksotisan Pulau Biawak Indramayu

Pulau Biawak merupakan salah satu pulau yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa bagian tengah. Masuk wilayah administratif Kabupaten Indramayu, Jawa Barat dan terletak di koordinat  5° 55′ 50″  LS dan  108° 22′ 50″ BT. Pulau ini sebagai objek wisata bahari dengan taman laut dan ikan hias yang indah serta terumbu karang yang asri. Pasir putih tanaman bakau dan mangrove yang cukup lengkap jenisnya, koloni biawak dan menara mercusuar yang di bangun oleh ZN. Willem pada tahun 1872 mempunyai daya tarik hyistoris terutama bagi wisatawan yang tertarik dengan bangunan – bangunan kuno.

Pulau Biawak

Pulau Biawak

Pulau biawak ini memang dipenuhi oleh hewan reptil tersebut, bahkan terdapat ratusan bahkan ribuan. Aktivitas rekreasi yang dapat di lakukan di Pulau Biawak ini adalah selam, mancing, snorkeling dan wisata petualangan. Pulau biawak mempunyai luas 120 ha terletak 40 km sebelah utara Kota Indramayu yang dapat di jangkau dengan perahu nelayan. Selain itu kita juga bisa menggunakan speed boad yang dimiliki oleh Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Indramayu.

Pemerintah Kabupaten Indramayu pun hanya memiliki dua kapal penyebrangan bantuan dari Pemprov Jawa Barat berkapasitas 30 orang dan 10 orang. Kedua kapal ini hanya dioperasikan setiap hari Sabtu dan Minggu dengan tarif sewa Rp 290 ribu/orang. Namun Anda bisa menyewa perahu motor nelayan seharga Rp 2juta/10 orang.

Keindahan Pulau Biawak semakin kentara apabila Anda berkesempatan berkeliling pulau dengan luas 120 hektar ini. Pulau kaya dengan tanaman bakau yang hijau dan rapat dipandang dari ketinggian, serta aneka tumbuhan lainnya. Sedangkan nama Biawak (Varanus salvator) ini, diambil dari satwa biawak yang berkeliaran dan hidup di kepulauan ini.

Selain disebut sebagai Pulau Biawak, pulau ini juga disebut sebagai Pulau Menyawak dan Pulau Bompyis. Di antara kepulauan yang ada di sana, Pulau Biawak yang masih utuh dalam segalanya. Sedangkan pulau lainnya hanya berupa hamparan pulau karang semata. Pulau Gosong, misalnya, kondisinya rusak karena jutaan meter kubik material karangnya diambil untuk pengurukan lokasi kilang minyak Pertamina Unit Pengolahan VI Balongan.

Selain aktivitas-aktivitas tersebut, salah satu objek wisata lainnya yang menarik dipulau biawak adalah adalah mercusuar setinggi 65 meter, yang dibangun saat penjajahan belanda, tepatnya pada tahun 1872 hingga kini mercesuarmasih berdiri kokoh. Nah jika anda ingin berlibur tidak ada salahnya mengunjungi salah satu pulau yang ada di Indonesia ini selain tempatnya yang indah juga menarik.