Tragedi Kapal Pesiar Costa Concordia


Costa Concordia

indonetmedia
hotel

indonetmedia


Kapal Pesiar ini karam & tenggelam setelah menabrak karang




ROME – Kepala eksekutif Carnival Corp.’s Costa Crociere SpA menyatakan bahwa penyebab Kapal Pesiar Costa Concordia karam adalah kapten kapal yang telah melakukan kesalahan mengambil jalan memutar yang tidak sesuai dengan rute kapal yang menyebabkan kapal Costa Concordia karam di lepas pantai Italia.
Pada hari Senin Pimpinan Costa Crociere dan CEO Pier Luigi Foschi mengatakan pada konferensi pers bahwa kapten Francesco Schettino mengemudikan kapal terlalu dekat ke pulau Gilgio, yang menyebabkan ia menabrak sebuah formasi karang yang mengenai lambung kapal dan membuat terbalik kapal pada hari jumat Jumat lalu.
“Saya tidak bisa menyangkal terjadi kesalahan manusia,” kata Mr Foschi. “Kita bicara tentang sebuah inisiatif yang Komandan Schettino mengambil sesuai dengan kehendak sendiri dan bertentangan dengan aturan etik kita.”
Mr Schettino, yang telah ditahan oleh kejaksaan yang menyelidiki penyebab kapal pesiar Costa Concordia karam, mengatakan kapal menghantam batu karang yang tak bertanda pada peta laut. Petugas Italia, mengatakan kapal menghantam sekelompok batu karang yang berdekatan dengan garis pantai pulau itu. Pengacara Mr Schettino sejauh ini belum menanggapi panggilan telepon atau surat permohonan untuk memberikan komentar.
Mr Foschi mengatakan komputerisasi sistem navigasi kapal seharusnya langsung mendeteksi penyimpangan rute dan otomatis membunyikan alarm di atas anjungan perintah kapal. Mr Foschi tidak mengatakan apakah benar-benar berbunyi alarm saat itu, ia juga menambahkan bahwa sulit untuk mengevaluasi apa yang terjadi pada saat sebelum dan sesudah tabrakan itu karena perusahaan tidak memiliki akses ke kotak hitam perekam kapal pesiar Costa Concordia, yang telah disita oleh jaksa menyelidiki kasus tersebut.
Kapal pesiar ini membawa 4.200 penumpang dan awak saat akan berlayar, Sejauh ini enam orang dinyatakan tewas dalam insiden tersebut.
Tim penyelamat bekerja sepanjang malam guna mencari 29 orang yang masih dinyatakan hilang pasca kandasnya kapal pesiar Costa Concordia. Kepala tim penyelamat setempat Marco Brusco mengatakan ”kecil harapan” untuk menemukan korban selamat dalam peristiwa yang terjadi di pantai barat Italia, Jumat malam. Sejumlah orang yang hilang diperkirakan adalah empat orang awak kapal, termasuk penumpang dari AS, Jerman, Prancis dan Italia.
Adapun 170 warga negara Indonesia yang menjadi korban karamnya kapal Costa Concordia di perairan Italia pada Sabtu (13/1) lalu berhasil diselamatkan. Kini, semua warga sudah dalam perlindungan yang juga dibantu KBRI setempat.

wisata

Perjalanan kisah kapal Pesiar Costa Concordia hingga tenggelam kemarin


Costa Concordia

Foto Tragedi Kapal Pesiar Costa Concordia diambil dari lepas pantai


Costa Concordia

Foto Tragedi Kapal Pesiar Costa Concordia diambil dari lepas pantai-2


Costa Concordia

Team evakuasi sedang mencari korban selamat di kapal Costa Concordia


Costa Concordia

Sebuah batu karang besar menancap dan merobek lambung kapal Costa Concordia



Sumber berita : online.wsj.com
Kembali ke HOMEPAGE
Baca Berita Lainnya di Sekilas Peristiwa

Jadilah Yang Pertama Diantara Teman-Teman Kamu Yang Mengetahui Berita ini, Share Segera Di Wall Facebook atau Twitter Kamu