malaysia-airlines-3

Dilaporkan bahwa, Pesawat militer Vietnam telah melihat dua buah tanda ceceran minyak sepanjang di lepas pantai negara itu yang bisa jadi merupakan tanda dari  jet penumpang Malaysia Airlines yang hilang pada kemarin sabtu. Luas panjang ceceran minyak tersebut masing-masing sepanjang 6 miles dan 9 miles bahkan bisa lebih luas lagi. Para pejabat mengatakan pencarian jet terus dilakukan dan segera mengerahkan kapal ke lokasi penampakan minyak tersebut.

Foto tumpahan minyak yang diperkirakan milik pesawat Malaysian Airlines

Mengutip keterangan dari kepala Administrasi Penerbangan Sipil Vietnam , The New York Times mengatakan bahwa penemuan ceceran oli tersebut bisa menjadi petunjuk pertama dari lokasi jatuhnya pesawat. Menurut surat kabar tersebut , pejabat , Lai Xuan Thanh , mengatakan bahwa salah satu tumpahan minyak diperkirakan sepanjang 12 mill.

Pesawat itu berangkat dari Kuala Lumpur dan terakhir dilaporkan berada di atas perairan terbuka antara Malaysia dan Vietnam. Pesawat-pesawat militerpun turut dikerahkan  guna membantu pencarian pesawat Malaysia Airlines yang hilang tersebut. Dan hingga Sabtu malam pencarian masih difokuskan di perairan antara Malaysia dan Vietnam dimana kontak terakhir tersebut terjadi.

Departemen Luar Negeri AS telah mengkonfirmasi bahwa setidaknya ada tiga warga negara Amerika Serikat yang berada di daftar nama penumpang penerbangan tersebut. Namun setelah daftar penumpang diumumkan pada Sabtu lalu, muncul laporan dari Italia dan Austria bahwa dua nama dalam daftar itu milik orang-orang yang paspornya telah dicuri dalam beberapa tahun terakhir, sehingga diperkirakan ada 2 orang yang naik secara ilegal pada pesawat tersebut dengan mempergunakan pasport hasil curian, bahkan terdengar rumor bahwa mereka adalah terorist, namun menurut pihak terkait hal tersebut masih perlu dibuktikan.

Update terbaru dari web resmi Malaysian Airlines

Sunday, March 09, 09:30 AM MYT +0800 Malaysia Airlines MH370 Flight Incident – 7th Media Statement

Lebih dari 24 jam setelah hilang kontak dengan Malaysia Airlines Flight MH370, tim pencarian dan penyelamatan masih tidak dapat mendeteksi keberadaan pesawat yang hilang.

Maskapai ini melakukan yang terbaik untuk memberikan dukungan kepada anggota keluarga yang terkena , ini termasuk bantuan keuangan langsung.

Maskapai ini telah menyebarkan tim dari 94 perawat yang terdiri dari staf terlatih dan juga anggota Tzu Chi Foundation untuk memberikan dukungan emosional kepada keluarga . Maskapai ini juga akan menyebarkan satu set pengasuh ke Beijing hari ini.

Tadi malam , tim Manajemen Senior Malaysia Airlines tiba di Beijing untuk mengatasi media dan bertemu dengan anggota keluarga . Keluarga penumpang yang terkena dampak di Kuala Lumpur juga bertemu dengan tim.

Sementara itu, Malaysia Airlines akan mendirikan pusat komando di Kota Bharu, Malaysia atau Ho Chi Minh , Vietnam sesegera lokasi pesawat didirikan dan maskapai akan membuat pengaturan yang diperlukan .

Maskapai ini terus bekerja sama dengan pemerintah dalam memberikan bantuan. Dalam takut untuk yang terburuk , seorang spesialis manajemen pemulihan bencana dari Atlanta, Amerika Serikat akan membantu Malaysia Airlines dalam waktu yang sangat penting ini.