Ipega 9023 – Ipega Bluetooth Controller Games

Ipega 9023 adalah sebuah wireless gamepad atau joystick for android / IOS dari IPEGA yang dikoneksikan melalui bluetooth. Ipega adalah produsen elektronik asal Negeri tirai bambu Tiongkok yang sudah  banyak mengeluarkan produk accesories untuk perangkat Apple, termasuk salah satunya adalah bluetooth gamepad ini.

Gamepad Android Ipega 9023
Gamepad Android Ipega 9023

Harga Ipega 9023

Untuk harganya, di Indonesia Ipega 9023 ini dibandrol dengan harga yang bervariasi, mulai dari 290 rb. hingga 400 rb’an, tergantung penjual. Kita bisa dengan mudah menemukannya di toko-toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan beberapa toko online lainnya.

Video Unboxing & Ipega 9023 Review

Saat dipakai gamepad ipega ini cukup nyaman saat digenggam dan tombol-tombolnyapun cukup empuk saat dipijit, cuman saat menggunakan tablet yang berukuran besar maka akan sedikit terasa aneh karena tidak biasa

Detil Produk Ipega 9023

Kebetulan Admin sudah berkesempatan membeli dan mencoba gamepad ini. Dalam uji cobanya, gamepad Ipega ini Admin sandingkan dengan Android Lenovo p780 (kitkat). Selama ini tidak ada masalah berarti saat penggunaan, bahkan untuk menghubungkan 9023 ini dengan perangkat Android pun terbilang sangat mudah sekali.

Dan untuk keseluruhan review, berikut informasi selengkapnya.

1. Telescopic Controller
Gamepad ipega 9023 merupakan telescopic controller, yang artinya bisa disesuaikan ukurannya. Jadi tidak seperti seri-seri sebelumnya yang memiliki bentuk yang Fix dan lebih terbatas untuk handphone yang bisa dipasangnya, terlebih untuk perangkat berlayar lebar.

Dudukan handphone untuk Ipega seri 9023 ini support untuk perangkat berukuran 5 inci hingga 10 inci. Bisa ditarik/dilebarkan sesuai dengan keperluan lengkap dengan pengunci dan penahan dibagian bawah untuk keamanan agar perangkat yang dipasang tidak mudah jatuh.

2. Built in Battery – 380 mAh
Untuk urusan daya, gamepad Ipega 9023 ini sudah dijejali baterai bawaan dengan kapasitas 380 mAh yang diclaim bisa bertahan 10 jam lebih saat digunakan tanpa henti, dan 30 hari waktu stand by time.

Untuk pengisiannya baterainya, kita hanya perlu mencolokan saja kabel micro usb bawaan paket ke adaptor/charge yang memiliki output 5V 500 mA. Jika tidak ada maka kita bisa menggunakan charger bekas BB/Blackberry, yang mana biasanya memiliki ouput daya 5V 750 mA.

Penggunaan charger handphone untuk Android juga sebenarnya bisa karena sama-sama memiliki output daya 5V, namun arusnya yang 2A terlalu besar 4X lipat dari yang direkomendasikan, yaitu 500 mA.

Penggunaan Charger dengan ouput arus yang lebih besar memang akan mengisi baterai dengan cepat, namun biasanya akan mengakibatkan panas, yang efeknya ditakutkan akan memperpendek umur dari baterai itu sendiri.

3. Bluetooth Versi 3.0
Ipega 9023 sudah menggunakan bluetooth 3.0, sehingga lebih cepat dalam mengirim dan menerima data sehingga lebih responsif. Selain itu Gamepad ini bisa digunakan hingga jarak 6-8 meter dari perangkat. Hal ini berguna jika kita menggunakannya saat bermain game di PC atau di Android TV.

4. Compatibllity
Untuk Anda yang memiliki handphone jadul tidak perlu khawatir, karena Ipega 9023 ini support juga untuk perangkat dengan sistem operasi lama, mulai dari android 3.2 dan ios 4.3 ke atas. Jadi handphone keluaran tahun 2013-2014 kemungkinan besar masih bisa menggunakan gamepad ini. Yang penting OS pada perangkat minimal adalah seperti yang barusan disebut .

Selain itu bisa juga digunakan pada WinXP, Win7, Win8, Android TV Box, Android TV.

5. Tombol Tambahan
Selain tombol-tombol standart yang biasa ada pada sebuah gamepad, Gamepad ipega 9023 juga dilengkapi dengan 5 tombol multimedia, seperti “volume +, -,”last “,”next “”Play / Pause” .

6. Kelengkapan Paket Penjualan

Untuk kelengkapan paket dalam dusnya kita akan mendapatkan:

  • 1 buah gamepad controller Ipega 9023
  • 1 buah Kabel micro usb, untuk charging dan konektivitas di PC
  • 1 buah kertas panduan/manual

7. Ipega 9023 Support Game

Ipega 9023 game support
Ipega 9023 game support

Jika Anda bertanya apakah Ipega ini bisa digunakan untuk semua game Android ? Jawabannya tentu saja tidak. Karena memang tidak semua game dibuat dengan menghadirkan option external controller.

Namun meski begitu sobat jangan khawatir, karena saat ini sudah banyak sekali game Android yang bisa dimainkan menggunakan external gamepad seperti ini, seperti:

  • Asphalt Extreme
  • Asphalt 8
  • GTA
  • Modern Combat
  • Real Racing 3
  • Shadow gun

Dan masih sangat-sangat banyaak sekali game laiinya yang bisa dimainkan menggunakan gamepad external seperti ini yang jumlahnya puluhan. Belum lagi game game arcade klasik yang dulu kita mainkan di dindong yang jumlahnya tidak kalah banyak.

Nah untuk saat ini sampai disini dulu informasi yang bisa kita sampaikan. Pada artikel selanjutnya kita akan share juga testgame dari Ipega 9023 ini.

(Visited 3,541 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.