Green-Canyon-Indonesia

Keindahan Green canyon Pangandaran Jawa Barat

Ternyata tidak perlu jauh-jauh loo, jika anda ingin berkunjung ke Grand Canyon yang ada di Amerika. Di indonesia pun terdapat Grand Canyon yang tak kalah indahnya dengan yang ada di Amerika, yaitu Cukang Taneuh yang mempunyai arti jembatan tanah atau disebut juga Green Canyonnya Indonesia ini terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Dari Kota Ciamis sendiri berjarak sekitar 130 km atau jika dari Pangandaran berjarak sekitar 31 km. Di dekat objek wisata ini terdapat objek wisata Batukaras serta Lapangan Terbang Nusawiru.

Green-Canyon-Indonesia

Green-Canyon-Indonesia

Objek wisata yang mengagumkan ini sebenarnya merupakan aliran dari sungai Cijulang yang melintas menembus gua yang penuh dengan keindahan pesona bebatuan stalaktif dan stalakmitnya. Selain itu daerah ini juga diapit oleh dua bukit, juga dengan banyaknya bebatuan dan rerimbunan pepohonan disekitar gua.

Tepat di mulut gua terdapat air terjun Palatar yang mengalir sehingga suasana di objek wisata ini terasa begitu sejuk. Para pengunjung bisa melakukan kegiatan disini diantaranya yaitu panjat Tebing, berenang, bersampan sambil memancing atau menikmati pemandangan di atas perahu. Untuk mencapai lokasi ini wisatawan dapat menggunakan perahu yang banyak tersedia di Dermaga Ciseureuh, baik perahu tempel maupun perahu kayuh. Objek wisata ini berdekatan degan objek wisata Batukarasserta Bandar Udara Nusawiru.

Alur aliran sungai Cukang Taneuh ini cukup panjang, sehingga pengunjung dapat berenang sepuas-puasnya sambil mengikuti arus dari air terjun. Selain pemandangan indah di atas permukaan air, Green Canyon akan menjadi surga tersendiri bagi yang suka menyelam. Tinggal membawa beberapa alat selam, pemandangan menakjubkan cekungan-cekungan di dalam air siap untuk ditelusuri dan dinikmati, lengkap dengan beragamnya ikan-ikan yang berenang ke sana kemari di dasar lubuk. Bagi yang suka menantang adrenalin, dapat meloncat dari sebuah batu besar dengan ketinggian 5m ke dasar lubuk yang dalam.

Untuk Transportasi Dari Bandung atau Jakarta, Anda bisa mengambil rute utama adalah menuju Pangandaran. Anda bisa pergi dengan pesawat kecil, bus, atau menyewa mobil. Jika Anda menggunakan transportasi umum, dari Terminal Pangandaran Anda dapat mengambil minibus yang menuju ke Terminal Cijulang. Dari terminal Cijulang, perjalanan diterus dengan Ojek yang mudah ditemukan. Namun sekarang banyak agen-agen trevel yang menawarkan paket wisata murah ke sana. Sangat menarik bukan mungkin ini bisa menjadi referensi anda dan keluarga untuk berlibur ke tempat ini.