hole-2

hole-2Great Blue Hole, salah satu keajaiban yang paling dikenal di dunia alam. The Great Blue Hole terletak di Belize Barrier Reef Reserve System, sekitar 60 mil jauhnya dari Belize City. Lubang laut ini diyakini sebagai lubang laut terbesar di dunia. Lubang laut ini memiliki kedalaman sekitar 125 meter dan diameter sekitar 300 meter.

The Blue Hole adalah hasil dari runtuhan berulang-ulang dari suatu sistem gua batu kapur yang terbentuk selama permukaan laut yang lebih rendah pada saat perjalanan zaman es terakhir. Kedalamannya menciptakan warna biru nila yang menyebabkan struktur seperti itu dikenal sebagai ‘lubang biru.

Fenomena geografis yang luar biasa ini adalah salah satu tempat menyelam paling menakjubkan di dunia, yang dibuat terkenal oleh Jacques-Yves Cousteau yang menyatakan itu adalah salah satu scuba diving terbaik dari 4 situs terbaik di Bumi. Pada tahun 1971, ia membawa kapal Calypso dan kapal selam ke lubang untuk bagan kedalamannya dan memeriksa stalaktit diskors dari dinding menggantung.

Berlawanan dengan rumor, Cousteau tidak kehilangan putranya Philippe di sini – ia meninggal di tempat lain dalam kecelakaan helikopter. Cousteau juga tidak menggunakan bahan peledak untuk menghancurkan karang pada saat patch navigasi Calypso di Blue Hole.

Pederson’s membersihkan udang yang menghuni di mana-mana dan menonjol dikelilingi anemon, dan lampu neon ikan gobi mengiklankan layanan membersihkan mereka dari berbagai karang kepala. Angelfish, butterflyfish, hamnlets, dan ikan kerapu kecil juga sering terlihat. Elkhorn karang yang tumbuh ke permukaan dan seafans ungu menyapu di permukaan air yang tenang, mereka nampak berkilauan kaya warna.

hole-1Dindingnya tipis dari permukaan sampai kedalaman sekitar 110 kaki (44 meter) di mana Anda mulai menemukan formasi stalaktit yang sebenarnya sudut kembali, yang memungkinkan Anda untuk menyelam di bawah overhang mengerikan. Air bergerak dan visibilitas mendekati 200 kaki (61 meter).

Selama jutaan tahun di Blue Hole adalah sebuah gua kering yang besar dan stalaktit dan stalagmit perlahan-lahan terbentuk. Ketika zaman es terakhir berakhir ribuan tahun yang lalu, permukaan air laut naik untuk menutupi gua. Ketika menyelam di Blue Hole, Anda berenang di bawah apa yang tersisa dari langit-langit tua untuk melihat sisa stalaktit dan stalagmit.

Daerah yang lebih dalam di dalam Blue Hole tidak mempunyai kehidupan melimpah karena dindingnya yang membatasi, sehingga mengakibatkan kurangnya sirkulasi air dan cahaya.

Penduduk setempat merasa ini harus menjadi salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia. Dan sekarang dilindungi oleh Belize Audubon Society dan merupakan Monumen Nasional Belize. Itu menjadi situs Warisan Dunia pada tahun 1997.

Sebuah gempa bumi besar akan menyebabkan langit-langit gua runtuh membentuk lubang pembuangan, dan pergolakan memiliki efek miring Lighthouse Reef ke sudut sekitar 12 derajat. Sepanjang dinding gua ini adalah mantan overhang dan tepian, perumahan Pleistocene stalaktit, stalagmit, dan kolom.

Bukti untuk hal ini adalah rak dan tepian diukir di batu kapur oleh laut, yang menjalankan interior lengkap keliling Blue Hole di berbagai kedalaman. Yang pertama dari tepian ini ditemukan antara 150 dan 165 meter (45-50 meter) dan paling dikunjungi di sisi selatan.

Yang lebih dalam menyelam ke dalam Blue Hole, yang jelas air dan pemandangan lebih menakjubkan, sebagai array aneh stalaktit dan formasi batu gamping yang membentuk tembok menjadi lebih kompleks dan intens. Di sisi barat pada kedalaman 230 kaki (70 meter), ada pintu masuk melalui terowongan yang sempit ke dalam gua besar. Kegelapan total, stalaktit, stalagmit, dan kolom ada di dunia yang tidak terganggu.

Lantai ditutupi dengan endapan lumpur yang sangat halus gelombang ke awan-awan besar dengan sedikit gerakan dari penyelam yang sedang lewat. Di sudut terjauh, lorong sempit yang lain mengarah ke atas ke dalam sebuah gua dan yang lain ,emharah ke gua 2 dan 3, di mana terdapat sisa-sisa kerangka kura-kura yang tidak pernah menemukan cara keluar dari sana..

Sebagian dari terowongan diperkirakan dapat dihubungkan langsung ke daratan, meskipun tidak pernah secara meyakinkan terbukti. Daratan juga memiliki banyak lubang berisi air yang terhubung ke gua-gua dan terowongan. 2-kaki panjang mengungkapkan core sedimen laminasi yang beredar selama studi oleh Robert F. Dill dan penyelam dari Yayasan Cambria pada tahun 1997. Tidak ada oksigen di dekat bagian bawah, dan hidrogen sulfida mencegah penghuni bawah laut menggali dan mengganggu sedimen.

Analisis pendahuluan core pendek berfluktuasi menunjukkan serbuk sari, spora, merkuri, dan tingkat arsen berkisar antara 15 dan 21 ppm (bagian per juta). Peristiwa-peristiwa lain dicatat dalam core pendek termasuk angin ribut atau badai besar lapisan. Badai lapisan berwarna terang dan indah.

Air tidak beredar secara bebas di Blue Hole, sehingga hanya ada sedikit kehidupan laut di bawah kedalaman dangkal. Di perairan yang lebih dalam Blue Hole, seseorang mungkin melihat penampakan dari hiu langka. Gua besar penuh dengan stalaktit dan stalagmit di tingkat kaki 150 – beberapa mulai dari yang luar biasa 30-40 kaki (9-12 meter) to10 panjang dan 5 kaki (1,5-3 meter) dalam diameter. Suhu pada kedalaman 130 kaki (40 meter) adalah sekitar 76 derajat F (24 C) sepanjang tahun. Lighthouse Reef, sebuah atol sekitar 25 mil panjang dan 10 lebar 12 mil, memiliki khas laguna yang tertutup. Kedalaman laguna ini bervariasi 5-25 kaki (1,5-7,5 meter).