flek-hitam-di-wajah

Cara Merawat Dan Menghilangkan Flak Hitam Di Wajah

Flek Hitam merupakan gangguan kulit sebagai salah satu tanda-tanda penuaan, proses penuan kulit merupakan peristiwa alamiah yang akan dialami oleh setiap orang yang bertambah usianya. Namun , proses tersebut tidak akan sama pada setiap orangnya karena ada yang lebih lambat (awet muda) dan ada pula yang lebih cepat (penuaan dini). Flek hitam atau noda biasanya berwarna coklat kehitaman adalah hasil timbunan dari lipofuscin. Flek hitam yang terdapat pada orang yang masih muda itu berarti menunjukan kulit mengalami penuan dini.

flek-hitam-di-wajah

flek-hitam-di-wajah

Penyebabnya bisa disebabkan karena sinar ultraviolet matahari yang menembus lapisan epidermis kulit. juga bisa disebabkan karena zat kimia dan kosmetik, obat-obatan tertentu seperti pil KB, pengaruh hormon, kondisi lingkungan, seperti asap kendaran, terkena debu, dan pencemaran lainnya yang merupakan radikal bebas penyebab kerusakan pada kulit.

Berikut ini beberapa cara perawatan untuk mencegah timbulnya flak hitam, yaitu

  • Hindarilah paparan sinar matahari secara langsung.
  • Banyak mengkomsumsi air putih.
  • Mengkomsumsi sayuran dan buah-buahan segar yang banyak mengandung vitamin c dan vitamin E
  • Hindari merokok.

Bahan alami yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan flak hitam adalah :

Buah mentimun atau bengkuang

Bengkuang sejak dulu dikenal mampu menghilangkan flek. Caranya adalah dengan menghaluskan mentimun atau bengkuang (bisa dengan blender) lalu oleskan pada wajah secara merata.

Perasan Jeruk Nipis

Perasan jeruk nipis akan mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan secara bertahap bisa menghilangkan flek hitam dan noda bekas jerawat. Oleskan perasan jeruk nipis (atau anda bisa langsung mengoleskan potongan jeruk nipis), lalu diamkan hingga kering. Bilas dengan air suam agar pori-pori terbuka. Setelah itu, bilas kembali dengan air dingin agar pori-porinya merapat.

Biji Asam

Menggunakan biji asam dengan cara menghancurkan biji asam hingga cukup halus kemudian dicampur minyak zaitun secukupnya lalu gunakan sebagai masker.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan flak hitam di wajah yang diakibat proses bertambanya usia, semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk anda.