turkish-angora-2

Definisi Kucing Anggora. Apa dan bagaimana sih definisi dari kucing anggora itu, kita cari tahu yuk . Karena sekarang peminat kucing jenis anggora ini sudah semakin banyak, jadi admin akan coba bahas neh, semoga bermanfaat.

Definisi Kucing Anggora 1 – Pengertian Umum Kucing Anggora

Kucing anggora adalah Kucing dari ras berbulu panjang Tertua. Mempunyai nama asli Turkish Angora, dan juga sering disebut Ankara Cats. Mempunyai badan langsing, panjang, lentur dan luwes, serta kepala berbentuk lancip atau segitiga.

Image credit: Turkish Angora by Roseline shin, at http://www.freeimages.com/photo/534157

Kucing Anggora / Turkish Angora
Image credit: Turkish Angora by Roseline shin, at www.freeimages.com/photo/534157

Definisi Kucing Anggora 2 – Dilihat Dari Sejarah dan Asal Usul kucing Anggora

Kucing Anggora adalah sebutan lain dari kucing yang mempunyai nama asli Turkish Angora. Seperti namanya, kucing ini disebut-sebut asli dari turki, dan merupakan ras tertua dari jenis kucing berbulu panjang. Ras asli anggora adalah berwarna putih dengan warna mata yang unik yaitu biru atau kuning, atau sebelah kuning sebelah biru.

Asal-usul kucing Angora tetap menjadi sebuah misteri, sehingga menimbulkan banyak teori yang menyertainya. Meskipun begitu, salah satu teori terkuat tentang asal usul kucing ini hingga saat ini adalah teori yang berkaitan dengan asal nama dari kucing ini yaitu “Angora”.

Kucing berambut panjang yang mempunyai sifat ingin tahu, cerdas dan aktif ini telah terlihat di daerah Timur Tengah sejak berabad-abad lampau. Kucing anggora dikenal juga sebagai “Ankara Cats”.  Pemberian nama Turkish Angora diambil dari nama Ibukota negara Turki terdahulu yaitu “Angora”, yang mana berubah menjadi “Ankara” pada tahun 1930s.

Kucing Anggora – Dilihat dari Sejarah Penyebaran ras Anggora

Turkish Angora adalah binatang yang sangat dihormati di negara Turki, dan selama berabad-abad lamanya, kucing telah menjadi souvenir yang sangat menarik bagi penjajah atau pengunjung yang datang ke Turki, sehingga binatang ini menjadi sangat populer di abad ke 16.

Banyak berita atau rumor yang simpang siur mengenai bagaimana ras kucing anggora ini menyebar hingga ke Eropa di abad ke 17, seperti

  • Dibawa ke Eropa oleh penjajah dan para pengunjung yang datang ke turki
  • Dibawa oleh para pedagang Eropa yang berbisnis dikawasan Timur Tengah, dan sejak saat itu kucing anggora mulai banyak yang dibawa ke eropa
  • Saat seorang berkebangsaan italia bernama Pietro Delle membawa seekor Kucing Anggora ke dalam istana raja Italia, dan menurut rumor sejak saat itu ras anggora semakin dikenal, hingga mencapai puncaknya ketika Raja Perancis,  Louis XV memelihara beberapa ekor kucing turkish Angora di Istananya, Versailles.

Saat sedang berada ditingkat kepopulerannya, kucing Turkish Angora adalah sesuatu yang sangat berharga. Diceritakan, ada seorang pemilik Angora yang menolak tawaran sebesar $ 5.000 untuk Angora tercintanya di acara Cat Show di London, pada 1890.

Di tahun 1900’an atau disekitar abad 19, popularitas ras Turkish angora di Eropa melorot tajam, dilupakan, bahkan hampir saja lenyap seiring masuknya jenis kucing berbulu panjang lainnya dari negara iran, yang dikenal dengan nama ras Persia. Alasan lenyapnya ras murni dari turkish angora adalah bahwa Turkish Angora digunakan untuk persilangan dengan kucing Persia untuk mendapatkan jenis ras persia baru yang lebih baik.

Pada tahun 1917, pada zaman memudarnya Kekaisaran Ottoman, Turki melakukan proyek untuk melestarikan apa yang dianggap sebagai harta nasional: “Turkish Angora berbulu putih murni”. Kebun binatang Ankara / Ankara Zoo melakukan tugas yang sangat hati-hati dalam membiakan ras asli turkish angora ini, dan berkat Mereka, ras Turkish Angora ini berhasil bertahan.

Setelah perang dunia II berlalu, untunglah angin segar kembali muncul seiring kedatangan para peternak kucing dari Eropa dan Amerika, yang datang ke kebun binatang Ankara Turki dan membawa kembali turkish angora untuk diternakan di Eropa, sehingga kepunahan ras Turkish Angora di Eropa tidak terjadi.

Pada tahun 1970, kucing Kucing Anggora pertama kali dimunculkan di ajang American CFA. Tahun 1973, jenis kucing Turkish Anggora baru mendapat pengakuan dari CFA (Cat Fanciers Association).

 Itulah info singkat mengenai “definisi dari kucing anggora” atau “Turkish Angora”, semoga bermanfaat.