Cara-Mudah-Menghilangkan-Bau-Kaki

Cara Menghilangkan Bau Kaki Dan Cara Mengatasinya

Mungkin bagi sebagian orang bau kaki adalah suatu masalah yang sangat mengganggu keseharian, dalam pergaulan rasa minder dan kurangnya kepercayaan diri akan dirasakan jika masalah yang satu ini tidak segera diatasi. Namun sebenarnya menghilangkan bau kaki ternyata cukup mudah dan sederhana , asalkan anda melakukannya dengan rutin dan penuh ketelatenan dalam melakukan perawatan.

Penyebab yang paling berpengaruh besar terhadap masalah bau kaki adalah faktor kebersihan dan juga keringat. Keringat tidak memiliki bau tertentu karena merupakan campuran air dan garam. Bau pada kaki ataupun pada badan disebabkan oleh bakteri pada kulit yang memakan keringat dan membuang kotoran yang memiliki hawa atau bau yang kuat (proses metabolisme mikroba tersebut).

Cara-Mudah-Menghilangkan-Bau-Kaki

Cara-Mudah-Menghilangkan-Bau-Kaki

Jika keringat pada kaki menjadi lebih berbau daripada keringat di tubuh, bisa jadi hal ini disebabkan oleh kaus kaki dan sepatu kita. Sebab keringat yang dibuang oleh kaki tidak mudah menguap seperti keringat di telapak tangan, dan malah mengumpul di kulit dan kaus kaki. Bakteri menyukai tempat gelap, lembab, dan banyak “makanan”. Ketika Anda membuka sepatu, bau yang menampar Anda itu adalah produk buangan bakteri yang terkumpul di kaki, kaus kaki, dan sepatu Anda.

Jika Anda memiliki masalah bau kaki, inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bau kaki yang mengganggu.

Bersihkan Kuku Kaki dan Jari Kaki

Kaki yang kotor saat memakai sepatu dapat membuat sepatu terkontaminasi bakteri dan berkembang di sana. Pastikan kaki Anda bersih saat memakai sepatu. Selain itu, rawat kuku kaki dengan rajin mengguntingnya setiap minggu. Bersihkan bagian sela-sela kuku kaki, bersihkan juga sela-sela jari kaki karena bakteri dan kuman paling senang bersarang di sana.

Pakai Sepatu Yang Nyaman

Jika Anda sadar memiliki masalah bau kaki, Anda harus memakai sepatu yang nyaman dan tidak membuat telapak kaki berkeringat. Keringat yang bercampur dengan bakteri di sepatu dapat memperparah bau kaki. Pastikan Anda memakai sepatu nyaman yang membuat sirkulasi udara pada sepatu mengalir, sehingga kaki terasa lebih segar dan tidak berkeringat.

Pakai Kaus Kaki Katun

Jika sepatu yang nyaman saja tidak cukup mengatasi telapak kaki berkeringat, Anda bisa memakai kaus kaki yang dapat menyerap keringat. Pilih bahan katun yang memberi rasa sejuk dan dapat menyerap keringat lebih baik. Pastikan Anda mengganti kaus kaki setiap hari, apalagi jika kaus kaki tersebut lembab setelah dipakai.

Jangan Pakai Sepatu Basah

Saat musim hujan, miliki sepatu cadangan. Memakai sepatu yang basah dapat memperparah masalah bau kaki, karena sepatu yang lembab di bagian dalam membuat bakteri berkembang lebih cepat. Pastikan bagian dalam sepatu benar-benar kering saat Anda pakai. Penting untuk memiliki sepatu yang berbeda agar Anda tidak memakai sepatu yang yang sama setiap hari.

Beri Bedak Deodorant

Bila bau kaki masih mengganggu, sudah saatnya Anda memakai produk yang diciptakan khusus untuk mengatasi masalah bau kaki. Anda bisa mencoba produk berupa bedak tabur atau spray yang akan menghentikan pertumbuhan bakteri dan memberi aroma segar pada kaki.

Rawatlah kaki anda secara teratur dengan menggunting kuku serta membersihkan kuku dari kotoran sehingga anda bisa terhindar dari masalah bau kaki, Nah itulah beberapa cara menghilangkan bau pada kaki, semoga info di atas bisa bermanfaat untuk anda.