Cara Mengatasi Varises Pada Kaki

Cara Mengatasi Varises Pada Kaki

Wanita biasanya sering sekali menggunakan sepatu hak tinggi untuk menunjang penampilannya sehari-hari ketika akan bepergian, pergi ke kantor atau menghadiri suatu pesta, seiring berjalannya waktu mungkin anda tidak akan menyadari dampak dari penggunaan sepatu hak tinggi setiap hari ternyata akan berimbas pada gurat halus pembuluh darah yang berbentuk seperti jaring laba-laba pada kaki atau yang disebut juga dengan varises.

Cara Mengatasi Varises Pada Kaki

Cara Mengatasi Varises Pada Kaki

Varises awalnya akan muncul pada area belakang lutut yang lama kelamaan bisa menyebar pada area kaki, kecuali daerah paha. Varises sendiri merupakan suatu pembuluh darah kapiler yang melebar dan disertai dengan gangguan fungsi katup yang terdapat pada pembuluh darah tersebut.

Biasanya orang yang mengalami gangguan varises tidak hanya mengalami pelebaran pembuluh darah saja akan tetapi akan mengalami juga gangguan elastisitas dinding pembuluh darah yang akan menyebabkan fungsi katup pembulu darah balik atau pembulu darah pena. Terganggunya fungsi katup pembulu darah ini lah yang akan menyebabkan timbulnya guratan dikulit kaki.

Biasanya penyebab munculnya varises adalah akibat keturunan, kebiasaan berdiri terlalu lama ataupun memakai hak tinggi, pengaruh tingginya kadar estrogen, dan juga karena obesitas yang dapat memicu terjadinya varises.

Berikut ini dalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi Varises pada kaki, yaitu:

  • Bila varises pada kaki anda masih berbentuk kecil-kecil dan berwarna merah keunguan bisa anda atasi dengan menggunakan stocking khusus, yang dapat berfungsi untuk mematikan pembulu darah atau menyumbat pembulu darah yang mengalami varises.
  • Jika varises pada kaki anda sudah membengkak dan berkelok-kelok sebaiknya anda menjalani suntuk artero sclerotic agent, yang bertujuan untuk membekukan aliran darah diarea varises, mematikan pembulu darah, serta mengecilkan pembulu darah .
  • Jika varises pada kaki sudah terlau parah sebaiknya anda melakukan pembedahan karena varises yang sudah parah akan terlihat seperti urat-urat yang berwarna hijau berbentuk seperti ular yang berkelok-kelok dan membengkak. Dengan cara dibedah maka pembulu darah akan dibuang atau ditarik dengan cara operasi oleh dikter bedah vaskuler.

Untuk mencegah terjadinya varises sebaiknya anda rutin melakukan olah raga dan jangan terlalu sering berdiri dan menggunakan sepatu hak tinggi yang dapat memicu terjadinya varises. Nah itulah informasi mengenai cara mengatsi varises pada kaki semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat untuk anda semua.