cara-merawat-rambut-kering

Cara Mengatasi Rambut Kering

Mempunyai rambut kering merupakan suatu masalah bagi setiap orang , selain akan terlihat tidak bagus karena pecah-pecah, bercabang, kusan dan juga kusut, dan sangat sulit untuk di tata atau dirapihkan. Terkadang rambut begitu mengembang, dan sangat sulit diatur sehingga mengurangi rasa percaya diri apabila bertemu dengan orang-orang.

cara-merawat-rambut-kering

cara-merawat-rambut-kering

Selain faktor internal bisanya penyebab rambut kering adalah karena faktor keturunan atau ginetik dan juga stres,  karena stres mempengaruhi faktor hormon yang ada di dalam tubuh sehingga mengakibatkan kinerja tubuh menjadi tidak seimbang, termasuk bagian rambut. Selain itu kurangnya gizi seperti Vitamin A, C  dan E, mineral zinc, selenium, dan lipolytic acid, serta antioksidan yang terdapat dalam sayuran dan buah-buahan membuat rambut menjadi kering.

Cara mengatasi rambut kering agar kembali normal diantaranya:

  • Memilih sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut, sebaiknya setelah keramas menggunakan kondisioner pada bagian ujung rambut yang kering dan pecah-pecah.  Sebaiknya menggunakan kondisioner tanpa bilas atau serum setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Menggunakan masker rambut yang sesuai dengan jenis rambut minimal satu minggu sekali.
  • Hindarilah bahan pelurus , pewarna dan pengeriting rambut yang mengandung alkohol dan berbahan kimia karena dapat menyebabkan rambut anda menjadi kering dan juga menjadi rusak.
  • Hindari pemakaian Hair Dryer yang berlebihan. Hair Dryer dapat dengan mudah menjadikan rambut anda kering, bercabang dan rapuh. Jika anda memang harus memakainnya, jangan lupa untuk memakai serum rambut terlebih dahulu.
  • Usahakan meluangkan waktu untuk menggunting ujung rambut setidaknya dua bulan sekali. Gunakan gunting agar tidak merusak tatanan rambut. Tidak perlu mengubah gaya rambut anda karena yang terpenting hanya menggunting ujungnya.
  • Bilas dengan air dingin. Jika kamu sangat menyukai membilas rambut dengan air hangat, maka hentikan kebiasaan itu sekarang. Air hangat tidak dapat menjaga kelembaban pada rambutmu, maka gunakan air dingin untuk menjaga kelembaban rambut yang dibutuhkan.
  • Jangan keramas setiap hari. Orang yang rambutnya cenderung berminyak mungkin disarankan untuk mencuci rambut setiap hari. Tetapi bila rambutmu kering, sebaiknya jangan lakukan hal ini. Mencuci rambut setiap hari akan menguras minyak alami yang ada dalam rambut dan akibatnya, rambut jadi kusam, kering, dan kusut. Keramas setiap dua hari sekali sudah cukup.

Tips untuk mengetahui apakah rambut anda sehat atau tidak caranya adalah letakkan helai rambut anda pada segelas air bening. Jika rambut anda tenggelam, berarti rambut Anda tergolong sehat. Tapi, jika helai rambut anda mengapung, itu artinya rambut anda kering dan tidak sehat.