Rambut-Hitam-Alami

Cara Membuat Rambut Hitam dan Indah Berkilau

Semua wanita pastinya ingin mempunyai rambut hitam dan indah berkilau. Sebagai mahkota wanita, rambut yang lebat, hitam, berkilau, lembut dan sehat adalah impian. Karena rambut adalah mahkota dan merupakan salah satu aset berharga bagi wanita untuk menunjang kecantikannya dalam berpenampilan.

Rambut-Hitam-Alami

Rambut-Hitam-Alami

Dengan rutinitas yang padat mungkin sebagian orang kurang memperhatikan rambutnya, oleh sebab itu rambut akan menjadi rusak, Salah satu efek kerusakannya adalah berkurangnya pigmen pada rambut sehingga rambut yang tadinya berwarna hitam menjadi berubah kusam. Warna kusam pada rambut bisa berwarna agak kekuning-kuningan atau terlihat kering dan pucat.

Rambut yang kekurangan vitamin, seperti vitamin C dan vitamin E juga berpotensi mengalami kerusakan pada pigmen rambut yang membuat rambut menjadi berwarna kusam dan terlihat pucat. Namun, tidak harus sering pergi ke salon untuk mendapatkan rambut indah tetapi bisa melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kerusakan pigmen pada rambut dan membuat warna rambut hitam dan sehat kembali :

Menggunakan Lidah Buaya

Tanaman ini memang sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut yang salah satunya adalah menghitamkan rambut. Cara menggunakannya adalah dengan mengambil cairan kental berbentuk gel yang ada dalam tumbuhan tersebut kemudian oleskan ke atas rambut yang dibasahi sambil memijat-mijatnya selama kurang lebih 15 menit lalu bilas sampai bersih.

Hindari Keramas Dengan Air Hangat

Sebisa mungkin hindari mencuci rambut dengan air hangat yang cenderung panas. Mencuci rambut dengan air hangat atau panas dapat membuat rambut kering karena kehilangan minyak alami yang berfungsi sebagai pelindung rambut.

Menggunakan Kemiri

Kemiri selain dijadikan untuk bumbu dapur juga ternyata berkhasiat untuk menghitamkan rambut. Cara menggunakannya adalah dengan menumbuk kasar kemiri kemudian menggorengnya di wajan (tanpa menggunakan minyak) hingga minyak-minyak kemiri tersebut keluar. Oleskan minyak kemiri tersebut di kulit kepala, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Lalu bilas rambut sampai bersih.

Daun Teh

Rebusan daun teh akan membuat rambut Anda yang mulai beruban kembali hitam alami. Lakukan 3 kali seminggu dan ucapkan selamat tinggal pada uban.

Menggunakan Biji Pepaya

Alangkah banyaknya manfaat pepaya untuk kesehatan. Ternyata, selain bisa dikonsumsi daging buahnya, biji pepaya itu sendiri juga sangat berguna bagi rambut, khususnya untuk menghitamkan rambut. Cara menggunakannya adalah dengan mensangrai biji papaya, kemudian menghaluskannya. Tambahkan air dan setelah itu oleskan ke kulit kepala.

Minyak Zaitun dan Madu

Campuran madu dan minyak zaitun masing-masing 1 sendok makan. Gunakan pada rambut yang sudah dibilas. Diamkan selama 10 menit kemudian cuci dengan shampoo hingga bersih. Lakukan perawatan ini seminggu 2 kali untuk mendapatkan rambut hitam alami.