insomnia

Cara Mengatasi Insomnia Di Malam Hari

Sebagian Orang mungkin mengalami penyakit susah tidur dimalam hari atau sering disebut juga dengan insomnia bisa mengakibatkan kesehatan menurun dan tentunya terganggunya aktivitas sehari-hari yang akan dilakukan di pagi hari.

Insomnia adalah suatu gangguan tidur yang dialami oleh penderita dengan gejala insomnia atau susah tidur selalu merasa letih dan lelah sepanjang hari dan secara terus menerus (lebih dari sepuluh hari) mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari atau selalu terbangun di tengah malam dan tidak dapat kembali tidur hingga pagi. Seringkali penderita terbangun lebih cepat dari yang diinginkannya dan tidak dapat kembali tidur. Cukup banyak orang yang mengalami satu dari ketiga jenis gangguan tidur ini dan menjadi masalah dan menggangu kegiatan sehari-hari.

insomnia

insomnia

Cara mangatasi susah tidur atau insomnia:

  • Mengurangi konsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda tetap terjaga seperti teh,kopi,alkohol dan rokok.
  • Mengkonsumsi makanan yang memiliki tingkat kandungan karbohidrat yang lebih tinggi atau segelas susu hangat.
  • Menjaga kebersihan kamar dan tempat tidur. Kebersihan juga sangat berpengaruh pada insomnia
  • Menangkan pikiran dan jiwa dengan suasana nyaman dan hening, supaya otak anda menjadi rileks
  • Perhatikan cahaya diruangan tidur Anda. Cahaya yang terlalu terang dipercaya bisa membuat mata tetap terjaga. Sebaiknya, dengan menggunakan lampu tidur dengan tingkat cahaya yang lebih redup, akan memacu anda untuk segera tidur.
  • Dengarkan musik yang dapat menenangkan fikiran. Relaksasi ini akan membuat tubuh anda lebih tenang dan rileks. Anda bisa menyetel volume musik senyaman mungkin. Anda bisa mencoba mendengar musik instrumen.
  • Makan kacang-kacangan. Dalam kacang, terdapat zat triptofan. Jika zat ini mengalir dalam aliran darah ditubuh, akan menghasilkan hormon melatonin yang bisa membuat merasa kantuk.
  • Minum Minuman herbal yang sehat untuk tubuh.

Nah itulah beberapa cara mangatasi susah tidur atau Insomnia, semoga info di atas bisa membantu anda yang mengalami masalah Imsomnia.