Hujan Meteor Geminid

hotel

Hujan Meteor Geminid adalah suatu peristiwa yang paling ditunggu untuk para pengamat meteor karena diperkirakan akan menjadi peristiwa yang paling menarik dalam aktifitas hujan meteor tahunan dan bahkan akan melebihi hujan meteor Perseids pada bulan agustus.
Hujan Meteor Geminid di perkirakan terjadi pada malam hari pada tanggal 13 Desember hingga pagi 14 Desember 2011. Namun cahaya bulan yang terang yang menerangi langit pada sebagian besar malam tersebut, ternyata akan mendatangkan malapetaka untuk para pengamat meteor karena, cahaya bulan yang terang tersebut ternyata akan menyulitkan pengamatan dalam melihat hujan meteor tersebut.
Hujan meteor Geminid tahun ini sudah dimulai, meskipun sejauh ini fenomena alam tersebut sudah terjadi dan tersebar di seluruh  bulan,  menurut  sejarahnya  meteor  ini   akan   terlihat

Meteor Geminid 
Melintasi Monumen Valey di Utah, tahun 2007 – Photograph by Wally Pacholka

hotelHujan Meteor Geminid
Melintasi bumi pada bulan desember , ini merupakan venomena hujan meteor tahunan. Venomena ini biasanya terjadi pada tanggal 13 – 14 desember.

lambat dan terang, agak samar, dengan relatif sedikit agak kecerahan dan banyak juga Meteor Geminids ini muncul dengan rona kekuningan.
Bagi mereka yang kecewa dengan kondisi buruk untuk hujan meteor Geminid tahun ini, perlu dicatat bahwa setiap sesekali bola api Geminid yang mempesona akan terpancar keluar, cukup terang sehingga menjadi sangat spektakuler dan mampu menarik perhatian bahkan didalam cahaya bulan yang terang sekalipun. Dalam ketiadaan cahaya bulan, seorang pengamat bisa melihat ke atas langit dan dapat melihat 120 meteor per jam pada malam puncak hujan meteor Geminid, namun sayangnya pada tahun 2011 ini tidak seperti yang diharapkan.

Sumber berita : msnbc.msn.com
Kembali ke HOMEPAGE
Baca Berita Lainnya di Sekilas Peristiwa