Danau-Labuan-Cermin

Berwisata Bahari Ke Danau Labuan Cermin

Jika anda sedang berlibur ke Kalimantan Timur tiak ada salahnya untuk berlibur ke salah satu tempat wisata yang sangat indah dan bagus, yaitu Danau Labuan Cermin merupakan salah satu obyek wisata mempesona yang terletak di Desa Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Propinsi Kalimantan Timur.

Danau-Labuan-Cermin

Danau-Labuan-Cermin

Perjalanan ke Danau Labuan Cermin membutuhkan waktu 8 jam dari Tanjung Redeb, karena perjalanan yang harus ditempuh sekitar 250 kilometer dari Tanjung Redeb cukup jauh namun apabila sudah sampai anda akan langsung terobati dengan danau yang memiliki kejernihan  dan tidak hanya itu danau dikelilingi oleh hutan Mangrove yang sangat asri.

Ketika anda melihat Danau anda akan melihat Warna air di danau yang indah dari warna biru tua, biru muda, putih dan hijau di area luar danau. Sesuai dengan namanya, airnya yang jernih pun berkilat seperti cermin. Dasar danau pun bisa kita lihat dengan jelas dari atas permukaan air padahal kedalaman danau ini lebih dari 3 m. Dasar air terlihat begitu jelas, termasuk biota air di dalamnya seperti karang dan ikan beragam jenis. Tak ketinggalan, penyu hijau juga sesekali singgah di perairan ini.

Disini kita bisa berenang, menyelam maupun snorkeling di tempat ini. Namun disini belum tersedia alat untuk menyelam jadi anda perlu membawa perlengkapan sendiri jika ingin menyelam di danau, Danau Labuan Cermin ini merupakan danau campuran antara danau air tawar dan air asin. Permukaan danau ini akan terasa asin, sementara di dasar danau airnya akan terasa tawar. Saat kita menyelam agak ke dalam, maka batas antara air asin dan air tawarnya akan terlihat jelas. Hal tersebut pula yang menyebabkan biota di dalam danau ini sangat beragam.

Jika anda dan keluarga bingung untuk menuju tempat ini anda cukup menuju desa Desa Biduk-Biduk lalu anda bisa menggunakan mobil sewaan dengan biaya sewa sekitar Rp. 500.000 yang memakan waktu perjalanan sekitar 6 jam. Sesampainya di Desa Biduk-Biduk perjalanan dilanjutkan menyusuri jalur trekking ke dalam hutan yang menyajikan bermacam pepohonan dan binatang di dalamnya. Jalur trekking tersebut dapat kita tempuh sekitar 30-45 menit, barulah kita bisa sampai di tepian danau. Disana akan ada perahu yang siap mengantar kita untuk menyusuri keindahan Danau Labuan Cermin.