Kota Wisata Bandung Dengan Segala Keindahannya


Kota Wisata Bandung disebut juga Paris Van Java terkenal sebagai kota yang memiliki keindahan alam dan tempat wisata yang luar biasa, karenanya banyak wisatawan yang berkunjung ke Bandung untuk menikmati keindahan alamnya dan tempat wisatanya. Seperti kita telah ketahui sebelumnya, kota wisata bandung terkenal juga dengan kota belanja, dengan banyak tersebarnya mall-mall dan factory autlet di kota ini. Hingga sampai saat ini kota bandung merupakan salah satu kota tujuan utama pariwisata dan pendidikan.
Berikut ini beberapa tempat wisata yang ada di sekitar wilayah kota Bandung yang dapat Anda dikunjungi :

Wisata Bandung – Gunung Tangkuban Perahu

wisata gunung tangkuban perahu - bandung timur

wisata gunung tangkuban perahu

Tangkuban Perahu, tempat wisata bandung yang satu ini adalah tempat tujuan wisata alam yang ada di Bandung Utara, dan merupakan favorit para wisatawan. Gunung Tangkuban Parahu salah satu gunung berapi yang berada di Jawa Barat, tepatnya di Lembang, kurang lebih 30 km sebelah utara kota Bandung dengan ketinggian 2084 Meter dari atas permukaan laut.
Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di pulau jawa. Beberapa kali gunung yang merupakan salah satu andalan kota wisata bandung ini tercatat pernah meletus, mengeluarkan isi perutnya sehingga menghasilkan sembilan kawah besar dan tersebar di berbagai tempat di puncak gunung tersebut. Kawah Ratu merupakan kawah terbesar di lokasi ini, dikuti dengan Kawah Upas yang terletak bersebelahan dengan kawah ratu dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih 25 menit menempuh jarak sekitar +/- 1500 meter dari pos pengamat, mengitari tepi Kawah Ratu, berlawanan arah jarum jam.
Kawah Upas memiliki dasar kawah yang dangkal dan datar, dengan pepohonan liar tampak banyak tumbuh di salah satu sisi dasar kawah. Mungkin dikarenakan dangkal dan tidak terlalu luas, disamping juga harus ditempuh dengan jalan kaki terlebih dahulu, (berbeda dengan Kawah Ratu dimana mobil pribadi bisa parkir tepat di bibir kawah), Kawah upas jarang dikunjungi wisatawan. Pemandangan yang disajikan pada Kawah Upas ini cenderung “biasa-biasa” saja, namun dimungkinkan untuk menikmati pemandangan Kawah Ratu dari sisi yang berbeda, mengingat bibir Kawah Ratu dan Kawah Upas menyatu dalam bentuk satu jalur pendakian, dengan Kawah Ratu pada sisi kiri dan Kawah Upas pada sisi kanan.
Disebagian bibir Kawah Ratu, banyak sekali pedagang dan kios-kios yang siap menjual makanan atau minuman serta cinderamata khas kota wisata bandung. Berbagai cinderamata mulai dari baju, selendang, topi, gelang/cincin, batu alam, tanaman bonsai, alat musik (angklung) hingga senjata tajam khas daerah Jawa Barat turut dijual di lokasi ini. Kedai makanan dan minuman juga tampak berderet siap melayani pembeli. Belum lagi penjual buah-buahan strawbery dan murbei yang hilir mudik menawarkan dagangannya kesetiap pengunjung yang mereka jumpai. Kerajinan tangan berupa tas dan topi dari bulu kelinci tampak sangat diminati dikarenakan kelembutan bulu-nya saat disentuh. Bagi pengunjung yang lelah, terutama anak kecil, tersedia pula kuda yang siap mengantar dan melayani pengunjung yang ingin menikmati keindahan Tangkuban Perahu dengan mengendari kuda.

Wisata Bandung – Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung

Pada review wisata bandung yang kedua ini kita akan membicarakan salah satu Museum pendidikan yang ada di kota bandung, dan nama Museumnya adalah Museum Geologi Bandung, didirikan pada tanggal 16 Mei 1928. Museum ini telah direnovasi dengan dana bantuan dari JICA (Japan International Cooperation Agency). Setelah mengalami renovasi, Museum Geologi dibuka kembali dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Megawati Soekarnoputri pada tanggal 23 Agustus 2000. Sebagai salah satu monumen bersejarah di kota wisata bandung ini maka museum ini berada di bawah perlindungan pemerintah dan merupakan peninggalan nasional. Dalam Museum ini, tersimpan dan dikelola materi-materi geologi yang berlimpah, seperti fosil, batuan, mineral. Kesemuanya itu dikumpulkan selama kerja lapangan di Indonesia sejak 1850.


Wisata bandung – Pusat Sepatu dan Tas Cibaduyut

sentra sepatu cibaduyut

sentra sepatu cibaduyut

Seperti namanya, wisata bandung pada review ini akan berbicara tentang sebuah barang yang merupakan salah satu ciri kota bandung dari bertahun tahun lalu, so mari kita simak. Di sebuah Jalan yang bernama Jalan CiBaduyut yang ada di salah satu sudut kota bandung, kita bisa melihat toko-toko yang berjejer memajang dagangan yang didominasi oleh tas dan sepatu. Kalau kita masuk ke dalamnya, kita dapat menemukan lebih banyak lagi sepatu dan tas yang tebuat dari kulit. Ada pakaian termasuk jaket kulit, tas kulit, tas gendong, dompet, ikat pinggang, boneka, sandal, dan lain-lain. Harganya pun bervariasi, mulai dari beberapa puluh ribu saja sampai dengan ratusan ribu rupiah. Meski sekarang pengunjungnya agak berkurang namun daerah ini tetap berusaha bertahan dengan segala ke khasanya, bertahan dari gempuran sepatu impor yang jauh lebih murah dan berlimpah. Saya tahu hal ini karena saya sudah sejak sekolah dasar saya lewat daerah Cibaduyut ini, dan saya tahu keadaanya dari dulu hingga sekarang. Cukup banyak pengerajin sepatu ini yang tutup dan tidak melanjutkan usahanya dan memilih beralih ke usaha lain, contohnya tidak jauh dari rumah saya dulu banyak sekali pengerajin sepatu, namun sekarang mereka telah hilang entah kemana, yaah semoga saja hal ini tidak terus berlangsung dan sentra sepatu cibaduyut bisa menggeliat hangat lagi seperti dulu.

Wisata Bandung – Factory Outlet

daerah cihampelas

wisata bandung-cihampelas

FO atau yang biasa dikenal dengan nama Factory Outlet belakangan ini ibarat seperti wabah yang menjamur di kota wisata bandung, saya ingat sekali 4 atau 5 tahun lalu FO yang ada di kota bandung tidak sebanyak yang sekarang, tapi lihatlah sekarang, hampir di semua sudut kota wisata bandung kita bisa menemukan yang namanya Factory Outlet. Beberapa tempat yang terkenal karena banyaknya FO yang berdiri dan bisa dikatakan tempat ini adalah kawasan FO terbesar yang ada di kota bandung ini seperti kawasan CiHampelas, Dago dan daerah jalan Riau, ketiganya merupakan kawasan yang banyak sekali berdiri FO, misalnya yang terdapat di Jalan Riau antara lain Factory Outlet Formen, Lelaki Gallery, Stamp, Cascade, Heritage. Sedangkan di Jalan Dago: Blossom, Grande Fashion Gallery, Episode, Central Branded, Level, Glamour, Gossip, Runway, Jetset, dan di daerah CiHampelas seperti.. ah tidak usah disebutkan semuanya :D, anda maen saja ke Bandung di jamin anda menemukan apa yang anda cari. Letak FO ini juga saling berdekatan. Agar acara belanja Anda tidak terganggu macet, parkirkan kendaraan Anda di satu tempat, lalu mulai tour dari FO ke FO dengan jalan kaki. Capek berbelanja? di sekitar FO banyak tempat kuliner menarik yang bisa Anda coba sambil istirahat meluruskan kaki. Dan masih banyak lagi tempat menarik lainnya dyang ada di kota wisata Bandung ini seperti Lapangan Gasebu Bandung, Bandung Tempo Doeloe – Jl. Braga, Pusat Perbelanjaan Pasar Baru – Jl. Otto, Monumen Bandung Lautan Api, Kawah putih – Ciwidey, kampung Gajah – Lembang dan masih banyak yang lainnya


Sumber berita : Google.com
Kembali ke HOMEPAGE
Baca Berita Lainnya di Sekilas WISATA

Jadilah Yang Pertama Diantara Teman-Teman Kamu Yang Mengetahui Berita ini, Share Segera Di Wall Facebook atau Twitter Kamu