Bahaya Memakai Softlens

Bahaya Memakai Softlens Dan Tips Aman Pemakaiannya

Softlen atau kita kenal dengan lensa kontak dan juga kaca mata yang keduanya merupakan alat bantu penglihatan, hanya saja cara penggunaannya yang berbeda.Lensa kontak atau sering dikenal dengan softlens memang dapat memperindah mata. Dan dengan warna yang beragam, anda dengan mudah dapat mengganti warna bola mata sesuka hati ataupun sesuai dengan gaya zaman sekarang. Tahukah anda akan bahaya yang akan dialami apabila memakai lensa kontak ?

Bahaya Memakai Softlens

Bahaya Memakai Softlens

Informasi yang minim mengenai pemakaian softlens atau lrnsa kontak menyebabkan banyak terjadi kasus kelainan pada mata,mulai dari iritasi sampai kebutaan. Pemakaian softlens banyak digunakan untuk mrmbantu penglihatan menjadi nyaman, memperbaiki daya lihat pada mata, bahkan bisa juga mempertahankan kelengkungan kornea sehingga dapat menghambat pertumbuhan ukuran mata minus.

Namun apa kalian tahu Bahaya dari menggunakan softlens, yaitu:

  • Iritasi dan mata merah merupakan bahaya softlens yang paling sering terjadi. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti debu, pemakaian yang kurang benar dan terlalu lama dipakai.
  • Terlalu longgar atau terlalu ketat memakai Softlens bisa menjadi terlalu longgar atau bahkan terlalu ketat seperti sangat menempel ke mata disebut hypoxia. Hal ini dikarenakan pemilihan kadar air yang salah ketika membeli softlens.
  • Softlens koyak dalam mata bisa terjadi karena kamu memakai softlens saat tidur. Ketika tidur, softlens bisa bergerak-gerak di dalam mata dan bisa berisiko pecah di dalam mata.
  • Infeksi kornea
  • Bahaya infeksi kornea bisa terjadi jika kamu tidak merawat softlens dengan baik. Karenanya bakteri, jamur dan virus bisa tumbuh di softlens dan membuat alergi pada mata.

Berikut beberapa tips aman untuk menggunakan softlens sebelum menggunakannya :

  • Periksalah mata ke dokter spesialis dan mengikuti anjuran yang dapat menentukan pemakaian soft lens yang sesuai dengan si pengguna, apakah memakai soft lens atau Regid Gas Permeable Lens (RGP), untuk menjaga kesehatan kornea mata.
  • Selalu menjaga kebersihan softlens dan tangan saat pemakaian.
  • Jangan terlalu lama menggunakan softlens dan jangan malas untuk melepas. Karena menyebabkan kornea kekurangan oksigen sehingga daya tahan kornea menurun dan mudah terinfeksi oleh kuman pseudomonas yang menghasilkan racun yang dapat menyebabkan kornea meleleh dan merusak permukaan kornea (jaringan parut) bahkan menyebabkan kebutaan.

Comments are closed.