apa itu time lapse

Sebenarnya apa itu time lapse dalam dunia photography dan videography. Nah mungkin bagi kita yang jarang memegang kamera atau camcorder pasti akan asing dengan istilah yang satu ini. Jadi time lapse itu bisa dibilang sebuah cara untuk merekam aksi atau moment waktu yang panjang dimana nantinya akan ditampilakan hanya dalam hitungan detik. Ibarat kita seperti melihat waktu yang berjalan dengan cepat.

Contoh penggunaan time lapse yang paling umum adalah saat merekam pergerakan awan, pergerakan matahari, seperti sunset dan juga sunrise. Namun tak hanya itu, sebenarnya kita juga bisa merekam hal lainnya yang kita inginkan, seperti suasana kota yang sibuk misalnya. Seperti contoh video time lapse yang admin buat ini, dimana admin merekam moment pergerakan bulan dengan interval 1 second/detik.

Contoh Video Time Lapse


LINK CHANEL YOU TUBE| Join Channel Youtube kita ya bos

Untuk kualitas yang baik, tontonlah dengan kualitas minimal 480

Nah jika ada yang bertanya, apakah bisa kita membuat video time lapse dari video biasa tanpa menggunakan fasilitas time lapse? Jawabannya sudah pasti bisa. Namun video yang dihasilkan tidak akan semulus atau tidak akan smooth seperti saat kita merekam dengan fasilitas time lapse.

Oh iya, bagi kita-kita yang mau membuat video time lapse disarankan untuk menggunakan tripod supaya kamera tidak bergerak / berguncang saat merekam. Karena guncangan nantinya tentu akan merusak kualitas dari rekaman dari video yang sedang Anda buat. Atau kalau tidak ada tripod maka letakanlah kamera pada benda atau bisang yang solid dan kuat, seperti menyimpannya diatas batu.

Selain itu hal terpenting lainnya adalah, pastikan kamera yang Anda gunakan dalam posisi baterai full. Karena tentu Anda tidak mau perangkat tersebut mati ditengah-tengah proses perekaman sedang berlangsung bukan.