bipolar

Bipolar Disorder. Sekarang kata ini cukup banyak diperbincangkan dan banyak orang yang ingin tahu tentang apa itu Bipolar Disorder. Mencuatnya keinginan masyarakat untuk mengetahui apa itu Bipolar Disorder terjadi setelah beredarnya informasi salah seorang artis di negeri ini diduga mengidap Gangguan Bipolar.

Bipolar Disorder

Sebelum kita melanjutkan pembahasannya, perlu diketahui bahwa artikel mengenai Bipolar Disorder ini sebagian berdasarkan informasi yang didapat dari sebuah brosur online yang didapat dari sebuah organisasi yang mengurusi masalah mental NAMI – National Alliance on Mental Illness.

Apa dan Siapa Itu NAMI – National Alliance on Mental Illness

NAMI – National Alliance on Mental Illness adalah Aliansi Nasional Penyakit Mental. Sebuah oranisasi kesehatan mental akar rumput Non-Profit terbesar, yang didedikasikan untuk membangun kehidupan yang lebih baik bagi jutaan orang warga Amerika yang terkena penyakit mental.

NAMI membantu sekaligus pendukung untuk akses ke layanan, pengobatan, dukungan, penelitian dan teguh dalam komitmennya untuk meningkatkan kesadaran dan membangun komunitas untuk harapan bagi mereka semua yang membutuhkan.

APA ITU BIPOLAR DISORDER

Apa yang perlu Anda ketahui tentang penyakit medis ini? Bipolar Disorder atau Gangguan bipolar adalah penyakit psikologi atau penyakit medis yang kompleks dari otak. Jadi selama hidupnya, seseorang yang mengidap atau tinggal dengan gangguan bipolar ini, maka penyakit ini akan membuat sipenderita mengekspresikan dirinya, baik itu perubahan suasana hati, energi, dan berpikir dalam pola yang tidak teratur.

Jadi dengan kata lain, penyakit ini bisa mengakibatkan seseorang mengalami perubahan suasana hati (mood) yang sangat ekstrim, dan perubahan itu bisa berupa depresi  (kesedihan)dan mania (kebahagiaan). Istilah bipolar (2 kutub) itu sendiri mengacu pada kondisi penderita bipolar yang bisa dengan secara tiba-tiba berubah mood dari bahagia (mania) ke sedih (depresi), ataupun sebaliknya.