Cap Jempol Buat Absen Biasaaa….Kalau Absen Pakai Pembuluh Darah…???


Pembuluh darah detector

Fujitsu Systems , memperkenalkan sebuah produk yang bernama Palm Secure. Mesin tersebut dapat melakukan identifikasi pengguna dengan menggunakan telapak tangan dan tanpa sentuhan. Mesin ini diklaim lebih baik dibandingkan mesin berbasis sidik jari yang sudah banyak digunakan.
Manager Platform Produk Fujitsu Indonesia Raymond Firdausi menjelaskan, mesin ini melakukan sensor geometris pada aliran darah yang ada di telapak tangan pengguna. Salah satu penerapannya adalah mesin tersebut dapat diapakai untuk sistem Kehadiran absensi di kantor kantor.

Contoh foto hasil scan pembuluh darah pada telapak tangan, nantinya teknologi ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan atau bahkan dapat menggantikan cap jempol


 

Sulit Dipalsukan
Pada saat menggunakan absensi sidik jari masih bisa dipalsukan dengan bahan seperti karet, tetapi bila menggunakan alat ini akan sulit untuk meniru karena garis tangan orang yang berbeda, kata Raymond saat diwawancara oleh salah satu Koran lokal di indonesia.

Penggunaan Tanpa Menyentuh Alat
Yang menarik, mesin ini tidak perlu dioperasikan dengan menyentuh tangannya ke dalam mesin. Dia menggunakan teknologi pencitraan tanpa kontak langsung (contactless). Fujitsu menyatakan mesin ini mempunyai ketelitian yang sangat tinggi.

Bebas Penyebaran Penyakit & Virus
Salah satu keunggulan, dibandingkan dengan sistem sidik jari, setiap pengguna tidak akan mudah untuk terkena penyakit dari pengguna lain. Berbeda dengan sistem yang berbasis sidik jari yang memungkinkan virus atau bakteri yang menempel ke alat ketika jari ditekankan.


palmsecure
Palm Secure


Penggunaan Palm Secure di Berbagai Keperluan


Mesin absensi Palm Secure dapat digunakan untuk instansi rumah sakit, layanan keamanan, industri pemerintah, keuangan atau perbankan, manufaktur, ritel,  atau  pendidikan.  Bahkan  di

sebagian negara Produk ini telah digunakan di bank-bank tertentu seperti di Brazil, Jepang, dan Vietnam. Di Singapura, ada orang-orang yang menggunakannya sebagai kunci untuk memasuki ruangan (akses pintu), produk ini dibandrol dengan harga 1.000 dolar AS.
Alat ini mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar  dan  bahkan penggunaannyapun  hanya
dibutuhkan komputer yang menggunakan USB2, daya yg digunakan sudah pasti sangat kecil sekali sehingga tidak menguras biaya untuk listrik.(re-write by Dewi/sekilas-info.com)


Sumber berita : Fujitsu.com
Kembali ke HOMEPAGE
Baca Berita Lainnya di Sekilas Teknologi