7 Mata Air Situ Cisanti

Mitos 7 Mata Air Situ Cisanti – Tak lengkap rasanya kalau datang ke Situ Cisanti tapi kita tidak mengunjungi salah satu peninggalan sejarahnya yang ada disini. Ya, selain menikmati keindahan panorama danau Cisanti yang tenang yang di kelilingi jajaran pohon-pohon yang tinggi menjulang, pengunjung yang datang ke Situ Jayanti juga sekaligus dapat melihat situs-situs sejarah peninggalan masa lampau. Seperti situs petilasan Dipati Ukur, dan juga mata air yang merupakan sumber dari air di Situ Cisantinya itu sendiri.

Mata air situ cisanti - Hulu Citarum
Mata air situ cisanti – Hulu Citarum

Untuk informasi mengenai Petilasan Dipati Ukur sudah kita tulis dalam artikel sebelumnya, jadi Sobat bisa membacanya disini: Petilasan Dipati Ukur.

Sekarang yang akan kita korek informasinya adalah mengenai 7 mata air Situ Cisanti, yang mana konon mitosnya tiap-tiap dari mata air tersebut mempunyai kekuatannya masing-masing. Hemmm, apa sama seperti air dewa yang ada di film Dragon Ball, yang kalo diminum kita akan menjadi sakti mandraguna seperti dalam filmnya Dragoon Ball – Son Goku  … xixixixi, becanda bos.

Nah berikut ini informasi dari nama-nama mata air tersebut.

Nama-Nama 7 Mata Air Situ Cisanti

Dari beberapa sumber informasi, seperti buku, artikel, dan juga video mengenai Situ Cisanti, dapat diperoleh keterangan bahwa jumlah mata air yang mengaliri Situ Cisanti ini jumlahnya ada 7 buah. Kenapa dikatakan mengaliri, karena memang sumber air yang ada di danau Cisanti ini awalnya memang berasal dari ke-7 mata air tersebut+ air yang datang dari langit, alias air hujan.

Tapi sayang hanya 1 lokasi mata air saja yang dapat kita lihat yaitu mata air pangsiraman, karena sebagian lagi katanya berada jauh kedalam hutan, atau diluar area dari Situ Cisanti ini.

Namun meski begitu, lagi-lagi sayangnya tidak sembarang orang yang dapat masuk ke lokasi tersebut. Masalahnya adalah, karena tempat tersebut dianggap sakral oleh warga setempat, dan mungkin juga supaya terhindar dari tangan-tangan usil yang suka mencorat-coret, merusak, membuat kotor, dan yang terpenting adalah supaya tetap terjaga kelestariannya.

Mata air situ cisanti - pangsiraman
Mata air situ cisanti – pangsiraman

Tapi ya sudahlah, kita hormati saja adat dan kebiasaan setempat, yang penting kita masih dapat menikmati keindahan Situ Cisanti ini, benarkan. Nah sekarang, apa sajakah nama-nama dari 7 mata mata air Situ Cisanti tersebut, ini dia infonya untuk Anda.

  1. Mata Air Pangsiraman
  2. Mata Air Cikolebere
  3. Mata Air Cikawedukan
  4. Mata Air Cikahuripan
  5. Mata Air Cisadane
  6. Mata Air Cihaniwung
  7. Mata Air Cisanti

Seperti yang tadi sudah kita singgung diawal. Dari ke-7 mata air tersebut hanya mata air pangsiramanlah yang dapat kita kunjungi. Kalau dulu mata air ini terbuka dan tidak dipagari, sehingga siapa saja bisa melihat, merasakan, meminum, mencuci muka dengan menggunakan air yang keluar dari mata air disini.

Tapi saat admin mengunjungi Situ Cisanti di Desember 2015 lalu, lokasi mata air pangsiraman ini sudah dibangun dan depannya ada gapura dengan pintu masuk yang selalu tertutup. Jadi untuk bisa masuk, Anda harus ditemani oleh seorang penjaga atau kuncen dari tempat tersebut.

Lalu dari mitos yang berkembang, setiap dari mata air tersebut mempunyai manfaat mistisnya masing-masing, sehingga dihari atau di tanggal-tanggal tertentu suka ada pengunjung yang datang kesini guna melakukan aktifitas guna mengharapkan sesuatu hal.

Entahlah, aktifitas seperti apa yang mereka lakukan dan harapan apa yang mereka inginkan, hanya mereka dan Tuhan lah yang tahu. Tapi mudah-mudahan, Anda tidak percaya supaya terhindar dari Syirik dan Musyrik. Admin juga tidak akan menuliskan, manfaat seperti apa dari masing-masing sumber mata air tersebut. Karena yang jelas, Air Itu Sumber Kehidupan.

Dan kalau Anda beruntung berkesempatan untuk bisa masuk kedalamnya, lalu Anda bisa merasakan, mencuci muka, mencicipi air dari mata air tersebut maka mudah-mudahan tidak sambil memohon sesuatu. Tapi lebih ke rasa penasaran untuk merasakan bagaimana segarnya air yang benar-benar keluar dari sebuah mata air yang berasal dari perut bumi.

Well, mudah-mudahan info singkat mengenai nama 7 mata air Situ Cisanti ini bermanfaat untuk sobat semua. kalau ada info lainnya tentang Situ Cisanti pasti akan kita posting dalam artikel selanjutnya. Dan kalau sobat semua berkunjung ke Situ Cisanti, tolong jaga kebersihan dan kelestariannya yaah. Salam.

(Visited 8 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *