Resep Onde Onde Kacang Hijau + Tips Anti Pecah dan Anti Wijen Rontok

Resep Onde Onde – Siapa yang tak tahu dengan yang namanya onde-onde, admin yakin semuanya tau dan suka dengan jajanan yang satu ini. Kue onde adalah salah satu jajanan pasar favorit dan populer di Indonesia. Bentuknya yang bulat dengan rasa yang manis dari pasta kacang hijau, serta balutan wijen diatasnya membuat onde-onde sangat disukai, bahkan oleh hingga anak kecil sekalipun.

Resep Onde Onde
Resep Onde Onde

Kue onde-onde umumnya terbuat dari adonan yang terbuat dari campuran tepung terigu dan juga tepung ketan. Kemudian untuk isiannya diisi dengan pasta kacang hijau, dan luarnya dibalut dengan wijen, baru setelah itu digoreng.

Nah untuk sahabat semua yang kebetulan sedang mencari resep onde onde ini maka kebetulan sekali neh, karena kali ini dapur sekilas info akan berbagi resepnya untuk sahabat semua. Resep kue onde-onde ini udah kita coba di dapur sekilas info dan hasilnya bisa dilihat digambar.

Video Tutorial Resep Onde Onde Kacang Hijau


JANGAN LUPA SUBSCRIBE CHANNEL YOUTUBE KAMI YAH
Tombol Subscribenya dibawah ini

Terima kasih yang sudah subscribe…


Saat menggoreng onde-onde, maksimal kita gunakan api sedang saja dan jangan terlalu panas. Kita masukan onde kedalam minyak saat suhu minyak mulai hangat. Tujuannya adalah, supaya onde-onde tidak langsung mengelembung dan akhirnya malah pecah. Kondisi ini banyak dialami sahabat kita yang lain karena penggunaan minyak yang terlalu panas saat diawal menggoreng.

♣ Bahan Kulit Onde Onde:

  • 180 gr Tepung Ketan
  • 50 gr Tepung Beras
  • 60 gr Kentang
  • 60-75 gr Gula
  • 1/4 sdt Garam
  • Biji Wijen Secukupnya
  • 150 – 200 cc/ml Air matang hangat untuk larutan gula
  • Air matang untuk celupan secukupnya

♣ Bahan Isian onde-onde: Pasta Kacang Ijo

  • 100 gr Kacang Hijau Kupas
  • 100 cc/ml Santan
  • 50 gr Gula Pasir
  • 1/8 sdt Garam ( 1 sendok teh kurang)
  • Vanili Bubuk Secukupnya
  • 1 sdm Mentega
  • 50 cc/ml Susu Cair

Tips Penting Saat Membuat Kue Onde Onde

Untuk sahabat semua yang mau mencoba resep onde onde ini, maka admin sekalian saja bagikan tipsnya neh. Bisa dibilang tipsnya cukup penting untuk disimak karena gak sedikit yang mengalami kendala saat proses pembuatannya.

Tips membuat onde onde
Tips membuat onde onde

Diantaranya adalah masalah biji wijennya yang rontok saat digoreng, jadi kaya gak mau nempel. Selanjutnya adalah masalah onde-onde pecah saat digoreng. Nah kedua problem ini cukup sering ditanyakan di kolom komentar youtube channel kita. Jadi gak ada salahnya kalau admin sekarang share aja tipsnya.

Mengatasi Masalah wijen yang rontok saat onde onde digoreng

Untuk hal ini, masalahnya terletak pada saat kita menempelkan biji wijennya. Jadi supaya tidak mudah rontok, maka sebelum diberi wijen maka onde onde kita basahi dulu pakai air sambil di usap-usap pakai telapak tangan hingga terasa lengket. Jika sudah terasa lengket, baru kita balurkan biji wijennya sambil ditekan tekan menggunakan telapak tangan.

Untuk lebih jelasnya sobat tinggal play aja video resep onde ondenya dibawah ini. Videonya sudah kita set, jadi waktu di play maka langsung akan menunjukan cara untuk menempelkan biji wijennya ke onde-onde.

Mengatasi Onde-Onde pecah saat digoreng

Untuk masalah yang satu ini, problemnya terletak pada saat penggorengan onde-ondenya. Hal ini sudah kita jelaskan diawal, yaitu penggunaan api yang terlalu besar dan minyak yang terlalu panas saat diawal menggoreng dan memasukan onde-ondenya.

Onde onde, salah satu camilan pavorit di Indonesia
Onde onde, salah satu camilan pavorit di Indonesia

Saat menggoreng onde maksimal kita gunakan api sedang saja dan jangan terlalu panas. Kita masukan onde kedalam minyak saat suhu minyak mulai hangat. Tujuannya adalah, supaya onde-onde tidak langsung mengelembung dan akhirnya malah pecah.

Sobat bisa melihatnya juga divideo yang barusan di menit ke 16:00. Disitu sobat melihat bahwa kita memasukan onde-ondenya saat minyak tidak terlalu panas. Kemudian saat penggorengan kedua dan seterusnya, kita matikan dulu apinya sebentar supaya suhu minyaknya turun dulu, baru setelah itu kita mulai lagi menggorengnya.

Fakta Seputar Kue Onde Onde

Setelah membaca info seputar resep onde onde maka tidak ada salahnya sobat mengetahui juga informasi menarik lainnya seputar kue yang satu ini.

Sobat tahukah kamu, kalau ternyata kue seperti onde-onde ini bisa juga kita temukan di negara Asia lainnya loh, cuman namanya saja yang berbeda. Jika sobat penasaran, nah berikut ini nama lain dari onde-onde dari beberapa negara:

  • China: Di negara Tiongkok, kue onde-onde memiliki nama Jian Dui, atau nama lainnya seperti matuan, sesame ball, buchi
  • Malaysia : Di negara tetangga Malaysia, kue onde ini dikenal dengan nama kuih bom. Biasanya diisi dengan kacang, atau parutan kelapa manis yang kalau di Indonesia dikenal dengan istilah unti kelapa.
  • Vietnam: Kue ini dikenal dengan nama bánh cam di daerah Vietnam selatan, dan bánh rán di daerah Vietnam utara. Untuk bánh rán isinya bisa berupa berbagai bahan makan khas Vietnam, seperti daging cincang, bihun dan ubi, dan jamur.
  • Filipina: Di negara Filipina kue one dikenal dengan nama buchi. Untuk isiannya biasa buchi diberi isian pasta kacang merah.

Nah itu dia fakta menarik seputar kue onde onde, dan dua tips penting yang harus kita tahu saat mencoba membuat resep onde onde ini.

Semoga resep kue onde dan juga tutorial cara pembuatannya yang kita sampaikan ini bisa bermanfaat untuk sahabat semua. Jangan lupa lihat juga resep enak lainnya yang sudah kita share disini. Seperti roti teflon, kroket kentang, lumpia basah, dan masih banyak lagi.

Resep Roti Teflon Isi Cream empuk dan Pasti Enak – Dapur Sekilas Info

Resep Roti Teflon – Halo sahabat semua, kali ini dapur sekilas info hadir dengan resep enak lainnya, yaitu resep roti cream bun atau roti teflon isi cream yang enak dan lembut. Roti teflon adalah roti yang dibuat tanpa perlu menggunakan oven, jadi cukup dipanggang saja diatas teflon maka rotipun jadi dan siap untuk disajikan.

Resep Roti Teflon
Resep Roti Teflon – No Oven Cream Bun

Roti teflon ini disebut juga dengan istilah (no oven) cream buns. Roti cream buns ini dapat ditemukan dibanyak negara di seluruh belahan dunia. Umumnya roti jenis ini diisi dengan krim, seperti krim mentega atau krim kocok.

Bun adalah roti berukuran kecil, bisa manis bisa juga tawar, umumnya berkuran sekepalan tangan dengan bentuk bulat, lonjong, atau bisa juga berbentuk roti gulung.

Untuk resep roti teflon ini sudah kita coba dan praktekan di dapur sekilas info, dan rasanya memang sangat enak, empuk, terlebih rasa cream manisnya yang lumer dimulut. Jadi sekarang sobat silahkan ambil pena untuk mencatat bahan-bahannya, lalu simak videonya untuk melihat langkah-langkah cara membuat roti teflon ini yang sudah kita videokan sedetil-detilnya.

Cara Membuat Resep Roti Teflon Isi Cream

JANGAN LUPA SUBSCRIBE CHANNEL YOUTUBE KAMI YAH
Tombol Subscribenya dibawah ini

Terima kasih yang sudah subscribe…


♣ Bahan Adonan Roti teflon cream bun:

  • 150 gr Tepung Terigu Protein Tinggi
  • 40 gr Tepung Terigu Protein Sedang
  • 20 gr Mentega
  • 1 btr Telur
  • 30 gr Gula
  • 2,5 gr Garam
  • 3 gr Ragi Instan
  • 40 ml/cc Susu Cair Tawar Hangat
  •  Bread improver sedikit saja (optional )

♣ Bahan Isian Roti:

  • 250 ml susu cair tawar
  • 15 gr Mentega
  • 3 bh Kuning Telur
  • 30 gr Gula Pasir
  • 10 gr Tepung Terigu

Gimana, sudah dicatat semua bahan-bahannya. Tidak sulit kok mencari semua bahan yang tertera tersebut, rata-rata di toko kue pasti ada semua bahan tersebut. Nah untuk langkah-langkah pembuatannya, sahabat bisa melihatnya melalui video yang sudah kita sertakan.

Metoda tutorial melalui video jauh lebih efektif dan mudah untuk dipahami dan diingat daripada dijelaskan melalui urian kalimat. Jadi semoga sahabat semua bisa mengikutinya dengan baik.

Roti teflon ini sangat enak disajikan saat masih hangat ataupun setelah dingin bersama dengan teh hangat. Rasa cream manis yang lembutnya pasti akan membuat Anda ketagihan. Resep roti teflon ini wajib sahabat coba jika memiliki waktu yang senggang.

Akhir kata, semoga suka dengan resepnya, dan jangan lupa lihat juga resep-resep enak lainnya dari dapur sekilas info. Seperti resep combro, resep bola-bola ubi, cilok, dan aneka resep lokal lainnya. Salam.

Cara Membuat Kroket Kentang Ayam Brazil | Dapur Sekilas Info

Cara membuat kroket kentang – Kroket kentang adalah makanan atau jajanan yang terbuat dari bahan utama berupa kentang yang dihaluskan atau mashed potato. Untuk isiannya, kroket biasanya diberi isian berupa ragout, atau daging cincang dan sayuran seperti wortel dan juga buncis. Namun sebelum digoreng kroket biasanya akan dicelupkan dulu kedalam kocokan telur, baru kemudian dibalur dengan tepung panir atau tepung roti.

Kroket Kentang Ayam ala Brazil - Brazilian Chicken Croquettes
Kroket Kentang Ayam ala Brazil – Brazilian Chicken Croquettes

Sebenarnya kroket mungkin hampir mirip dengan risoles untuk isiannya, yaitu bisa ragout atau bisa juga daging dan sayur. Namun yang membedakannya adalah kulitnya. Risoles kulitnya terbuat dari adonan tepung yang diolah menjadi lembaran, sedangkan kroket terbuat dari mashed potato atau kentang yang dihaluskan.

Kroket sendiri bisa ditemukan tidak hanya di Indonesia, tapi dinegara lainpun ada namun dengan nama yang berbeda. Seperti di Spanyol, Brazil, dan Meksiko, dikenal dengan nama Croquettes, lalu di Jepang dikenal dengan nama korokke,di Filipina dikenal dengan nama Croqueta, dan masih banyak lagi.

Nah untuk resep kali ini admin akan share neh cara membuat kroket kentang ala Brazil, yaitu Brazilian Chicken Croquettes. Isinya tidak jauh berbeda, cuman mungkin bentuknya saja yang sedikit mengerucut jika dibandingkan dengan kroket yang ada di Indonesia yang umumnya berbentuk bulat memanjang sepeti risoles.

Video Tutorial Cara Membuat Kroket Kentang Isi Ayam

Bahan Kroket Kentang Ayam Brazil – Brazilian Chicken Croquettes:

♣ Bahan Dough:

  • 300 gr Kentang
  • 120 ml Susu Cair
  • 1-1½ sdm Mentega
  • 120 gr Tepung Terigu
  • ½ Bungkus Penyedap Rasa
  • Merica/Lada Secukupnya

♣ Bahan Isian:

  • 200 gr Daging Ayam
  • 1 buah Bawang Bombay
  • 1 buah Wortel
  • 1 batang Seledri atau Daun bawang
  • 1 sdt Garam
  • 1 sdt Gula Pasir
  • Merica / Lada Secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis secukupnya

♣ Bahan Kulit Luar:

  • Tepung Terigu Secukupnya
  • 1 buah Telur
  • Tepung Roti Secukupnya

Untuk proses cara pembuatannya sudah kita videokan langkah demi langkahnya, jadi sahabat tinggal melihatnya saja via video supaya bisa lebih jelas step-step nya. Oh iya, untuk sahabat semua yang ingin tahu cara membuat resep kroket lokal ala jajanan Indonesia, nanti kita share juga deh tutorialnya, tapi diartikel yang akan datang.

Akhir kata, semoga cara membuat kroket kentang ala Brazil ini bisa bermanfaat juga untuk sahabat semua. Dan jangan lupa, klik tombol subscribenya yah. Salam.

Resep Bumbu Kacang Cilok Yang Enak dan Pasti Cocok Untuk Cilok

Resep bumbu kacang cilok – Bumbu kacang itu banyak jenisnya karena memang berbeda pula peruntukannya. Ada bumbu kacang untuk cilok, untuk pecel, sate, siomay, batagor dan masih banyak lagi. Nah bumbu kacang untuk cilok mungkin kalau dirasa-rasa maka tektur dan rasanya hampir mirip-mirip dengan bumbu kacang untuk siomay dan juga batagor.

bumbu kacang untuk cilok
bumbu kacang untuk cilok

Bumbu kacang untuk cilok, siomay, dan juga batagor, kalau kita perhatikan tekturnya seperti berminyak kemerahan. Minyak berwarna kuning kemerahan tersebut akan muncul saat kacang dan cabe merah yang kita ulek tersebut kita campur air secukupnya lalu dimasak sampai minyaknya keluar.

Sedangkan bumbu kacang untuk pecel dibuat dengan mengulek kacang hingga cukup halus, lalu diulek bersama dengan bumbu yang sudah dihaluskan, dan langsung bisa digunakan.

Nah untuk sobat semua yang penasaran bagaimana resep bumbu kacang cilok ini dibuat, berikut video tutorialnya, dan siapkan alat tulis untuk mencatat bahan-bahannya dibawah ini.

Cara Membuat Resep Bumbu Kacang cilok – Video Tutorial


JANGAN LUPA SUBSCRIBE CHANNEL YOU TUBE KAMI YAH
Tombol Subscribenya dibawah ini

Sambal kacang dimasak dengan api kecil hingga sedang supaya sambal tidak kehitaman. Masak sambil diaduk-aduk hingga bumbu kacang mengeluarkan minyak.

Bahan-bahan resep bumbu kacang cilok

Nah bahan bahan untuk membuat bumbu kacang untuk cilok adalah sebagai berikut:

  • 100 gr kacang tanah
  • 1 buah cabe merah
  • 3 buah cabe rawit merah ( sesuai selera, 3 rawit kurang pedas menurut kita)
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • ± 1 sdt garam (bisa disesuaikan dengan kesukaan masing-masing)
  • ± 1 sdm gula putih (bisa disesuaikan dengan kesukaan masing-masing)
  • Air asem secukupnya
  • Air putih ± 200 cc/ml (bisa disesuaikan dengan tingkat kekentalan yang di’inginkan)

Catatan:

  • Jumlah bahan bisa kita sesuaikan, tergantung seberapa banyak kita akan membuat bumbu kacang untuk cilok tersebut
  • Bumbu kacang ini enak juga untuk siomay dan batagor (baso tahu goreng)

Nah gimana, lengkapkan tutorialnya. Untuk resep ciloknya, kita juga sudah pernah kita share kok resepnya, sobat bisa melihatnya disini:

Semoga informasi tentang resep bumbu kacang cilok yang kita share ini ada manfaatnya untuk sahabat semua. Jangan lupa, lihat juga resep-resep enak lainnya dari dapur sekilas info. Dan jangan lupa, support kami yaah, dengan mengklik tombol subscribenya yang ada dibawah video. Terima kasih.

 

Resep Cilok – Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang – Enak & Mantap

Bagaimana sih cara membuat cilok bumbu kacang yang enak? Yang ciloknya gak alot tekturnya, dan bumbu kacangnya yang gurih dan cocok dengan rasa ciloknya. Nah jika sobat sedang mencari tutorialnya, maka kali ini akan kita share kedua resepnya untuk sahabat semua.

Resep Cilok Bumbu Kacang
Resep Cilok Bumbu Kacang

Jadi di artikel kali ini, ada 2 resep yang akan dapur sekilas info hadirkan sekaligus. Pertama, yaitu resep cara membuat cilok, dan yang kedua adalah resep cara membuat bumbu kacang untuk cilok yang pasti enak, dan pasti cocok untuk bumbu ciloknya.

Nah perlu sahabat ketahui, umumnya supaya lebih enak dan gurih maka cilok biasanya diberi isian potongan gajih sapi, atau bisa juga abon sebagai gantinya. Tapi eiitsss tunggu sebentar….itu zaman dulu, cilok Zaman Now isinya malah sudah sangat bervariasi. Seperti cilok isi potongan keju, isi ayam pedas, sosis, telur, dan kornet.

Namun untuk membuat itu semua, maka tentu kita harus bisa dulu basic dari membuat cilok dan bumbu kacang yang enaknya dulu, baru deh setelah itu kita variasikan isinya. Jadi berikut ini, langsung saja kita hadirkan resep cara membuat cilok dan bumbu kacangnya untuk sahabat semua.

Cara Membuat Cilok – Video Step by Step


JANGAN LUPA SUBSCRIBE CHANNEL YOU TUBE KAMI YAH
Tombol Subscribenya dibawah ini


Semua langkah-langkah cara bikin ciloknya sudah kita videokan dengan detil supaya sobat semua bisa mengikutinya dengan mudah. Media video jauh lebih baik dari pada menjelaskannya secara tertulis panjang lebar yang malah bisa membuat pusing membacanya.

Bahan Bahan Untuk Membuat Cilok

Berikut ini bahan-bahan yang harus kita siapkan untuk membuat Cilok. Untuk takaran resep yang kita share ini, kita bisa membuat cilok sekitar ± 20-25 buah cilok, tergantung ukuran.

Bahan Cilok:

  • 50-60gr Tepung Tapioka atau bisa juga tepung Sagu
  • 100 gr Tepung Terigu
  • 1 siung bawang putih
  • 1 batang daun bawang (diambil daunnya saja)
  • 150-160 ml air untuk membuat kuah kaldu
  • 1 Sachet bumbu penyedap rasa ( ± 7-8 gr)
  • Merica/Lada bubuk secukupnya

Catatan saat membuat cilok

  • membuat cilok yang empuk dan matang bagian dalamnya, maka air yang dituang kedalam adonan tepungnya haruslah air yang mendidih. Dalam arti itu adalah air yang sangat panas, atau baru diangkat dari kompor, jadi tidak cukup dengan air hangat saja.
  • Alasannya adalah, kalau kita menggunakan air yang kurang panas maka nanti cilok yang dihasilkan bagian dalamnya gak akan matang, masih terlihat putih seperti adonan meski sudah lama di kukus dan direbus.
  • Saat air dituang ke adonan, maka adonan harus sambil diaduk aduk, silahkan mengaduknya pakai alat apa saja, lalu diuleni sampai menjadi adonan siap pakai.

Resep Bumbu Kacang Cilok

Bumbu kacang itu banyak jenisnya, dan berbeda juga rasanya. Ada bumbu kacang untuk pecel, untuk sate, sedangkan bumbu kacang untuk cilok, siomay, dan batagor, rasanya hampir mirip dan sama.

bumbu kacang untuk cilok
bumbu kacang untuk cilok

Bumbu kacang untuk pecel dibuat dengan mengulek kacang hingga cukup halus, lalu diulek bersama dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Nah sedangkan bumbu kacang untuk cilok, siomay, batagor, dan sate, mesti harus di masak lagi sampai keluar minyaknya.

Video cara membuat bumbu kacang untuk cilok

Proses pembuatan bumbu kacang untuk cilok ini sudah kita videokan juga supaya lebih jelas step stepnya.

Bahan bumbu kacang cilok

Nah bahan bahan untuk membuat bumbu kacang untuk cilok adalah sebagai berikut:

  • 100 gr kacang tanah
  • 1 buah cabe merah
  • 3 buah cabe rawit merah ( sesuai selera, 3 rawit kurang pedas menurut kita)
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • ± 1 sdt garam (bisa disesuaikan dengan kesukaan masing-masing)
  • ± 1 sdm gula putih (bisa disesuaikan dengan kesukaan masing-masing)
  • Air asem secukupnya
  • Air putih ± 200 cc/ml (bisa disesuaikan dengan tingkat kekentalan yang di’inginkan)

Catatan:

  • Jumlah bahan bisa berubah, tinggal sesuaikan saja dengan seberapa banyak Anda akan membuat bumbu kacang untuk cilok tersebut.
  • Bumbu kacang ini enak juga untuk siomay dan batagor

Nah gimana, lengkap kan. Resep cara membuat cilok dan resep bumbu kacang untuk ciloknya sudah kita share untuk sahabat semua. Semoga suka dengan resepnya.

Jangan lupa juga lihat juga resep-resep jajanan enak lainnya yang sudah kita share sebelumnya yah, seperti ada resep Combro Bandung, kue bola-bola ubi, mie tek-tek indomie, dan lain lain. Pokoknya Sahabat pasti suka, salam.

Resep Combro – Gorengan Enak dan Pedas Khas Bandung

Resep Combro yang enak dan pedas khas kota Bandung, resepnya akan kita share kali ini di Dapur Sekilas Info. Combro atau comro sendiri adalah makanan berupa gorengan, yang merupakan salah satu jajanan bercita rasa pedas khas kota Bandung.

Resep Combro
Resep Combro – Gorengan Pedas Khas Kota Bandung

Jajanan ini biasanya dijajakan dipinggir-pinggir jalan atau pusat keramaian. Sama seperti bola ubi, Combro juga dijual bersama jenis gorengan lainnya seperti, tahu isi/gehu, bakwan/bala-bala, karoket, cireng, pisang goreng, pisang molen, dan lain-lain.

Combro atau comro sendiri namanya berasal dari singkatan, yaitu “Oncom dijero” alias oncom didalam. Jajanan ini terbuat dari parutan singkong yang dicampur dengan parutan kelapa, kemudian dalamnya diisi dengan sambal oncom.

Untuk sobat semua yang kebetulan ingin membuatnya sendiri, atau sekedar ingin mencicipi, atau kangen jajanan gorengan ini karena kebetulan berada diluar Bandung maka dapur sekilas info hadirkan resep combro nya disini.

Bahan Resep Combro

Combro siap goreng
Combro siap goreng

Oke, untuk membuat comro bahan-bahan yang mesti kita siapkan sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk menemukannya, kecuali mungkin oncomnya saja yang sedikit mesti cari-cari.

Bahan Adonan Combro

  • 500 gr singkong
  • 250 gr kelapa parut
  • ½ s/d 1 sdt garam, atau secukupnya saja

Bahan isian oncom

  • 200 gr oncom
  • 1 genggam daun kemangi
  • 1 batang daun bawang
  • 1 ruas kencur/cikur
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 buah cabe rawit / sesuai selera
  • ½ s/d 1 sdt garam, atau secukupnya saja
  • 1-2 sdt gula putih

Lalu minyak goreng secukupnya untuk menumis + menggoreng.

Video Cara Membuat Combro – Step by Step

JANGAN LUPA SUBSCRIBE CHANNEL YOU TUBE KAMI YAH
Tombol Subscribenya dibawah ini


Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Combro

Saat memeras singkong, gunakanlah kain atau lap untuk mempermudah pemerasan. Lalu usahakan memeras dengan perlahan, dan jangan terlalu keras memerasnya, cukup keluarkan airnya sedikit saja. Tujuan pemerasan adalah supaya tektur combro tidak basah nantinya.

Selanjutnya adalah, usahakan jangan terlalu keras saat memerasnya karena airnya akan terlau banyak keluar. Hal ini bisa membuat combro akan keras dan terasa liat/alot. (pengalaman sendiri). Tapi Setelah melakukan point yang diatas alhamdulillah tidak keras dan tidak alot lagi.

Ada juga yang menyarankan dengan penambahan sedikit kentang rebus yang dihaluskan supaya tektur combro menjadi lebih empuk.

Nah gimana, sekarang sudah tahukan bagaimana cara membuat combro Bandung. Semoga sahabat semua suka dengan resep combro yang kita hadirkan ini. Jangan lupa yaa, support kami dengan mensubscribe channel kami “Sekilas Info Channel“, linknya ada dibagian bawah video.

Resep Bola Bola Ubi – Enak & Mudah Cara Membuatnya | Dapur Sekilas Info

Dikesempatan kali ini dapur sekilas info hadir dengan resep baru, yaitu resep bola bola ubi yang pastinya enak dan mudah cara pembuatannya. Belum lagi bahan-bahan kue bola ubi ini sangat mudah untuk kita temukan, bahkan diwarung-warung disekitar rumah kita sekalipun.

Resep Bola Bola Ubi
Resep Bola Bola Ubi

Kue bola ubi adalah makanan atau jajanan tradisional yang berasal dari olahan ubi jalar, bisa ubi kuning atau ubi ungu. Bahan ubi yang sudah dihaluskan kemudian dicampur dengan bahan lainnya seperti terigu, gula, garam, kemudian dibentuk bulat, kira-kira sebesar bola pingpong kemudian digoreng.

Untuk penyajiannya bola-bola ubi ini bisa disajikan secara langsung tanpa tambahan apapun alias original, atau bisa juga ditaburi dengan gula tepung atau gula halus. Atau bisa juga saat pembuatannya itu sendiri diisi dengan keju, atau diberi topping yang beraneka rasa seperti Cheese, Meises, Oreo dan Greentea.

Bahan Resep Bola Bola Ubi

Bahan utama resep bola bola ubi : Ubi kukus
Bahan utama resep bola bola ubi : Ubi kukus

Nah untuk sobat yang mau mencoba membuatnya sendiri, maka segera keluarkan pena dan buku catatannya, kemudian tulis bahan-bahan untuk resep bola bola ubi berikut ini. Oh iya, dibawahnya sobat bisa juga melihat video proses pembuatan bola-bola ubi yang sudah kita praktekan sendiri.

Bahan kue bola ubi

  • 500 gr – Ubi manis rebus (ubi kuning atau ubi ungu)
  • 100 gr – Tepung tapioka
  • 30 gr – Teping Maizena
  • 1 sdt – Baking powder
  • 100 gr – Gula pasir
  • ½ – 1 sdt – Garam, (secukupnya)
  • Minyak kelapa untuk menggoreng secukupnya

Untuk Isian bola-bola ubi (optional)

  • Keju parut + cream kental manis
  • Coklat
  • Green Tea
  • Atau apapun sesuai selera

Video Proses Cara Membuat Bola Bola Ubi


JANGAN LUPA SUBSCRIBE CHANNEL YOU TUBE KAMI YAH
Tombol Subscribenya dibawah ini


Nah gimana sudah dicatatkan apa saja bahan bola ubinya, dan pasti gak akan kesulitan mencarinya disekitar tempat tinggal kita. Dan untuk tahapan proses pembuatannya sudah kita jelaskan melalui video supaya lebih jelas langkah-langkahnya, jadi jangan lupa di tonton juga videonya yah.

Bola bola ubi isi coklat
Bola bola ubi isi coklat

Oh iya, kalau kita kratif kita juga bisa loh menjadikan resep bola bola ubi ini menjadi peluang usaha. Caranya kita inovasi saja dengan cara membuat bola ubi aneka isian rasa, dan juga toping untuk memperbanyak rasa dari kue bola ubi buatan kita. Usaha kuliner itu erat kaitannya dengan inovasi dan juga kreatif, siapa mau mencoba maka dialah yang berpeluang besar untuk berhasil.

Cara Membuat Mie Tek Tek Kuah – Resep Indomie Mie tek tek

Apakah Anda adalah salah satu orang yang suka banget dengan mie tek-tek, dan kepingin nyoba bikin sendiri tapi gak tau resepnya. Nah kalau iya kebetulan sekali neh, karena kali ini Dapur Sekilas Info akan berbagi cara membuat mie tek tek yang pasti enak dan mudah. Yaitu mie tek-tek Indomie, yang merupakan resep dari ayah admin sendiri.

Cara membuat mie tek tek indomie
Cara membuat mie tek tek indomie

Mie tek-tek sebenarnya adalah makanan olahan mie yang biasa dijual digerobak atau dipikul, dan biasanya dijajakan keliling kampung sambil memukul wajan “tek tek tek” sebagai ciri khasnya. Tapi sekarang, mie tek-tek banyak juga yang dijual di warung-warung tenda, dan biasanya dijajakan berbarengan dengan nasi goreng ataupun kwetiau.

Nah untuk resep mie tek-tek Indomie resep ayah saya, menurut admin sendiri rasanya jauh lebih enak dibandingkan yang beli, hahahaha. Selain itu, cara membuat mie tek tek inipun gampang banget, dan tak terlalu susah untuk dicoba oleh sahabat semua.

Video Cara Membuat Mie Tek Tek Indomie

JANGAN LUPA SUBSCRIBE CHANNEL YOU TUBE KAMI YAH
Tombol Subscribenya dibawah ini


Bahan Mie Tek Tek Kuah Dari Indomie / Indomie Ala Mie Tek Tek (untuk 3 porsi)

Untuk mencoba resep mie tek-tek ini maka sahabat perlu menyiapkan beberapa bahan sebagai berikut:

  • 2 bungkus indomie rasa ayam bawang
  • 2 butir telur
  • 3 butir bakso
  • 2 buah cabe rawit merah
  • 2 batang daun bawang / bawang daun
  • 1 buah tomat
  • 1 buh biji kemiri ( muncang)
  • 2 siung bawang merah sedang
  • 2 siung bawang putih kecil
  • Sayur sosin & kol ( banyaknya sesuai selera aja)
  • Kecap manis secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis

Selain bahan diatas sebenarnya sobat bisa menambahkan juga seperti sedikit suiran daging ayam, atau beberapa buah udang. Tapi ini optional aja bisa pakai bisa juga tidak, disesuaikan dengan selara ajah.

Untuk tahapan proses cara membuat mie tek tek sendiri sobat bisa menyimaknya langsung via video yang kita sertakan disini. Karena dengan melihat video maka tentu akan lebih jelas tahapan-tahapannya, dari pada kita tuliskan panjang lebar disini yang malah bikin malas untuk membacanya.

Resep Pizza Rumahan – Enak dan Gak Kalah Ama Yang Asli

Dapur sekilas info kali ini hadir dengan resep baru yaitu resep pizza rumahan. Semuanya pasti tau donk apa itu pizza. Ya betul, Piza atau pizza adalah makanan dari Italia berupa roti pipih berbentuk bundar yang dipanggang didalam oven.

Resep Pizza Rumahan
Resep Pizza Rumahan by Dapur Sekilas Info

Pizza biasanya dilumuri dengan saus tomat dibagian atasnya, lalu diberi potongan paprika, bawang bombay, sosis, daging cincang, dan juga taburan keju. Apalagi kalau yang digunakan adalah keju mozarela yang meleleh dan ngaret kalo digigit, heemmmmm yummy.

Pizza Rumahan
Pizza Rumahan

Nah untuk sahabat semua yang ingin mencobanya, kebetulan kali ini dapur sekilas info mau berbagi resep pizza neh. Resep pizza rumahan yang rasanya gak kalah kok dengan pizza yang ada di toko-toko. Jadi untuk membuatnya, sahabat cukup siapkan bahan-bahannya yang ada dibawah ini.

Bahan-Bahan Resep Pizza Rumahan

Untuk untuk membuat pizza maka bahan-bahan yang harus kita siapkan adalah sebagai berikut:

Resep Roti Pizza Rumahan
Resep Roti Pizza Rumahan

⇔ Bahan membuat roti pizza. ( untuk 1 buah roti pizza ukuran +/- 25cm)

  • 200 gr tepung terigu
  • 3 gr ragi instan ( kita menggunakan merk fermipan)
  • 5 gr garam ( bisa disesuaikan sesuai selera)
  • 10 gr gula putih
  • 2 sdm susu bubuk
  • 2 sdm minyak kelapa ( bisa juga minyak zaitun)
  • 1 sdm mentega
  • 160 ml air hangat

Note: Proses pembuatan roti pizzanya bisa dilihat di video dibawah, menit ke 04.00 – 10.00. Untuk melihat langsung bagian tersebut, sobat bisa klik: https://youtu.be/TEpsyLQBySI?t=4m

Bahan Topping Pizza

  • Saus bolognese (kita menggunakan saus untuk pasta)
  • Keju mozarella
  • Keju cheddar
  • Sosis ( kita menggunakan sosis sapi)
  • Paprika
  • Daun origano kering
  • Olahan daging cincang (♠ resepnya dibawah ini)

♠ Daging cincang / kornet untuk toping

  • 250 gr daging cincang / kornet
  • 1 buah bawang bombay
  • 1 sdm mentega (untuk menumis)
  • ½ sdm garam
  • 2 sdm gula putih (sesuai selera)
  • 2 sdm kecap manis
  • merica secukupnya

Semua bahannya tentu bisa disesuaikan, begitu juga dengan topingnya. Kita bisa menggantinya sesuai dengan selera kita.

Video Proses Cara Membuat Resep Pizza Rumahan


JANGAN LUPA SUBSCRIBE CHANNEL YOU TUBE KAMI YAH
Tombol Subscribenya dibawah ini

Note: Dalam video kita membuat 2 buah roti pizza, jadi adonannya kira-kira tinggal dikalikan 2 aja


Untuk step-step cara dan proses pembuatan resep pizza rumahanya sudah kita jelaskan melalui video. Semuanya sudah detail kita videokan, jadi sahabat semua bisa lebih mudah untuk mengikutinya daripada dijabarkan melalui tulisan.

Semoga suka dengan resepnya dan nantikan juga resep pizza rumahan lainnya, meski pizza rumahan tapi rasanya gak kalahkan dengan pizza-pizza buatan restoran.

Ipega 9023 – Ipega Bluetooth Controller Games

Ipega 9023 adalah sebuah wireless gamepad atau joystick for android / IOS dari IPEGA yang dikoneksikan melalui bluetooth. Ipega adalah produsen elektronik asal Negeri tirai bambu Tiongkok yang sudah  banyak mengeluarkan produk accesories untuk perangkat Apple, termasuk salah satunya adalah bluetooth gamepad ini.

Gamepad Android Ipega 9023
Gamepad Android Ipega 9023

Harga Ipega 9023

Untuk harganya, di Indonesia Ipega 9023 ini dibandrol dengan harga yang bervariasi, mulai dari 290 rb. hingga 400 rb’an, tergantung penjual. Kita bisa dengan mudah menemukannya di toko-toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan beberapa toko online lainnya.

Video Unboxing & Ipega 9023 Review

Saat dipakai gamepad ipega ini cukup nyaman saat digenggam dan tombol-tombolnyapun cukup empuk saat dipijit, cuman saat menggunakan tablet yang berukuran besar maka akan sedikit terasa aneh karena tidak biasa

Detil Produk Ipega 9023

Kebetulan Admin sudah berkesempatan membeli dan mencoba gamepad ini. Dalam uji cobanya, gamepad Ipega ini Admin sandingkan dengan Android Lenovo p780 (kitkat). Selama ini tidak ada masalah berarti saat penggunaan, bahkan untuk menghubungkan 9023 ini dengan perangkat Android pun terbilang sangat mudah sekali.

Dan untuk keseluruhan review, berikut informasi selengkapnya.

1. Telescopic Controller
Gamepad ipega 9023 merupakan telescopic controller, yang artinya bisa disesuaikan ukurannya. Jadi tidak seperti seri-seri sebelumnya yang memiliki bentuk yang Fix dan lebih terbatas untuk handphone yang bisa dipasangnya, terlebih untuk perangkat berlayar lebar.

Dudukan handphone untuk Ipega seri 9023 ini support untuk perangkat berukuran 5 inci hingga 10 inci. Bisa ditarik/dilebarkan sesuai dengan keperluan lengkap dengan pengunci dan penahan dibagian bawah untuk keamanan agar perangkat yang dipasang tidak mudah jatuh.

2. Built in Battery – 380 mAh
Untuk urusan daya, gamepad Ipega 9023 ini sudah dijejali baterai bawaan dengan kapasitas 380 mAh yang diclaim bisa bertahan 10 jam lebih saat digunakan tanpa henti, dan 30 hari waktu stand by time.

Untuk pengisiannya baterainya, kita hanya perlu mencolokan saja kabel micro usb bawaan paket ke adaptor/charge yang memiliki output 5V 500 mA. Jika tidak ada maka kita bisa menggunakan charger bekas BB/Blackberry, yang mana biasanya memiliki ouput daya 5V 750 mA.

Penggunaan charger handphone untuk Android juga sebenarnya bisa karena sama-sama memiliki output daya 5V, namun arusnya yang 2A terlalu besar 4X lipat dari yang direkomendasikan, yaitu 500 mA.

Penggunaan Charger dengan ouput arus yang lebih besar memang akan mengisi baterai dengan cepat, namun biasanya akan mengakibatkan panas, yang efeknya ditakutkan akan memperpendek umur dari baterai itu sendiri.

3. Bluetooth Versi 3.0
Ipega 9023 sudah menggunakan bluetooth 3.0, sehingga lebih cepat dalam mengirim dan menerima data sehingga lebih responsif. Selain itu Gamepad ini bisa digunakan hingga jarak 6-8 meter dari perangkat. Hal ini berguna jika kita menggunakannya saat bermain game di PC atau di Android TV.

4. Compatibllity
Untuk Anda yang memiliki handphone jadul tidak perlu khawatir, karena Ipega 9023 ini support juga untuk perangkat dengan sistem operasi lama, mulai dari android 3.2 dan ios 4.3 ke atas. Jadi handphone keluaran tahun 2013-2014 kemungkinan besar masih bisa menggunakan gamepad ini. Yang penting OS pada perangkat minimal adalah seperti yang barusan disebut .

Selain itu bisa juga digunakan pada WinXP, Win7, Win8, Android TV Box, Android TV.

5. Tombol Tambahan
Selain tombol-tombol standart yang biasa ada pada sebuah gamepad, Gamepad ipega 9023 juga dilengkapi dengan 5 tombol multimedia, seperti “volume +, -,”last “,”next “”Play / Pause” .

6. Kelengkapan Paket Penjualan

Untuk kelengkapan paket dalam dusnya kita akan mendapatkan:

  • 1 buah gamepad controller Ipega 9023
  • 1 buah Kabel micro usb, untuk charging dan konektivitas di PC
  • 1 buah kertas panduan/manual

7. Ipega 9023 Support Game

Ipega 9023 game support
Ipega 9023 game support

Jika Anda bertanya apakah Ipega ini bisa digunakan untuk semua game Android ? Jawabannya tentu saja tidak. Karena memang tidak semua game dibuat dengan menghadirkan option external controller.

Namun meski begitu sobat jangan khawatir, karena saat ini sudah banyak sekali game Android yang bisa dimainkan menggunakan external gamepad seperti ini, seperti:

  • Asphalt Extreme
  • Asphalt 8
  • GTA
  • Modern Combat
  • Real Racing 3
  • Shadow gun

Dan masih sangat-sangat banyaak sekali game laiinya yang bisa dimainkan menggunakan gamepad external seperti ini yang jumlahnya puluhan. Belum lagi game game arcade klasik yang dulu kita mainkan di dindong yang jumlahnya tidak kalah banyak.

Nah untuk saat ini sampai disini dulu informasi yang bisa kita sampaikan. Pada artikel selanjutnya kita akan share juga testgame dari Ipega 9023 ini.